Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebanyak 19,2 gram tembaga tepat bereaksi dengan larutan asam nitrat, sesuai dengan persamaan reaksi: Cu ( s ) + HNO 3 ​ ( a q ) → Cu ( NO 3 ​ ) 2 ​ ( a q ) + 2 NO 2 ​ ( g ) + 4 H 2 ​ O ( l ) (reaksi belum setara) Volume gas NO yang dihasilkan pada 0 ∘ C , 1 atm adalah .... ( A r ​ Cu = 64 ; C = 12 ; H = 1 )

Sebanyak 19,2 gram tembaga tepat bereaksi dengan larutan asam nitrat, sesuai dengan persamaan reaksi:


 (reaksi belum setara)


Volume gas  yang dihasilkan pada  adalah .... ()

  1. 4,48 Lspace

  2. 7,50 Lspace

  3. 13,44 Lspace

  4. 15,00 Lspace

  5. 89,60 Lspace

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jadi, jawaban yang benar adalah A. Stoikiometri merupakan bagian dari ilmu kimia yang membahas tentang perhitungan kimia yang mencangkup perbandinganmassa, mol, kadar dan reaksi kimia. Salah satu dari ilmu stoikiometri adalah perbandingan koefisien. Perbandingan koefisien digunakan untuk menentukan nilai mol pada suatu reaksi. Namun sebelum melakukan perbandingan koefisien, perlu untuk memastikan apakah reaksi sudah setara atau tidak karena penggunaan perbandingan koefisien hanya dapat dilakukan pada reaksi yang setara. Penentuan volume gas hidrogen pada keadaan standar dapat dilakukan dengan langkah-langkah: Menyetarakan reaksi Reaksi pada soal belum setara, sehingga perlu untuk menyetarakannya terlebih dahulu sebelum menghitung mol gas hidrogen. Penyataraan reaksi berdasar pada hukum kekekalan massa yaitu massa sebelum reaksi dan sesudah reaksi adalah sama. Pada soal senyawa NO 2 ​ seharusnya adalah NO , sehingga reaksinya adalah Cu ( s ) + HNO 3 ​ ( a q ) → Cu ( NO 3 ​ ) 2 ​ ( a q ) + 2 NO ( g ) + 4 H 2 ​ O ( l ) . Pada reaksi tersebut, atom H pada ruas kanan berjumlah 8, sehingga perlu untuk menambahkan koefisien 8 pada senyawa HNO 3 ​ pada ruas kiri. Cu ( s ) + 8 HNO 3 ​ ( a q ) → Cu ( NO 3 ​ ) 2 ​ ( a q ) + 2 NO ( g ) + 4 H 2 ​ O ( l ) Jumlah atom yang belum setara adalah N dan O . Jumlah atom N pada ruas kiri adalah 8, sedangkan pada ruas kanan adalah 4. Sedangkan jumlah O pada ruas kiri adalah 24 dan pada ruas kanan adalah 12. Maka reaksi setaranya adalah: 3 Cu ( s ) + 8 HNO 3 ​ ( a q ) → 3 Cu ( NO 3 ​ ) 2 ​ ( a q ) + 2 NO ( g ) + 4 H 2 ​ O ( l ) Menentukan mol tembaga Mol tembaga dapat ditentukan dengan rumus hubungan dari massa dan mol. mol ​ = = = ​ M r ​ m ​ 64 19 , 2 ​ 0 , 3 mol ​ Menentukan volume gas NO Dalam menentukan volume gas NO , perlu untuk menentukan molnya terlebih dahulu. Mol gas NO dapat ditentukan dari perbandingan koefisien dengan tembaga. mol NO ​ = = = ​ 3 2 ​ × mol Cu 3 2 ​ × 0 , 3 mol 0 , 2 mol ​ Volume gas NO pada 0 ∘ C , 1 atm (STP) adalah: V NO ​ ​ = = ​ 0 , 2 × 22 , 4 L 4 , 48 L ​ Berdasar hitungan tersebut, maka volume gas NO pada 0 ∘ C , 1 atm (STP) adalah 4,48 L .

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Stoikiometri merupakan bagian dari ilmu kimia yang membahas tentang perhitungan kimia yang mencangkup perbandingan massa, mol, kadar dan reaksi kimia. Salah satu dari ilmu stoikiometri adalah perbandingan koefisien. Perbandingan koefisien digunakan untuk menentukan nilai mol pada suatu reaksi. Namun sebelum melakukan perbandingan koefisien, perlu untuk memastikan apakah reaksi sudah setara atau tidak karena penggunaan perbandingan koefisien hanya dapat dilakukan pada reaksi yang setara. Penentuan volume gas hidrogen pada keadaan standar dapat dilakukan dengan langkah-langkah:

Menyetarakan reaksi

Reaksi pada soal belum setara, sehingga perlu untuk menyetarakannya terlebih dahulu sebelum menghitung mol gas hidrogen. Penyataraan reaksi berdasar pada hukum kekekalan massa yaitu massa sebelum reaksi dan sesudah reaksi adalah sama. Pada soal senyawa  seharusnya adalah , sehingga reaksinya adalah .

Pada reaksi tersebut, atom  pada ruas kanan berjumlah 8, sehingga perlu untuk menambahkan koefisien 8 pada senyawa  pada ruas kiri.



Jumlah atom yang belum setara adalah  dan . Jumlah atom  pada ruas kiri adalah 8, sedangkan pada ruas kanan adalah 4. Sedangkan jumlah  pada ruas kiri adalah 24 dan pada ruas kanan adalah 12. Maka reaksi setaranya adalah:



Menentukan mol tembaga

Mol tembaga dapat ditentukan dengan rumus hubungan dari massa dan mol.



Menentukan volume gas 

Dalam menentukan volume gas , perlu untuk menentukan molnya terlebih dahulu. Mol gas  dapat ditentukan dari perbandingan koefisien dengan tembaga.



Volume gas  pada  (STP) adalah:



Berdasar hitungan tersebut, maka volume gas  pada  (STP) adalah 4,48 L.

Latihan Bab

Hitungan Stoikiometri Reaksi Sederhana

Hitungan Stoikiometri Reaksi dengan Pereaksi Pembatas

Hitungan Stoikiometri Reaksi dengan Senyawa Hidrat

Stoikiometri Senyawa

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Shafira nayla

Mudah dimengerti

Feby Juliana Pakpahan

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebanyak 12 gram magnesium (Ar = 24) direaksikan dengan asam klorida berlebih menurut reaksi: Mg ( s ) + HCl ( a q ) → MgCl 2 ​ ( a q ) + H 2 ​ ( g ) (belum setara) Jika reaksi berlangsung pada ...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia