Roboguru

Salah satu dampak positif vulkanisme adalah meningkatkan kesuburan tanah di wilayah sekitarnya. Faktor penyebab kondisi tersebut adalah....

Pertanyaan

Salah satu dampak positif vulkanisme adalah meningkatkan kesuburan tanah di wilayah sekitarnya. Faktor penyebab kondisi tersebut adalah....

  1. keluarnya abu vulkanik

  2. munculnya awan panas

  3. terjadinya banjir lahar dingin

  4. melimpahnya pasir dan batuan

  5. mengalirnya lava dari puncak gunung

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk jangka pendek, peristiwa vulkanisme lebih banyak memberikan dampak negatif bagi masyarakat yang ada di sekitar gunung api. Namun, ternyata untuk jangka panjang peristiwa vulkanisme dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Salah satu manfaat vulkanisme adalah meningkatkan kesuburan tanah di wilayah sekitarnya. Hal ini dikarenakan keluarnya abu vulkanik yang banyak menganduk mineral, diantaranya Besi (Fe), Aluminium (Al), Magnesium (Mg), dan Silika (Si). Keempat mineral tersebut adalah zat hara yang dapat membantu menyuburkan tanaman.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini beberapa dampak positif dari erupsi gunung api, kecuali....

Pembahasan Soal:

Letusan gunung berapi, jika sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup di sekitarnya. Meski begitu, letusan gunung berapi juga memiliki efek positif yang sangat berguna. Dampak positif dari letusan gunung berapi meliputi :

  1. Ketika gunung berapi meletus dan melepaskan abu vulkanik, abu tersebut dapat menyuburkan tanah pertanian di sekitarnya sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian penduduk. Kita tahu bahwa banyak orang yang tinggal di lereng gunung, bekerja sebagai petani dan perkebunan. Teh dan kopi adalah pertanian utama di lereng pegunungan.
  2. Meskipun hutan telah rusak, dalam beberapa bulan sehingga pohon-pohon menumbuhkan hutan baru akan membentuk ekosistem baru juga.
  3. Para penambang pasir mendapatkan pekerjaan baru untuk mendapatkan pasir di tepi lava dingin dan mereka dapat juga menghabiskan waktu istirhat mereka dengan bermain di MAHA168 situs judi online terpercaya se-Indonesia.
  4. Bahan vulkanik seperti pasir dan batu bisa digunakan sebagai bahan berfungsi sebagai bahan bangunan, dan lainnya.
  5. Area vulkanik yang memungkinkan sejumlah besar presipitasi orografis. Ini karena gunung adalah zona tangkapan hujan yang baik.
  6. Di area pembangkit listrik vulkanik yang memungkinkan, yang berasal dari energi panas di sekitar gunung berapi.
  7. Banyak air panas dan air yang digunakan untuk pariwisata.
  8. Ada banyak mineral yang berbeda seperti belerang, logam dan permata. Kita bisa menggunakan sebagai cara untuk menghasilkan pendapatan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Berikut ini beberapa dampak positif dari erupsi gunung api, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Dampak positif erupsi gunung api diantaranya:

  • abu vulkanik dapat menyuburkan tanah pertanian di sekitarnya
  • banyaknya bahan galian seperti pasir yang dapat dijadikan sebagai mata pencaharian
  • bahan vulkanik seperti pasir dan batu sebagai bahan bangunan
  • banyaknya sumber air panas yang dapat dijadikan objek wisata
  • area vulkanik yang memungkinkan sejumlah besar presipitasi orografis

 Dampak negatif akibat erupsi gunung api diantaranya

  • pencemaran udara akibat abu gunung api
  • material erupsi seperti bom, lapili dan pasir merusakan rumah, jembatan dan daerah pertanian
  • rusaknya vegetasi hutan pada lereng gunung akibat abu dan aliran lahar
  • hujan debu yang membatasi jarak pandang

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space  

0

Roboguru

Letusan gunung api dengan komposisi asam pada ribuan tahun yang lalu dapat membawa bencana yang dahsyat. Salah satu dampak akibat letusan ini yang dirasakan manusia saat ini ialah ....

Pembahasan Soal:

Letusan gunung api dengan komposisi asam pada ribuan tahun yang lalu dapat membawa bencana yang dahsyat. Letusan tersebut berdampak pula sangat besar pada relief muka bumi hingga terbentuknya morfologi khas dari sisa - sisa letusan tersebut. Dampak positif pun dirasakan oleh manusia pada zaman sekarang berupa tanah yang subur, turis manca negara yang melimpah hingga perekenomian menjadi lebih baik di kawasan tersebut.undefined 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Gejala gunung api: (1) intrusi magma; (2) ekstrusi magma; (3) erupsi eksplosif; (4) munculnya geyser; (5) erupsi areal. Gejala vulkanisme terdapat pada angka ....

Pembahasan Soal:

Gejala vulkanisme atau yang sering dikenal sebagai gejala gunung meletus dapat terjadi di luar ataupun di dalam perut bumi. Gejala vulkanisme yang terjadi di luar perut bumi atau yang dapat dilihat secara langsung adalah terjadinya gempa bumi vulkanik, turunnya hewan dari atas gunung, dan keluarnya awan panas. Sementara itu, gejala vulkanisme yang terjadi pada dalam perut bumi adalah terjadi intrusi magma dan ekstrusi magma. Ekstrusi magma berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi erupsi eksplosif (terjadinya ledakan magma) dan efusif (lelehan magma). Berdasarkan tempat erupsinya, erupsi terbagi menjadi tiga macam, yaitu erupsi sentral (lava keluar melalui lubang kepundan), erupsi linier (lava cair keluar melalui celah batuan dan membentuk plato), dan erupsi areal (magma keluar melalui lubang yang sangat luas). Sementara itu, munculnya sumber air panas dan gas seperti fumarol, geyser, dan mofet merupakan gejala yang muncul pasca kegiatan vulkanisme. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Jelaskan bentuk, tipe letusan, material hasil erupsi, dan dampak gunung api!

Pembahasan Soal:

Fenomena mengenai gunung api dipelajari dalam materi vulkanisme. Termasuk pula di dalamnya membahas tentang bentuk gunung api, tipe letusan, material hasil erupsi, dan dampak gunung api.

Bentuk Gunung Api

  1. Gunung Api Maar, terbentuk karena erupsi eksplosif yang meninggalkan kawah yang cukup besar. Contohnya Gunung Lamongan di Indonesia.
  2. Gunung Api Perisai, bentuknya relatif datar. Terbentuk karena erupsi efusif. Contohnya Gunung Kilauea di Hawaii.
  3. Gunung Api Kerucut, biasa juga disebut strato. Terbentuk dari erupsi campuran antara eksplosif dengan efusif. Contohnya Gunung Merapi, Gunung Raung, dan Gunung Merbabu.

Tipe Letusan Gunung Api

  1. Tipe saint vincent, skala letusan relatif sedang tetapi intensitasnya cukup tinggi. Lava yang keluar dari dapur magma yang dangkal bersifat kental.
  2. Tipe merapi, lava nya kental, tekanan gas cukup rendah, kedalaman magma dangkal
  3. Tipe hawaii, skala letusan relatif kecil tetapi intensitasnya cukup tinggi. Lava yang keluar bersifat cair.
  4. Tipe stromboli, lava sangat encer, tekanan gas sedang, dan kedalaman magma dangkal
  5. Tipe volkano, mengeluarkan material padat dan cair, memiliki dapur magma yang dangkal sampai dalam, dan tekanan yang sedang sampai tinggi.
  6. Tipe pelee, tekanannya besar karena adanya penyumbatan di puncak gunung api yang berbentuk seperti jarum.
  7. Tipe perret atau plinian, mengeluarkan material yang dapat menghancurkan puncak gunung sehingga meruntuhkan dinding kawah dan membentuk kaldera.

Material Hasil Erupsi

  1. Material padat/eflata berupa bom (bongkahan batu besar), lapili (batu-batu kerikil yang lebih kecil), dan tuff (dikenal juga dengan ash atau abu vulkanik).
  2. Material cair/efusifa berupa lava (magma yang meleleh) dan lahar (lava yang sudah bercampur dengan material lain di sekitar kawah).
  3. Material gas/ekshalasi berupa mofet (gas karbondioksida), fumarol (uap air yang panas), solfatar (gas belerang), dan awan panas.

Dampak Gunung Api

  1. Dampak positif berupa terbentuknya wisata lama yang sangat menarik dari hasil proses vulkanisme, lahan di sekitar gunung api lama kelamaan akan menjadi semakin subur, dan menghasilkan bahan galian tambang berupa bahan bangunan bahkan emas dan intan.
  2. Dampak negatif berupa kerusakan akibat gempa saat letusan gunung api terjadi, timbulnya korban jiwa, kerugian materi, dan terbentuknya lereng terjal yang menghambat aktivitas pertanian.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved