Roboguru

Salah satu daerah dengan populasi ternak sapi potong terbesar ditemukan di daerah ....

Pertanyaan

Salah satu daerah dengan populasi ternak sapi potong terbesar ditemukan di daerah ....  

  1. Sumatra Barat  

  2. Sumatra Utara  

  3. Sulawesi Selatan  

  4. Nusa Tenggara Barat  

  5. Banten  

Pembahasan Soal:

Menurut Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2016, ternak dapat dikelompokkan menjadi kelompok ternak besar, ternak kecil, ternak unggas, dan aneka ternak. Ternak sapi potong termasuk dalam kelompok ternak besar. Selain sapi potong, ternak besar juga terdiri atas ternak sapi perah, kerbau, dan kuda. Populasi ternak sapi potong terbesar ditemukan di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jenis ternak yang belum lama didomestikasi dan diharapkan sebagai hasil bahan pangan berprotein tinggi. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....

Pembahasan Soal:

Hewan ternak adalah hewan-hewan liar yang telah mengalami proses domestikasi atau penjinakan. Domestikasi berasal dari kata bahasa Latin Domesticus. Proses domestikasi adalah serangkaian proses penjinakan hewan atau tumbuhan liar untuk dapat hidup di bawah kendali manusia. Tujuan utama dari proses domestikasi adalah untuk menjaga ketersediaan pangan yang dibutuhkan dalam kelangsungan hidup manusia. 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Penduduk Nusa Tenggara Timur dan Pulau Bima sebagian bermata pencaharian sebagai peternak. Aktivitas penduduk tersebut didukung oleh adanya sumber daya ....

Pembahasan Soal:

Daya dukung lahan pengembangan ternak tergantung pada kondisi alam dan lokasi peternakan. Topografi lahan berhubungan dengan suhu, kelembaban udara dan jenis tanaman yang tumbuh secara alami. Yusuf dkk (2014) dalam penelitiannya berjudul "Karakteristik Wilayah Pengembangan Sapi Pedaging di Provinsi Nusa Tenggara Timur" menyebutkan  karakteristik wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) baik dikembangkan sektor peternakan. Karakteristik geografis NTT didominasi wilayah berbukit, berbatu dan berupa lahan kering yang merupakan faktor penentu bagi sapi Bali, Sumba Ongole (SO) dan sebagian kecil sapi Madura (Pulau Flores).

Provinsi NTT merupakan salah satu daerah paling prospektif untuk pengembangan ternak sapi pedaging secara nasional. Ketersediaan pakan melimpah memungkinkan untuk mendukung populasi sapi mencapai 2,6 juta ekor. Keelimpahan pakan ternak berupa rerumputan berkaitan dengan kondisi topografis dan kondisi iklim yang ada. Wilayah dengan iklim kering dan curah hujan rendah cenderung ditumbuhi jenis rerumputan. Hal ini disebabkan jenis rerumputan mampu bertahan pada kondisi tersebut. Total populasi sapi pedaging NTT termasuk peringkat empat terbanyak di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Salah satu wilayah Indonesia yang terkenal dengan sapi khasnya yakni sapi Bima adalah Provinsi ….

Pembahasan Soal:

Pada tahun 2014, peternakan besar di Indonesia didominasi oleh ternak sapi potong sebanyak 87%. Provinsi yang paling banyak menghasilkan hewan ternak jenis ini adalah Jawa Timur, Jawa tengah, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Bima itu berada di Nusa Tenggara Barat, wilayah tersebut dikenal sebagai daerah penghasil sapi dengan kualitas baik yang dikenal dengan Sapi Bima.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

0

Roboguru

Berikut ini yang bukan termasuk hewan ternak besar adalah ....

Pembahasan Soal:

Peternakan adalah segala aktivitas manusia yang berhubungan dengan memelihara hewan ternak yang dapat diambil manfaatnya dari hewan tersebut guna memenuhi kebutuhan hidup. Ternak besar adalah peternakan yang diusahakan dengan memelihara hewan yang berukuran besar. Hewan yang digolongkan ternak besar, yaitu kuda, kerbau, dan sapi (lembu) termasuk sapi potong dan sapi perah.

Berdasarkan penyataan diatas yang tidak termasuk ternak besar adalah domba, karena domba termasuk kedalam ternak kecil.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Wilayah Nusa Tenggara cocok dijadikan daerah peternakan besar, sebab....

Pembahasan Soal:

Peternakan Hewan Besar merupakan peternakan yang membudidayakan hewan-hewan bertubuh besar, seperti sapi, kuda, dan kerbau. Ternak hewan-hewan bertubuh besar diambil manfaatnya dalam bentuk susu, daging, kulit, dan tenaganya sebagai alat transportasi. Wilayah Nusa Tenggara sangat cocok untuk budidaya peternakan besar sebab iklimnya yang kering sangat cocok serta banyak terdapat padang rumput yang luas sebagai sumber makanannya.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved