RoboguruRoboguru
SD

Sebagian besar permukiman penduduk di Kota Bekasi berada di daerah cekungan. Dahulu, cekungan ini merupakan rawa sehingga saat ini rentan banjir jika curah hujan tinggi. Jelaskan manfaat foto udara untuk upaya pencegahan bencana banjir di Kota Bekasi!

Pertanyaan

Sebagian besar permukiman penduduk di Kota Bekasi berada di daerah cekungan. Dahulu, cekungan ini merupakan rawa sehingga saat ini rentan banjir jika curah hujan tinggi. Jelaskan manfaat foto udara untuk upaya pencegahan bencana banjir di Kota Bekasi!  

S. Fauziyah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sebagian besar permukiman di Kota Bekasi menempati wilayah cekungan yang akan banjir jika hujan tinggi. Oleh sebab itu, wilayah permukiman di cekungan tersebut pada dasarnya akan rawan banjir, tetapi banjir yang parah dapat dicegah. Foto udara dapat digunakan untuk kegiatan pencegahan banjir tersebut. Salah satu caranya adalah menjadi salah satu data dasar pemetaan wilayah rawan banjir. Foto udara ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi persebaran permukiman yang berasosiasi dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan permukiman padat penduduk.

  • Pemetaan sebaran permukiman dekat aliran sungai diperlukan untuk mengevaluasi lokasi permukiman terhadap sungai. Jika ada permukiman di wilayah sempadan sungai, permukiman tersebut harus direlokasi karena melanggar peraturan dan mengganggu fungsi alamiah sempadan sungai. Selain itu, pemetaan ini diperlukan untuk melihat kerawanan  permukiman terhap banjir karena jika permukiman makin dekat dengan sungai, tingkat kerawanan banjirnya makin tinggi.
  • Identifikasi permukiman padat penduduk diperlukan karena biasanya tingkat banjir bisa meningkat di wilayah tersebut. Hal ini disebabkan oleh kondisi permukiman padat penduduk yang biasanya minim ruang terbuka hijau dan memiliki sistem drainase yang buruk. Melalui interpretasi pada foto udara, maka kita dapat mengetahui lokasi permukiman padat penduduk dengan menganalisis kerapatan bangunan. Atap bangunan yang rapat dan permukiman yang memiliki pola tidak teratur mengindikasikan permukiman padat penduduk.

Selanjutnya, data dari foto udara tersebut dapat dijadikan peta dengan melalui proses digitasi. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan data lainnya menggunakan teknik overlay untuk menghasilkan peta wilayah kerawanan banjir di Kota Bekasi. Pemangku kebijakan dapat menggunakan peta sebagai dasar pengambilan keputusan untuk menanggulangi banjir,  seperti relokasi permukiman, penambahan Ruang Terbuka Hijau, penentuan lokasi evakuasi, dan sebagainya.

973

3.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

SIG dapat digunakan untuk menganalisis jalur evakuasi dan titik kumpul masyarakat saat terjadi bencana erupsi gunung api. Dalam konteks tersebut analisis SIG dapat digunakan untuk menentukan...

1rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia