Roboguru

Salah satu usaha untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle.  Di bawah ini yang merupakan usaha Reuse adalah ....

Pertanyaan

Salah satu usaha untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle

Di bawah ini yang merupakan usaha Reuse adalah .... space 

  1. Botol bekas minuman digunakan kembali menjadi tempat minyak gorengspace 

  2. Mengolah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaatspace 

  3. Membawa tas belanjaan sendiri ketika berbelanja di pasarspace 

  4. Pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai space 

Pembahasan Soal:

Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi sampah plastik. Reuse adalah usaha dalam mengurangi sampah plastik dengan cara menggunakan kembali produk yang sudah dipakai. Misalnya, menggunakan kembali botol bekas minuman menjadi tempat minyak goreng. Reduce adalah usaha dalam mengurangi sampah plastik dengan cara mengurangi penggunaan produk yang nantinya akan menjadi sampah. Misalnya, membawa tas belanjaan sendiri ketika berbelanja di pasar. Sedangkan Recycle adalah usaha dalam mengurangi sampah dengan cara mendaur ulang produk bekas menjadi produk baru yang bermanfaat. Misalnya, mendaur ulang plastik bekas kemasan makanan atau minuman menjadi pot tanaman, mengolah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

O. Khumairah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan konsep ekoefisiensi untuk menanggulangi dampak negatif limbah!

Pembahasan Soal:

Ekoefisiensi merupakan singkatan dari kata ekologi dan efisiensi dimana kata ini menggambarkan bahwa peningkatan efisiensi berasal dari perbaikan lingkungan. Kegiatan meminimalkan limbah berpedoman pada konsep ekoefisiensi. Penanggulangan dampak negatif limbah dapat dilakukan melalui cara-cara berikut:

  1. Reuse (memanfaatkan kembali barang bekas tanpa harus memprosesnya terlebih dahulu), misalnya menggunakan gelas air mineral bekas untuk tempat pembibitan tanaman.
  2. Reduce (mengurangi limbah yang dihasilkan dengan cara meminimumkan penggunaan bahan baku dan energi per unit produksi), misalnya dengan membawa tas belanja dari rumah saat berbelanja di pasar sehingga mengurangi penggunaan kantong plastik.
  3. Recycle (mendaur ulang limbah hingga menjadi barang yang bermanfaat), misalnya mendaur ulang kertas bekas.

Dengan demikian, konsep ekoefisiensi untuk menanggulangi dampak negatif limbah dilakukan dengan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle).space 

0

Roboguru

Jika berbelanja ke pasar, sebaiknya membawa tas plastik bekas dari rumah. Tindakan tersebut merupakan salah satu cara meminimalkan limbah padat, yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

Upaya mengolah sampah secara global dikenal dengan metode 3R atau Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), Recycle (daur ulang). Reduce atau kurangi adalah upaya preventif atau pencegahan agar sampah tidak dihasilkan. Contoh aksi reduce adalah adalah membawa tas belanja yang awet atau bisa berulang kali pakai daripada kresek yang biasanya hanya sekali pakai.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Memanfaatkan sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar merupakan salah satu cara meminimalisasi limbah padat, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi maupun domestik. Limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Prinsip yang dapat diterapkan untuk mengelola limbah yaitu 3R (Reduce, Reuse, Recycle). 

  1. Reduce (Mengurangi), yaitu prinsip yang bertujuan untuk mengurangi barang-barang penghasil limbah dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak pemakaian barang dalam kehidupan sehari-hari, maka semakin banyak juga limbah yang dihasilkan. Contoh penerapan prinsip reduce yaitu menggunakan email untuk mengirim surat untuk mengurangi penggunaan kertas.
  2. Reuse (Menggunakan kembali), yaitu prinsip yang bertujuan untuk menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan agar tidak menumpuk sebagai limbah. Contoh penerapan prinsip reuse yaitu penggunaan  sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar.
  3. Recycle (mendaur ulang), yaitu prinsip yang bertujuan untuk mengolah kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat bahkan memiliki nilai ekonomis. 

Berdasarkan uraian di atas, penggunaan  sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar termasuk ke dalam prinsip reuse. Hal ini disebabkan karena sampah batok kelapa masih dapat digunakan kembali agar tidak menumpuk sebagai limbah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

0

Roboguru

Memanfaatkan sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar merupakan salah satu cara meminimalkan limbah padat, yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

Memanfaatkan limbah merupakan salah satu metode yang disebut recovery. Recovery  adalah kegiatan pengambilan kembali sebagian material penting dari aliran limbah untuk pemanfaatan ulang dalam proses atau dimanfaatkan untuk proses atau keperluan lain.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Cara menangani limbah cair dan padat diharapkan tidak menyebabkan polusi dengan prinsip ekologi yang dikenal dengan istilah 4R. Jelaskan dan sebutkan 4R tersebut !

Pembahasan Soal:

Cara menangani limbah cair dan padat yang diharapkan tidak menyebabkan polusi dengan prinsip ekologi yang dikenal istilah 4R yaitu sebagai berikut.

  1. Reuse (Penggunaan Ulang) dilakukan untuk sampah yang tidak dapat terurai dan dapat dimanfaatkan ulang, misalnya botol bekas minuman digunakan lagi untuk menyimpan air minum lagi.
  2. Reduce melakukan pengurangan bahan atau penghematan. Contohnya menggunakan tas belanja yang ramah lingkungan yang bisa dipakai terus menerus sehingga tidak menggunakan kantong plastik dari penjual toko.
  3. Recycle (Pendaurulangan). Contohnya sampah plastik yang sulit terurai dibikin suatu ecobricks yang nantinya dapat dibuat menjadi kerajinan.
  4. Repair artinya melakukan pemeliharaan. Contohnya membuang sampah tidak sembarangan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved