Roboguru

Sarekat Islam merupakan gerakan nasionalis demokratis dan ekonomis serta berdasarkan Islam dengan haluan ....

Pertanyaan

Sarekat Islam merupakan gerakan nasionalis demokratis dan ekonomis serta berdasarkan Islam dengan haluan ....

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sarekat Islam bermula dari organisasi Sarekat Dagang Islam yang didirikan oleh H. Samanhudi di Solo tahun 1911. Pendirian organisasi tersebut terkait persaingan dagang pedagang batik lokal dengan pedagang batik Tionghoa. Kemudian, organisasi SDI berubah menjadi SI dibawah kepemimpinan HOS Cokroaminoto. Hal ini dilakukan untuk memperluas arah gerakan sehingga tidak terbatas pada sektor perdagangan. Semua orang bisa masuk ke dalam organisasi ini asalkan beragama Islam. Organisasi ini juga aktif dalam Volksraad dan menentang kapitalisme. Organisasi yang bersifat non kooperatif ini terus memperjuangkan kemerdekaan dengan menjadi partai politik di tahun 1916. Pada tahun 1921, SI yang telah disusupi oleh paham komunis terpecah menjadi dua yakni SI Putih dan SI Merah (komunis).

Dengan demikian, sarekat Islam merupakan gerakan nasionalis demokratis dan ekonomis serta berdasarkan Islam dengan haluan non kooperatif.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

No Nama Organisasi Era Kebangkitan Nasional Tanggal Berdiri Tujuan Organisasi Taktik Perjuangan 1         2         3        ...

Pembahasan Soal:

Masa Pergerakan Nasional, yang terjadi sejak tahun 1908 sampai dengan tahun 1942, adalah periode perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda yang didasarkan pada perjuangan non-fisik, dalam arti perjuangan dilakukan dengan membentuk organisasi pergerakan sebagai alat perjuangan.
Beberapa organisasi pergerakan nasional yang lahir pada pertengahan tahun 1900-an, di antaranya adalah Sarekat Islam yang berawal dari organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI), didirikan oleh Haji Samanhudi di Solo tahun 1911. Organisasi ini memiliki tujuan untuk melindungi pengusaha lokal agar dapat bersaing dengan pengusaha non lokal yang memonopoli perdagangan batik. SDI kemudian diubah menjadi Sarekat Islam (SI) pada tahun 1912 yang diketuai oleh H.O.S Tjokroaminoto. Setelah berubah nama, jumlah anggota SI pun terus meningkat karena semua orang diperbolehkan ikut dalam organisasi ini selama memeluk agama Islam. Pada tahun 1921, SI terpecah menjadi 2 kubu, yaitu SI Putih dan SI Merah karena adanya penyusupan paham sosialis-komunis. SI Putih berpusat di Yogyakarta dan SI Merah berpusat di Semarang dan berhaluan komunis.
Selain Sarekat Islam, terdapat organisasi lain yang cukup keras, dalam arti organisasi ii bergerak dengan strategi non kooperatif, tidak menjalin kerja sama dengan Belanda dan arah perjuangannya adalah politik, yakni organisasi Indische Partij, berdiri di Bandung pada tanggal 25 Desember 1912. Tokoh yang mendirikan organisasi ini antara lain Dr. E.F.E. Douwes Dekker, R.M Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), dan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo. Ketiga tokoh yang dikenal dengan panggilan “Tiga Serangkai” tersebut, membangun Indische Partij untuk mengembangkan rasa nasionalisme, menciptakan persatuan antara orang Indonesia dan Bumiputera, juga mempersiapkan kehidupan rakyat yang merdeka. Organisasi Pergerakan Nasional ini merupakan organisasi politik yang berani mengkritik pemerintah kolonial Belanda melalui tulisan R.M Suwardi Suryaningrat "Als ik een Nederlander was (Seandainya aku seorang Belanda)”.

Jadi, dua organisasi era Pergerakan Nasional di antaranya adalah Sarekat Islam yang semula bergerak kooperatif di bidang ekonomi, meskipun dalam perkembangannya nanti berubah menjadi non kooperatif dan merambah ke bidang lain, termasuk politik. Dan organisasi Indische Partij, yang sejak awal non kooperatif dan bergerak di bidang politik.

0

Roboguru

Sarikat Dagang Islam (SDI) mempunyai tujuan untuk ….

Pembahasan Soal:

Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan pada tanggal 16 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi. Pada tahun 1912, oleh pimpinannya yang baru Haji Oemar Said Tjokroaminoto, nama SDI diubah menjadi Sarekat Islam (SI). Hal ini dilakukan agar organisasi tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi, tetapi juga dalam bidang lain seperti politik. Jika ditinjau dari anggaran dasarnya, tujuan SI adalah  mengembangkan jiwa dagang, membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha, memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat, memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam dan hidup menurut perintah agama.

Dengan demikian tujuan dari SDI adalah memajukan perdagangan Indonesia di bawah panji Islam, serta agar para pedagang Islam dapat bersaing dengan pedangang Barat maupun Timur Asing.space space

1

Roboguru

Sarekat Islam pada mulanya bernama Sarekat Dagang Islam. Organisasi yang dibentuk oleh H. Samanhudi ini dilatar belakangi oleh...

Pembahasan Soal:

Sarekat Dagang Islam yang menjadi cikal bakal berdirinya Sarekat Islam pada awalnya didirikan untuk menghimpun para pedagang Islam agar bisa bersaing dengan para pedagang asing seperti pedagang India dan Tionghoa dalam perdagangan khususnya pada perdagangan batik yang pada saat itu di monopoli para pedagang asing.

0

Roboguru

Awal abad ke 20 merupakan tonggak awal kebangkitan nasional Indonesia, hal ini ditandai dengan banyak berdirinya organisasi yang bergerak dalam berbagai bidang seperti pendidikan, budaya, agama, bahka...

Pembahasan Soal:

Sarekat Islam berdiri pada tanggal 16 Oktober 1905 oleh H. Samanhudi. Pada awalnya organisasi ini bernama Sarekat Dagang Islam. H. Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam dengan tujuan untuk menggalang kerja sama antara pedagang Islam demi memajukan kesejahteraan pedagang Islam pribumi. Selain itu, Samanhudi juga ingin meruntuhkan dominasi pedagang Cina di sektor perekonomian Indonesia. Sebelum Sarekat Dagang Islam organisasi Islam yang juga hadir adalah Jam'iyatul Khair yang didirikan pada tanggal 17 Juli 1905 yang bergerak dalam bidang pendidikan. Berbeda dengan Sarekat Dagang Islam, Jam'iyatul Khair tidak bertahan dalam perkembangan pergerakan nasional Indonesia. Para tokohnya lebih memilih membentuk baru, seperti Muhammadiyah dan Masyumi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan tujuan organisasi pergerakan nasional berikut! Memajukan perdagangan. Membantu para anggota yang mengalami kesulitan. Memajukan kepentingan rohani dan jasmani penduduk pribumi. Memaju...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 10 September 1912, Sarekat Dagang Islam di ubah namanya menjadi Sarekat Islam. Perubahan ini di pelopori oleh HOS Cokroaminoto. Sarekat Islam memiliki jangkauan yang lebih luas dan banyak di bandingkan dengan Sarekat Dagang Islam. Itu sebabnya, karena hanya berfokus pada masalah dagang semata, maka di ubahlah tujuan organisasi tersebut. Sarekat Islam sendiri di dirikan oleh H. Samanhudi di Solo. Tujuannya adalah untuk memajukan agama, dan untuk memperkuat diri bagi golongan pedagang-pedagang Indonesia terhadap pedagang-pedagang Cina.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved