Roboguru

Sebelum adanya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia, raja adalah setara dengan ....

Pertanyaan

Sebelum adanya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia, raja adalah setara dengan .... 

  1. kepala suku

  2. kepala dusun

  3. kepala negara

  4. pemimpin kelompok

  5. pemimpin umat 

Pembahasan Soal:

Sebelum masuknya Hindu Buddha, masyarakat Indonesia belum mengenal sistem pemerintah. Semula pemimpinnya adalah kepala suku, setelah Hindu Buddha pemimpinnya adalah raja. Masuknya Hindu Buddha membawa pengaruh terhadap terbentuknya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Buddha. Dilansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), dalam sistem pemerintahan terjadi pergeseran konsep kekuasaan dan politik. Baca juga: Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha di Indonesia Dari awal model kesukuan dan hidup berkelompok kemudian berkembang menjadi konsep kemaharajaan dengan segala aturan dan keyakinan yang melekat padanya. Berbagai nama gelar dan jabatan yang berbau India digunakan dan dikembangkan oleh masyarakat Hindu Buddha. Dengan konsep dewaraja yang dianut lebih efektif untuk membangun sebuah kemaharajaan yang mendasarkan kekuasaan mutlak pada diri raja.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dolmen adalah....

Pembahasan Soal:

Dolmen merupakan sebuah meja yang terbuat dari batu dengan fungsi sebagai tempat meletakkan sesaji yang akan diberikan kepada roh-roh nenek moyang. Bentuk dari batu ini bermacam-macam ada yang besar, kecil, ataupun sedang. Semuanya bergantung kepada kebutuhan dan juga fungsi spesifik dari dolmen tersebut. Artefak ini ditinggalkan oleh kebudayaan manusia pada zaman megalithikum dan pada umumnya terbuat dari lempengan batu yang berbentuk lempengan horizontal dengan ukuran yang besar.

Tumpuan yang digunakan untuk menyangga yakni dua batuan atau lebih lempengan yang berdiri tegak. Struktur ini bermanfaat sebagai ruang untuk pemakaman ataupun situs pemujaan-pemujaan kuno seperti Dewi Kesuburan bumi, dan lain sebagainya. Dolmen bisa juga digunakan sebagai tempat pemujaan dan pengingat untuk para leluhur yang dianggap sudah pergi meninggalkan jasadnya namun masih berada di sekitaran kehidupan anggota suku. Dolmen biasanya diletakkan di tempat-tempat yang dianggap keramat atau di tempat-tempat pelaksanaan upacara yang ada hubungannya dengan pemujaan kepada roh leluhur.

Dengan demikian, dolmen adalah  artefak yang ditinggalkan oleh kebudayaan manusia pada zaman megalithikum berupa meja batu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan sesaji kepada roh nenek moyang.

0

Roboguru

Waktu berakhirnya praaksara adalah ....

Pembahasan Soal:

Masa Praaksara atau Prasejarah dimulai dari munculnya manusia purba. Di Indonesia manusia purba yang pernah ada misalnya adalah Homo erectus di Jawa (dahulu dikenal dengan nama Pithecanthropus erectus) serta Homo floresiensis yang terdapat di pulau Flores. Pada masa ini manusia hidup lebih sederhana, dengan berburu dan emramu serta tinggal berpindah-pindah (nomaden). Masa ini lebih sulit dipelajari dari masa sejarah setelah penemuan tulis menulis, karena pada masa ini belum ada sistem aksara tersebut sehingga tidak ada peninggalan tulisan seperti prasasti atau kitab kuno. Ini membuat penyelidikan tentang masa ini lebih sulit. Masa Praaksara berlangsung sangat lama dan berakhir ketika manusia menciptakan sistem tulis menulis. Waktu berakhirnya masa ini berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Ini karena setiap peradaban memiliki waktu yang berbeda dalam penciptaan atau adopsi sistem tulis menulis. Di Indonesia, masa Prasejarah berakhir sejak dikenalnya sistem tulis menulis Pallawa yang dibawa seiring masuknya agama Hindu dan Buddha. Tulisan tertua di Indonesia adalah prasasti Yupa di Kutai yang berasal dari tahun 400an M (abad ke 5 Masehi).

Dengan demikian, Di Indonesia, masa Prasejarah berakhir sejak dikenalnya sistem tulis menulis Pallawa yang dibawa seiring masuknya agama Hindu dan Buddha. Tulisan tertua di Indonesia adalah prasasti Yupa di Kutai yang berasal dari tahun 400an M (abad ke 5 Masehi). Prasasti ini ditulis dengan menggunakan huruf Pallawa yang berasal dari India. Menyebarnya ajaran Hindu  dan Buddha disertai dengan penyebaran budaya India termasuk sistem tulis menulis.

0

Roboguru

Masa pra-aksara adalah...

Pembahasan Soal:

Masa pra - aksara adalah masa dimana belum dikenal tulisan secara terstruktur sehingga peninggalan yang ada masih berupa fosil dan sisa - sisa peralatan kuno.


Dengan demikian, masa pra - aksara adalah Masa pra - aksara adalah masa dimana belum dikenal tulisan secara terstruktur sehingga peninggalan yang ada masih berupa fosil dan sisa - sisa peralatan kuno.space space 

0

Roboguru

Teknik bivalve telah digunakan masyarakat pada masa perundagian untuk mengolah logam. Deskripsikan tentang teknik tersebut!

Pembahasan Soal:

Teknik bivalve adalah suatu teknik untuk mencetak logam dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari sepasang batu yang disatukan dengan menggunakan tali. Cetakan ini terdiri dari 2 buah batu yang sudah diolah agar memiliki pola dan bentuk tertentu, sehingga, ketika disatukan menjadi satu, terbentuk suatu rongga yang sesuai dengan bentuk alat yang ingin dibuat. Secara umum, berikut ini adalah proses yang ada dalam pencetakan logam menggunakan teknik Bivalve

  1. Membuat dan merekatkan cetakan
  2. Menuangkan logam cair dan menunggu hingga mendingin
  3. Membuka cetakan setelah logam mendingin

Setelah cetakan disatukan dan diikat dengan baik, logam cair akan dimasukkan melalui lubang yang ada pada bagian atas cetakan. Kemudian, para pengrajin logam harus menunggu hingga logam tersebut mendingin dan mengeras sebelum mereka dapat membuka cetakan dan mengeluarkan logam yang sudah mengeras tersebut. Karena cetakan yang digunakan terbuat dari batu dan tahan lama, maka teknik bivalve ini dapat diulang berkali-kali, sehingga lebih ekonomis bagi para pengrajin logam zaman dahulu. Umumnya, teknik ini digunakan untuk mencetak alat-alat yang harus diproduksi secara massal seperti alat rumah tangga atau alat berburu.

Dengan demikian, teknik bivalve adalah penggunaan dua cetakan yang dirapatkan. Di bagian atasnya ada lubang untuk masuknya udara agar logam cair dingin. 

0

Roboguru

Apa nilai budaya yang dapat diambil dari Kjokkenmoddinger?

Pembahasan Soal:

Kjokkenmoddinger merupakan salah satu peninggalan zaman Mesolitikum. Kjokkenmoddinger adalah sebuah budaya yang dilakukan manusia praaksara pada saat itu dengan membuat tumpukan kulit kerang dan siput atau dapat disebut sebagai sampah dapur. Peninggalan ini banyak tersebar di sepanjang pantai timur Sumatera dengan berbagai peralatan yang ditemukan seperti pebble, batu pipisan dan alasnya, serta barang-barang lainnya. Diketahui bahwa kulit kerang juga digunakan sebagai peralatan, perhiasan, bahkan alat tukar.  Kjokkenmoddinger memiliki nilai budaya tersendiri, yaitu untuk mengetahui jenis makanan yang dikonsumsi manusia pada zaman itu dan alat-alat apa saja yang dipakai.

Jadi, nilai  budaya yang dapat diambil dari Kjokkenmoddinger adalah alat-alat apa saja yang dipakai untuk mengonsumsi kerang dan siput yang menjadi konsumsi manusia praaksara. Selain itu juga untuk mengetahui bahwa sudah terdapat peralatan, perhiasan, bahkan alat tukar yang terbuat dari kulit kerang. space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved