Roboguru

Salah satu faktor yang mendorong bangsa Eropa melakukan ekspedisi pelayaran adalah mencari kekayaan. Faktor ini biasa disebut dengan istilah ...

Pertanyaan

Salah satu faktor yang mendorong bangsa Eropa melakukan ekspedisi pelayaran adalah mencari kekayaan. Faktor ini biasa disebut dengan istilah ...

  1. gold

  2. glory

  3. gospel

  4. glorius

Pembahasan Soal:

Dalam melakukan penjelajahan samudera bangsa barat memiliki motivasi besar yang termuat dalam semboyan gold, glory dan gospel. Adapun makna semboyan tersebut yakni:

  1. Gold artinya adalah kekayaan. Gold merupakan motif mencari kekayaan. Pada abad pertengahan, rempah-rempah merupakan komoditas utama perdagangan dunia. Negara-negara Eropa memiliki keadaan geografis dan astronomis yang tidak memungkinkan untuk menghasilkan rempah-rempah. Untuk mendapatkan keuntungan dan kekayaan yang berlimpah maka negara-negara Eropa mencari daerah-daerah jajahan yang dapat menghasilkan rempah-rempah sebagai komoditas perdagangan mereka.
  2. Glory artinya adalah kejayaan. Glory merupakan motif bangsa Eropa melakukan praktik kolonialisme dan imperialisme untuk membangun dan mengembalikan kejayaan yang dimiliki bangsa Eropa pada zaman dahulu.
  3. Gospel artinya adalah menyebarkan agama Kristen. Bangsa-bangsa Eropa menerapkan praktik kolonialisme dan imperialisme yang dilandasi motif menyebarluaskan  agama tertentu ke seluruh dunia yaitu agama Katolik dan Kristen.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved