Roboguru

Salah satu tugas BPUPKI adalah menyiapkan segala sesuatu untuk ...

Pertanyaan

Salah satu tugas BPUPKI adalah menyiapkan segala sesuatu untuk ... 

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) memiliki peran penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Tugas BPUPKI adalah menyelidiki hal-hal penting dan menyusun rencana persiapan kemerdekaan Indonesia, serta terkait erat dengan lahirnya Pancasila sebagai dasar negara.

Dengan demikian, tugas BPUPKI adalah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan persiapan kemerdekaan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 10 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tugas utama dibentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tanggal 29 April 1945. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI beranggotakan 67 orang yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso. Di luar anggota BPUPKI, dibentuk sebuah Badan Tata Usaha (semacam sekretariat) yang beranggotakan 60 orang. Badan Tata Usaha ini dipimpin oleh Raden Pandji Soeroso dengan wakil Mr. Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda Toyohiko (orang Jepang).

Tugas dari BPUPKI sendiri adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek poplitik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka. Berdasarkan sidang, tugas BPUPKI lainnya adalah:

  1. bertugas membahas mengenai Dasar Negara,
  2. sesudah sidang pertama, BPUPKI membentuk reses selama satu bulan,
  3. bertugas membentuk Panitia Kecil atau Panitia kecil atau panitia delapan yang bertugas menampung saran-saran dan konsepsi dari para anggota,
  4. bertugas membantu panitia sembilan bersama panitia kecil, dan
  5. panitia sembilan menghasilkan Piagam Jakarta.

Dengan demikian, sebagai badan penyelidik, BPUPKI memiliki tugas utama untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting yang berhubungan dengan segi politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan lainnya yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan BPUPKI dan PPKI!

Pembahasan Soal:

Pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dimumkan pada 1 Maret 1945 oleh Jenderal Kumakichi Harada. Badan itu dibentuk untuk menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik, dan tatanan pemerintahan sebagai persiapan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI kemudian dilantik pada 29 April 1945 dan diketuai oleh Dr. K.R.T Radjiman Widyodiningrat. Sedangkan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI adalah panitia yang bertugas untuk mempersiapkan terlaksananya kemerdekaan Indonesia. PPKI dibentuk setelah BPUPKI selesai menjalankan tugasnya yaitu pada 7 Agustus 1945. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno.

Dengan demikian, BPUPKI masih dalam taraf menyelidiki sedangkan PPKI sudah tahap mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

0

Roboguru

BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 akhirnya dibubarkan dengan alasan....

Pembahasan Soal:

BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945 diketuai oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat dan wakilnya R.P. Soeroso. Tugas BPUPKI adalah menyelidiki berbagai hal dalam segala bidang kehidupan yang diperlukan sebagai persiapan pembentukan Indonesia yang merdeka. BPUPKI melakukan dua kali sidang. Sidang pertama dilakukan pada 29 Mei-1 Juni 1945. Sidang ini menghasilkan rumusan dasar negara Indonesia (Pancasila) yang dikemukakan oleh Mr. Soepomo, Mr. Muh. Yamin, dan Ir. Soekarno. Sebagai tindak lanjut dari sidang pertama BPUPKI, pada 22 Juni 1945, dibentuk Panitia Kecil sebanyak sembilan orang (disebut juga Panitia Sembilan) dan mematangkan konsep Pancasila. Hasilnya dikenal sebagai Piagam Jakarta (Jakarta Charter). Sidang kedua dilakukan pada 10-14 Juli 1945 menghasilkan rumusan Undang-Undang Dasar lengkap dengan pembukaannya (preambule). Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Jelaskan bagaimana perumusan UUD 1945!

Pembahasan Soal:

Proses Perumusan UUD 1945 dimulai saat sidang kedua yang dilakukan oleh Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI. Pada sidang kedua BPUPKI tersebut membahas sebuah rancangan terhadap Undang-undang Dasar (UUD). Selanjutnya, pada tahapan perancangan, dibentuk sebuah panitia yang dikhususkan untuk melakukan perencanaan UUD dengan diketuai oleh Ir. Sukarno.

Pada sidang BPUPKI yang dilakukan pada tanggal 14 Juli 1945, Ir. Sukarno menjelaskan hasil yang didapatkan dari panitia perancangan UUD. Dari pembahasan panitia perancangan UUD, terdapat tiga macam hal, yaitu pernyataan terhadap kemerdekaan Indonesia, pembentukan terhadap Undang-undang Dasar, dan Undang-undang Dasar (batang tubuh).

Pada tanggal 15-16 Juli 1945, dilakukan sebuah sidang lanjutan yang membahas pembentukan UUD berdasarkan hasil dari pekerjaan panitia perancangan UUD. Kemudian, hasilnya dijadikan sebagai bahan untuk pelaporan dan juga penerimaan terhadap rapat pleno BPUPKI yang dilakukan pada 17 Juli 1945.

Pada tanggal 7 Agustus 1945, Pemerintah Jepang membubarkan BPUPKI dan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang bertujuan untuk menjadi penindaklanjut atas pekerjaan yang dilakukan oleh BPUPKI. Akhirnya, disahkanlah UUD 1945 pada sidang pertama PPKI.

Dengan demikian, rancangan Undang-undang Dasar (UUD) telah dibahas pada sidang yang kedua BPUPKI. Untuk itu, dibentuklah panitia perencana UUD yang diketuai oleh Ir. Sukarno. Pada sidang BPUPKI tanggal 14 Juli 1945, Ir. Sukarno melaporkan hasil kerja panitia perencana UUD tersebut. Laporan itu berisi tiga hal, yaitu pernyataan Indonesia merdeka, pembentukan UUD, dan UUD (batang tubuh). Pada tanggal 15 dan 16 Juli 1945, diadakanlah sidang untuk menyusun UUD. Kemudian, hasil kerja penyusunan UUD tersebut dilaporkan dan diterima pada rapat pleno BPUPKI tanggal 17 juli 1945. Pada tanggal 7 Agustus BPUPKI, dibubarkan oleh pemerintah Jepang dan digantikan oleh PPKI. Pada sidang pertama PPKI, UUD 1945 disahkan.

0

Roboguru

BPUPKI dan PPKI adalah dua lembaga yang sama-sama dibentuk oleh Jepang, Namun peran serta Jepang sendiri pada dua lembaga itu ketika bekerja jauh perbedaan. Jelaskan apa perbedaan dua lembaga itu dili...

Pembahasan Soal:

Dokuritsu Junbi Cosakai alias BPUPKI diresmikan pada 29 April 1945 dan dilantik pada 28 Mei 1945. Secara garis besar, BPUPKI dibentuk untuk menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia. Pengaruh Jepang dalam mengiringi kinerja BPUKI masih cukup kuat, termasuk pada komposisi keanggotaannya yang terdiri dari seorang kaico (ketua), 2 orang fuku kaico (ketua muda), dan 59 orang iin atau anggota. Radjiman Wediodiningrat ditunjuk sebagai kaico. Ia adalah tokoh yang dituakan, priyayi Jawa berpengaruh sekaligus sosok penting yang turut menggagas Boedi Oetomo pada 1908. Sedangkan sebagai ketua muda adalah Raden Pandji Soeroso dan Ichibangase Yoshio (wakil Jepang). Ke-59 anggota BPUPKI didominasi orang Indonesia, termasuk 4 orang dari golongan Cina, 1 orang golongan Arab, dan 1 peranakan Belanda. Selain itu, ada pula tokubetu iin (anggota kehormatan), terdiri 8 orang Jepang. Mereka berhak menghadiri sidang tapi tidak punya hak suara.

Pada hari yang sama pembubaran BPUPKI, langsung dibentuk badan baru bernama PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai. Jepang mau tidak mau harus terus melanjutkan janji-janjinya karena keadaan yang semakin gawat. Jepang nyaris lebur setelah Hiroshima dibom oleh Amerika Serikat atas persetujuan Sekutu pada 6 Agustus 1945. Bahkan, beberapa hari berselang, 9 Agustus 1945, Jepang kena pukulan telak lagi menyusul bom atom di Nagasaki. Berbeda dari BPUPKI yang masih melibatkan orang Jepang, seluruh anggota PPKI adalah orang Indonesia. Bedanya lagi, jika keanggotaan BPUPKI didasarkan atas latar belakang ideologis, orang-orang yang mengisi formasi PPKI dipilih dengan dasar kedaerahan. Anggota awal PPKI ada 21 orang, terdiri dari 12 orang Jawa, 3 orang Sumatera, 2 orang Sulawesi, 1 orang Kalimantan, 1 orang Nusa Tenggara, 1 orang Maluku, dan 1 orang peranakan Tionghoa, dengan Sukarno sebagai ketuanya. Namun, tanpa sepengetahuan Jepang, keanggotaan PPKI ditambah 6 orang lagi sehingga totalnya menjadi 27 anggota. Tujuan PPKI dibentuk untuk mempercepat semua upaya persiapan terakhir bagi pembentukan sebuah pemerintahan Indonesia merdeka. Sementara tugasnya, antara lain: meresmikan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 yang telah disepakati di level BPUPKI yakni : mempersiapkan pemindahan kekuasaan dari Jepang dan menyusun segala sesuatu terkait tata negara setelah Indonesia merdeka nanti.

Dengan demikian, peran Jepang dalam pembentukan dua lembaga tersebut sangat berbeda yakni Jepang masih mengawasi BPUPKI dengan menempatkan orang Jepang di lembaga tersebut. Sedangkan di PPKI peran serta Jepang sudah hampir tidak terlihat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved