Roboguru

Salah satu tindakan yang tidak tepat untuk menyikapi gejala pubertas adalah....

Pertanyaan

Salah satu tindakan yang tidak tepat untuk menyikapi gejala pubertas adalah....space 

  1. menjaga kebersihan organ reproduksi space 

  2. mendekatkan diri pada Tuhanspace 

  3. jarang berolahragaspace 

  4. mengonsumsi makanan bergizi space 

Pembahasan Soal:

Masa pubertas adalah masa ketika manusia mengc;ilami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Manusia akan mengalami perubahan primer dan sekunder pada masa pubertas. Perubahan primer adalah perubahan yang terjadi di dalarn tubuh manusia. Perubahan sekunder adalah perubahan fisik yang tampak pada tubuh. Titik puncak pertumbuhan manusia terjadi pada masa pubertas. Berikut cara menyikapi gejala pubertas:

  1. Dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Berdiskusi dengan orang tua saat mengalami gejala pubertas.
  3. Membaca buku yang membahas tentang gejala pubertas.
  4. Menjaga kebersihan organ reproduksi.
  5. Tidur secara terpisah dari orang tua dan saudara.
  6. Makan makanan bergizi.
  7. Pilih teman dan lingkungan bermain yang baik.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Zulaiha

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu perubahan pada masa pubertas adalah munculnya jerawat di wajah dan bau badan tak sedap. Bagaimana cara kita mengatasi masalah tersebut?

Pembahasan Soal:

Masa pubertas dialami oleh para remaja, baiklaki-laki maupun perempuan. Saat masa pubertas, terjadi . banyak perubahan bentuk fisik pada  diri mereka. Selain itu, terjadi peningkatan produksi hormon, baik hormon reproduksi maupun hormon pertumbuhan. Hal ini menyebabkan aktifnya kelenjar minyak dan keringat. Sehingga timbul jerawat dan bau tidak sedap pada tubuh. Jerawat terjadi ketika tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Cara mengatasi jerawat adalah dengan membasuh wajah dengan air bersih dan menggunakan sabun wajah agar kotoran dan bakteri hilang. Rajin membersihkan wajah agar tidak menimbulkan penumpukan minyak di kulit. Sedangkan bau badan terjadi saat tubuh banyak berkeringat, bakteri di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga bau badan pun menjadi tidak sedap. Oleh karena itu cara mecegah bau badan adalah dengan mandi sehari dua kali dengan air bersih agar bakteri tidak dapat berkembangbiak.space  

Roboguru

Tuliskan sebab-sebab seseorang mulai memiliki bau badan saat memasuki masa pubertas!

Pembahasan Soal:

Saat seseorang telah memasuki masa pubertas, kelenjar keringat dan kelenjar minyak telah aktif akibat pengaruh hormon. Bau badan pun muncul. Jika kebersihan badan tidak diperhatikan, akan banyak timbul masalah kesehatan, terutama masalah kulit. Di masa pubertas, kelenjar keringat akan bekerja lebih aktif dibanding biasanya. Hal ini mengakibatkan area tubuh seperti ketiak akan menghasilkan lebih banyak keringat yang umumnya berlemak. Produksi keringat yang berminyak tersebut sangat mudah mengundang bakteri untuk berkembang biak. Bakteri yang berkembangbiak akan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga timbul ketidaknnyamanan.

Jadi, sebab-sebab seseorang mulai memiliki bau badan saat memasuki masa pubertas yaitu aktifnya kelenjar keringat, kelenjar minyak dan aktivitas bakteri.space 

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini! Mengganti pakaian secara teratur. Mandi dua kali sehari. Olahraga secara teratur. Menggunakan celana yang terlalu sempit. Cara menjaga kebersihan ...

Pembahasan Soal:

Cara menjaga kebersihan tubuh dan organ reproduksi.yaitu mandi dengan air bersih dua kali sehari, gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan dapat menyerap keringat, membasuh organ reproduksi setelah buang air kecil, saat menstruasi, gunakan pembalut lembut dan ganti pembalut jika pembalut terasa lembap. Selain menjaga kebersihan tubuh, seseorang juga memerlukan olahraga agar tubuh bugar. Pada pernyataan 1 mengganti pakaian secara teratur merupakan pernyataan salah, seharusnya menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Pernyataan 2 dan 3 benar. Sedangkan pernyataan 4 salah karena menggunakan celana yang sempit akan mengganggu organ reproduksi dan mengakibatkan iritasi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Sebutkan hal-hal yang dapat dilakukan untuk menyikapi gejala pubertas !

Pembahasan Soal:

Titik puncak pertumbuhan manusia terjadi pada masa remaja yaitu pada saat memasuki masa pubertas.  Masa pubertas merupakan masa ketika manusia mengalami pertumbuhan yang pesat untuk mencapai kedewasaan. Masa pubertas ditandai dengan perubahan fisik, psikologis, dan biologis. Berikut ini cara menyikapi gejala pubertas:

  1. Dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Berdiskusi dengan orang tua saat mengalami gejala pubertas.
  3. Membaca buku yang membahas tentang gejala pubertas.
  4. Jagalah kebersihan organ reproduksi.
  5. Tidur secara terpisah dari orang tua dan saudara.
  6. Makan makanan bergizi.
  7. Pilih teman dan lingkungan bermain yang baik.
Roboguru

Agar organ reproduksi tetap sehat, maka kita harus menjaga kebersihan....

Pembahasan Soal:

Menjaga kesehatan sangat penting bagi tubuh, baik itu perempuan maupun laki-laki. Pada masa pubertas penting sekali untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Bagi remaja laki-laki maupun perempuan, menjaga organ reproduksi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, memakai handuk yang bersih, lembut, dan kering setelah mandi. Lalu, memakai pakaian dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Usahakan selalu mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari dan memakai pakaian dalam tidak terlalu ketat sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Khusus untuk perempuan yang sedang mengalami menstruasi hendaknya mengganti pembalut minimal dua kali sehari. Agar tidak terjadi penimbunan bakteri pada pembalut dan dapat menimbulkan penyakit pada organ reproduksi. Bila  organ reproduksi sehat, maka dapat beraktivitas dengan baik.

Jadi, agar organ reproduksi tetap sehat, maka kita harus menjaga kebersihan organ reproduksi setiap hari.space  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved