Pertanyaan

Satu sel induk polen menghasilkan 4 polen yang masing-masing dengan dua inti sperma dan satu inti tabung. Berapa banyak pembelahan meiosis yang diperlukan untuk menghasilkan hal tersebut? (SIMAK 2009)

Satu sel induk polen menghasilkan 4 polen yang masing-masing dengan dua inti sperma dan satu inti tabung. Berapa banyak pembelahan meiosis yang diperlukan untuk menghasilkan hal tersebut?(SIMAK 2009) 

  1. tidak adaspace space 

  2. dua

  3. tigaspace space 

  4. empatspace space 

  5. dua belasspace space 

Y. Ari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

Pembahasan

Proses pembentukan polen terjadi dalam dua tahap yaitu mikrosporogenesis dan mikrogametogenesis. Mikrosporogenesis adalah proses pembentukan polen dan mikrogametogenesis adalah proses pembentukan gamet jantan. Proses mikrosporogenesis dimulai ketika mikrosporosit (2n) mengalami pembelahan meiosis I yang kemudian diikuti oleh meiosis II dan menghasilkan 4 sel mikrospora (n) yang menempel menjadi satu. Masing-masing sel mikrospora (n) akan terpisah satu sama lainnya, yang kemudian sel mikrospora tersebut akan mengalami mikrogametogenesis. Pada mikrogametogenesis, satu sel mikrospora akan mengalami pembelahan mitosis sebanyak 2 kali menghasilkan 1 inti tabung (n) dan 2 inti sel sperma (n). Berdasarkan ilustrasi di atas, banyaknya pembelahan meiosis adalah dua yaitumeiosis I dan meiosis II. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Proses pembentukan polen terjadi dalam dua tahap yaitu mikrosporogenesis dan mikrogametogenesis. Mikrosporogenesis adalah proses pembentukan polen dan mikrogametogenesis adalah proses pembentukan gamet jantan. Proses mikrosporogenesis dimulai ketika mikrosporosit (2n) mengalami pembelahan meiosis I yang kemudian diikuti oleh meiosis II dan menghasilkan 4 sel mikrospora (n) yang menempel menjadi satu. Masing-masing sel mikrospora (n) akan terpisah satu sama lainnya, yang kemudian sel mikrospora tersebut akan mengalami mikrogametogenesis. Pada mikrogametogenesis, satu sel mikrospora akan mengalami pembelahan mitosis sebanyak 2 kali menghasilkan 1 inti tabung (n) dan 2 inti sel sperma (n). 
Berdasarkan ilustrasi di atas, banyaknya pembelahan meiosis adalah dua yaitu meiosis I dan meiosis II. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

487

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pindah silang pada meiosis yang ditandai dengan terbentuknya kiasmata terjadi pada tahapan …. (SBMPTN 2018)

228

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia