Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah bola pejal bermassa M dengan momen inersia I menggelinding pada bidang miring dari keadaan diam dengan ketinggian h . Cara yang dapat dilakukan untuk memperbesar kelajuan linier bola pejal tersebut menjadi dua kalinya adalah ….

Sebuah bola pejal bermassa M dengan momen inersia I menggelinding pada bidang miring dari keadaan diam dengan ketinggian h. Cara yang dapat dilakukan untuk memperbesar kelajuan linier bola pejal tersebut menjadi dua kalinya adalah …. 

  1. memperbesar M menjadi 2Mundefined 

  2. memperbesar I menjadi 2Iundefined 

  3. memperbesar I menjadi 4I

  4. memperkecil I menjadi 0,25Iundefined 

  5. memperbesar h menjadi 4hundefined 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Kecepatan linier untuk benda yang bergerak menggelinding pada bidang miring dirumuskan: dengan k adalah konstanta momen inersia bola pejal ( k = 2/5) yang nilainya tetap dan g adalah percepatan gravitasi yang nilainya juga tetap, sehingga kecepatan linier ( v ) hanya bergantung ketinggian ( h ). sehingga dapat kita tuliskan sebagai Dengan demikian, untuk memperbesar kelajuan linier bola pejal tersebut menjadi 2 kalinya adalah memperbesar h menjadi 4 h . Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Kecepatan linier untuk benda yang bergerak menggelinding pada bidang miring dirumuskan:

begin mathsize 14px style v equals square root of fraction numerator 2 g h over denominator 1 plus k end fraction end root end style  

dengan k adalah konstanta momen inersia bola pejal (k = 2/5) yang nilainya tetap dan g adalah percepatan gravitasi yang nilainya juga tetap, sehingga kecepatan linier (v) hanya bergantung ketinggian (h).

begin mathsize 14px style v space proportional to space square root of h end style 

sehingga dapat kita tuliskan sebagai

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell v subscript 1 over v subscript 2 end cell equals cell square root of h subscript 1 over h subscript 2 end root end cell row cell fraction numerator v over denominator 2 v end fraction end cell equals cell square root of h over h subscript 2 end root end cell row cell 1 fourth end cell equals cell h over h subscript 2 end cell row cell h subscript 2 end cell equals cell 4 h end cell end table end style  

Dengan demikian, untuk memperbesar kelajuan linier bola pejal tersebut menjadi 2 kalinya adalah memperbesar h menjadi 4h.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Kinematika Gerak Lurus, Gerak Melingkar, dan Gerak Parabola

Hukum Newton tentang Gerak

Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Latihan Bab

164

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dua muatan identik q dan Q terpisah sejauh x . Energi potensial listrik sistem dua muatan itu V . Kemudian, satu muatan identik ke-3 diletakkan tepat di tengah di antara kedua muatan q dan Q tersebut....

76

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia