Pertanyaan

Sebuah asteroid mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips dengan jarak aphelion 4 kali jarak perihelionnya. Berdasarkan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa kelajuan asteroid itu di perihelion adalah 4 kali kelajuannya di aphelion. Kesimpulan tersebut adalah berdasarkan pada ....

Sebuah asteroid mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips dengan jarak aphelion 4 kali jarak perihelionnya. Berdasarkan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa kelajuan asteroid itu di perihelion adalah 4 kali kelajuannya di aphelion. Kesimpulan tersebut adalah berdasarkan pada ....

  1. Hukum Cavendish

  2. Hukum I Kepler

  3. Hukum II Kepler

  4. Hukum III Kepler

  5. Hukum III Newton

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Hukum Cavendish mendukung Hukum Gravitasi Newton. Hukum I Kepler menyatakan bahwa lintasan setiap planet ketika mengelilingi matahari berbentuk elips, di mana matahari terletak pada salah satu fokusnya. Hukum II Kepler menyatakan bahwa setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama. Menurut Hukum II Kepler planet suatu saat akan berada di titik terdekat dengan matahari (perihelion) dan di saat yang lain akan berada di titik terjauh dengan matahari (aphelion). Saat di perihelion, kecepatan orbit planet akan jauh lebih besar supaya planet tidak jatuh tertarik oleh gravitasi matahari. Sedangkan saat di aphelion planet bergerak lebih lambat supaya planet tidak terlepas dari pengaruh gravitasi matahari. Hukum III Kepler menyatakan bahwa kuadrat periode suatu planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari matahari. Hukum III Newton menyatakan bahwa setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama, tetapi arahnya berlawanan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

  • Hukum Cavendish mendukung Hukum Gravitasi Newton.
     
  • Hukum I Kepler menyatakan bahwa lintasan setiap planet ketika mengelilingi matahari berbentuk elips, di mana matahari terletak pada salah satu fokusnya.
     
  • Hukum II Kepler menyatakan bahwa setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama. Menurut Hukum II Kepler planet suatu saat akan berada di titik terdekat dengan matahari (perihelion) dan di saat yang lain akan berada di titik terjauh dengan matahari (aphelion). Saat di perihelion, kecepatan orbit planet akan jauh lebih besar supaya planet tidak jatuh tertarik oleh gravitasi matahari. Sedangkan saat di aphelion planet bergerak lebih lambat supaya planet tidak terlepas dari pengaruh gravitasi matahari.
     
  • Hukum III Kepler menyatakan bahwa kuadrat periode suatu planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari matahari.
     
  • Hukum III Newton menyatakan bahwa setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama, tetapi arahnya berlawanan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

104

1.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah objek diletakkan 1,6 cm dari lensa objektif sebuah mikroskop. Jika jarak titik fokus lensa objektif 1,4 cm, jarak titik fokus lensa okuler 2 cm, dan pengamatan dilakukan oleh siswa dengan titik...

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia