Roboguru

Salah satu peran bank sentral dalam sistem pembayaran sebagai fasilitator. Kegiatan yang dilakukan bank sentral dalam menjalankan peran sebagai fasilitator adalah ....

Pertanyaan

Salah satu peran bank sentral dalam sistem pembayaran sebagai fasilitator. Kegiatan yang dilakukan bank sentral dalam menjalankan peran sebagai fasilitator adalah .... space 

  1. mendorong terbentuknya self regulating organization space 

  2. menyiapkan petunjuk bagi bank umum melalui risiko manajemen space 

  3. menetapkan arah pengembangan sistem pembayaran secara nasional space 

  4. memastikan sistem pembayaran berlangsung secara tepat waktu space 

  5. menyelenggarakan sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) space 

Pembahasan Soal:

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia memiliki peranan yang penting dalam mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran. Diketahui terdapat lima peranan yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam system pembayaran, yaitu:

  1. Regulator, Bank Indonesia berperan dalam membuat peraturan-peraturan yang mendukung kelancaran system pembayaran. Seperti Peraturan BI (PBI) Nomor 14/23//PBI/2012 Tentang Transfer Dana, dll.
  2. Perizinan, Bank Indonesia berperan dalam memberikan izin terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam sistem pembayaran. Seperti izin terhadap lembaga yang akan melakukan kegiatan transfer dana, dll.
  3. Pengawasan, kegiatan pengawasan dilakukan terhadap proses pembayaran maupun terhadap aktivitas para pelaku yang terlibat di dalamnya.
  4. Operator, BI menyediakan layanan system pembayaran yaitu Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), selain itu BI menyediakan layanan sarana penatausahaan dan setelmen surat berharga berupa Bank Indonesia Scripless Securites Settlement System (BI-SSSS).
  5. Fasilitator, BI memfasilitasi pengembangan system pembayaran oleh industry yang bergerak dalam bidang jasa keuangan agar system pembayaran semakin aman dan efisien.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah C.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rachman

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia memiliki otonomi penuh dalam menjalankan tugas dan wewenangnya. Otonomi ini berarti ....

Pembahasan Soal:

Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang No. 23/1999 tentang Bank Indonesia. Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan Pemerint​​ah dan/atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga. space space 

Roboguru

Salah satu Kewenangan Bank Indonesia (BI) dalam menjalankan tugasnya, yaitu mengatur dan mengawasi bank-bank yang ada adalah ....

Pembahasan Soal:

Undang-Undang Nomor Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia menyatakan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas mengatur dan mengawasi bank, BI berwenang untuk menetapkan peraturan, memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan dan kegiatan usaha tertentu dari bank, melaksanakan pengawasan bank dan mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin Bspace 

Roboguru

Perhatikan pernyataan mengenai Bank Indonesia berikut! 1) Menentukan tingkat suku bunga 2) Menetapkan giro wajib minimum 3) Melaksanakan operasi pasar terbuka 4) Membuat peraturan pengenaan pajak 5)...

Pembahasan Soal:

Agar tujuan tercapai Bank Indonesia mempunyai tugas dan wewenang, yaitu:

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, Tugas bank sentral ini dilakukan dalam rangka mengendalikan jumlah uang beredar, agar tercipta kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa. Selain itu, kebijakan ini juga dapat dilaksanakan untuk mendorong perekonomian nasional. Dalam hal ini Bank Indonesia memiliki wewenang yaitu menetapkan sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi dan melakukan pengendalian  moneter operasi pasar terbuka, tingkat diskonto, cadangan wajib minimum dan pengaturan kredit atau pembiayaan baik secara konvensional maupun secara syariah.
  2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dalam hal ini Bank Indonesia berwenang untuk melaksanakan dan memberikan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran, mewajibkan penyelenggaraan jasa sistem pembayar

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.  undefined 

Roboguru

Salah satu wewenang bank sentral dalam mengatur dan menyelenggarakan sistem pembayaran adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia memiliki beberapa wewenang dalam rangka mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, yaitu:

  1. Melaksanakan dan memberikan persetujuan dan izin atas peyelenggaraan jasa sistem pembayaran.
  2. Mewajibkan penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan tentang kegiatannya.
  3. Menetapkan penggunaan alat pembayaran.

Disamping itu, BI juga diberi kewenangan untuk mengatur sistem kliring antar bank dalam mata uang rupiah atau valuta asing dan menetapkan macam, harga, ciri uang yang akan dikeluarkan, bahan baku yang digunakan dana tanggal mulai berlakunya sebagai alat pembayaran yang sah.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah C.space   

Roboguru

Kegiatan Bank Indonesia berupa menjual atau membeli surat berharga pemerintah dalam rangka mengendalikan jumlah uang beredar disebut ….

Pembahasan Soal:

Salah satu wewenang BI adalah menetapkan dan menerapkan kebijakan moneter. Operasi pasar terbuka (open market operation) adalah kebijakan yang dilakukan bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menjual atau membeli surat-surat berharga berupa obligasi/sertifikat berharga. Apabila bank sentral membeli surat berharga (open market buying) berarti bank sentral bermaksud untuk menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat. Sebaliknya, apabila bank sentral menjual surat berharga (open market selling) berarti bank sentral bermaksud mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved