Iklan

Iklan

Pertanyaan

Memanfaatkan sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar merupakan salah satu cara meminimalisasi limbah padat, yaitu ....

Memanfaatkan sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar merupakan salah satu cara meminimalisasi limbah padat, yaitu ....space 

  1. reconstructspace 

  2. recoveryspace 

  3. refusalspace 

  4. reducespace 

  5. reusespace 

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

Iklan

Pembahasan

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi maupun domestik. Limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Prinsip yang dapat diterapkan untuk mengelola limbah yaitu 3R ( Reduce, Reuse, Recycle). Reduce (Mengurangi), yaitu prinsip yang bertujuan untuk mengurangi barang-barang penghasil limbah dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak pemakaian barang dalam kehidupan sehari-hari, maka semakin banyak juga limbah yang dihasilkan. Contoh penerapan prinsip reduce yaitu menggunakan email untuk mengirim surat untuk mengurangi penggunaan kertas. Reuse (Menggunakan kembali), yaitu prinsip yang bertujuan untuk menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan agar tidak menumpuk sebagai limbah. Contoh penerapan prinsip reuse yaitu penggunaan sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar. Recycle (mendaur ulang), yaitu prinsip yang bertujuan untuk mengolah kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat bahkan memiliki nilai ekonomis. Berdasarkan uraian di atas,penggunaan sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar termasuk ke dalam prinsip reuse. Hal ini disebabkan karena sampah batok kelapa masih dapat digunakan kembali agar tidak menumpuk sebagai limbah. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari proses produksi maupun domestik. Limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Prinsip yang dapat diterapkan untuk mengelola limbah yaitu 3R (Reduce, Reuse, Recycle). 

  1. Reduce (Mengurangi), yaitu prinsip yang bertujuan untuk mengurangi barang-barang penghasil limbah dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak pemakaian barang dalam kehidupan sehari-hari, maka semakin banyak juga limbah yang dihasilkan. Contoh penerapan prinsip reduce yaitu menggunakan email untuk mengirim surat untuk mengurangi penggunaan kertas.
  2. Reuse (Menggunakan kembali), yaitu prinsip yang bertujuan untuk menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan agar tidak menumpuk sebagai limbah. Contoh penerapan prinsip reuse yaitu penggunaan  sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar.
  3. Recycle (mendaur ulang), yaitu prinsip yang bertujuan untuk mengolah kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat bahkan memiliki nilai ekonomis. 

Berdasarkan uraian di atas, penggunaan  sampah batok kelapa untuk dijadikan arang sebagai bahan bakar termasuk ke dalam prinsip reuse. Hal ini disebabkan karena sampah batok kelapa masih dapat digunakan kembali agar tidak menumpuk sebagai limbah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

172

gusmelie gusmelie

Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Mudah dimengerti Pembahasan lengkap banget Bantu banget

Rahma Cahyaningrum

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Davin Setiawan Putra

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan tiga contoh limbah organik yang dapat dimanfaatkan kembali secara langsung!

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia