Pertanyaan

Salin dan setarakan persamaan reaksi berikut. H 2 ​ ( g ) + Br 2 ​ ( g ) → HBr ( a q )

Salin dan setarakan persamaan reaksi berikut.


 

D. Zharva

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

persamaan setara dari reaksi di atas adalah H 2 ​ ( g ) + Br 2 ​ ( g ) → 2 HBr ( a q ) .

persamaan setara dari reaksi di atas adalah .

Pembahasan

Dalam persamaan reaksi kimia berlaku Hukum Kekekalan Massa atau Hukum Lavoisier yang menyatakan “massa sebelum dan sesudah reaksi adalah sama”. Massa suatu zat berbanding lurus dengan jumlah atomnya, sehingga dapat diartikan jumlah atom sebelum bereaksi sama dengan jumlah atom hasil reaksi. Ada 2 cara penyetaraan reaksi yaitu: Cara langsungartinya melihat persamaan reaksi kemudian jumlah atomnya langsung disamakan secara coba-coba. Biasanya digunakan untuk persamaan reaksi yang sederhana. Cara tidak langsung adalah cara menyetarakan persamaan reaksi kimia dengan menggunakan persamaan matematika yang disebut juga dengan cara “permisalan”. Reaksi di atas merupakan reaksi sederhana, terdapat 2 atom H dan 2 atom Br disebelah kiri dan 1 atom H dan 1 atom Br di sebelah kanan. Supaya reaksi setara, dilakukan penambahan koefisien di reaksi sebelah kanan menjadi 2 , reaksi setaranya adalah: H 2 ​ ( g ) + Br 2 ​ ( g ) → 2 HBr ( a q ) Jadi, persamaan setara dari reaksi di atas adalah H 2 ​ ( g ) + Br 2 ​ ( g ) → 2 HBr ( a q ) .

Dalam persamaan reaksi kimia berlaku Hukum Kekekalan Massa atau Hukum Lavoisier yang menyatakan “massa sebelum dan sesudah reaksi adalah sama”. Massa suatu zat berbanding lurus dengan jumlah atomnya, sehingga dapat diartikan jumlah atom sebelum bereaksi sama dengan jumlah atom hasil reaksi.

Ada 2 cara penyetaraan reaksi yaitu:

  1. Cara langsung artinya melihat persamaan reaksi kemudian jumlah atomnya langsung disamakan secara coba-coba. Biasanya digunakan untuk persamaan reaksi yang sederhana.
  2. Cara tidak langsung adalah cara menyetarakan persamaan reaksi kimia dengan menggunakan persamaan matematika yang disebut juga dengan cara “permisalan”.


begin mathsize 14px style H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and Br subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields H Br left parenthesis italic a italic q right parenthesis end style


Reaksi di atas merupakan reaksi sederhana, terdapat 2 atom H dan 2 atom Br disebelah kiri dan 1 atom H dan 1 atom Br di sebelah kanan. Supaya reaksi setara, dilakukan penambahan koefisien di reaksi sebelah kanan menjadi 2, reaksi setaranya adalah:


 


Jadi, persamaan setara dari reaksi di atas adalah .

1rb+

5.0 (6 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Setarakan persamaan reaksi berikut! N 2 ​ + O 2 ​ → N 2 ​ O 5 ​

881

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia