Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sandi melakukan penelitian tentang pengaruh tayangan televisi terhadap penurunan pretasi belajar siswa SMA. Ia menyebarkan instrumen penelitian kepada sejumlah siswa kelas X, kelas XI dan kelas XII. Teknik pengambilan sampel yang di lakukan Sandi adalah ....

Sandi melakukan penelitian tentang pengaruh tayangan televisi terhadap penurunan pretasi belajar siswa SMA. Ia menyebarkan instrumen penelitian kepada sejumlah siswa kelas X, kelas XI dan kelas XII. Teknik pengambilan sampel yang di lakukan Sandi adalah ....

  1. random sampling

  2. stratified sampling

  3. cluster sampling

  4. area sampling

  5. probability sampling

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Tingkatan tersebut terdiri atas sejumlah siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII. Teknik pengambilan sampel ini disebut dengan teknik pengambilan sampel berstrata atau stratified sampling . Adapun penjelasan pilihan jawaban lain sebagai berikut. Teknik pengambilan sampel rumpun atau berkelompok (cluster sampling ) merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara mengambil anggota sampel setelah dibagi ke dalam beberapa kelompok. Teknik pengambilan sampel wilayah atau area ( sampling area ) adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah. Teknik pengambilan sampel secara acak ( random sampling) merupakan teknik pengambilan sampel yang setiap anggota populasinya memiliki kesempatan sama menjadi anggota sampel.

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Tingkatan tersebut terdiri atas sejumlah siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII. Teknik pengambilan sampel ini disebut dengan teknik pengambilan sampel berstrata atau stratified sampling.

Adapun penjelasan pilihan jawaban lain sebagai berikut.

  • Teknik pengambilan sampel rumpun atau berkelompok (cluster sampling) merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara mengambil anggota sampel setelah dibagi ke dalam beberapa kelompok.
  • Teknik pengambilan sampel wilayah atau area (sampling area) adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah.
  • Teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling) merupakan teknik pengambilan sampel yang setiap anggota populasinya memiliki kesempatan sama menjadi anggota sampel.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

194

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penelitian dilakukan pada salah satu sekolah swasta di Semarang. Cara mengambil sampel penelitian dari populasi terdiri dari tingkatan kelas yang berbeda dan masing-masing tingkatan menjadi terwakili ...

60

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia