Roboguru

Salah satu bukti sejarah adanya hubungan harmonis antara pemerintah dan kaum brahmana di Kerajaan Kutai adalah ...

Pertanyaan

Salah satu bukti sejarah adanya hubungan harmonis antara pemerintah dan kaum brahmana di Kerajaan Kutai adalah ...

  1. adanya bangunan suci wakprakeswara di Kerajaan Kutai

  2. kaum brahmana memegang peran penting dalam upacara keagamaan

  3. kaum brahmana mendapat kedudukan teratas dalam stratifikasi masyarakat Hindu

  4. Raja Mulawarman memberikan sedekah 20.000 ekor sapi untuk kaum brahmana

  5. adanya yupa berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta yang isinya hanya dimengerti kaum brahmana

Pembahasan Soal:

Salah satu bukti sejarah  yang menyatakan adanya  hubungan harmonis antara Raja Mulawarman dan golongan brahmana di Kerajaan Kutai tertuang di salah satu dari 7 Prasasti Yupa yang merupakan bukti sejarah dari kerajaan Kutai. Salah satu prasasti yupa menjelaskan mengenai raja Mulawarman, raja yang mulia dan terkemuka, yang telah memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para brahmana yang dilakukan di dalam tanah yang suci atau Waprakeswara.

Dengan demikian, maka jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan bahwa kaum brahmana dalam kehidupan sosial masyarakat Kutai memiliki kedudukan yang istimewa ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai berdiri pada tahun 350 Masehi. Kerajaan tertua di Indonesia ini didirikan oleh Kundungga dengan gelar Maharaja Kundungga Anumerta Dewawarman. Sumber sejarah Kerajaan Kutai tertulis dalam sebuah prasasti bernama Prasasti Yupa. Prasasti Kerajaan Kutai ini diyakini dibuat pada abad ke-4 dan sebanyak tujuh Prasasti Yupa berhasil ditemukan dan dianalisis oleh ahli arkeolog pada tahun 1879 dan 1940. Yupa adalah sebuah batu yang digunakan sebagai tugu peringatan yang dibuat oleh para brahman atas kedermawanan Mulawarman menyumbang 20.000 ekor sapi kepada kaum Brahmana.

Bukti bahwa kaum Brahmana dalam kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Kutai memiliki kedudukan yang istimewa adalah dengan dihadiahkannya 20.000 ekor sapi tersebut kepada kaum Brahmana di tempat pemujaan Dewa Siwa yang sakral. Ketujuh Yupa tersebut menggunakan bahasa Sanskerta dengan huruf Pallawa. Dalam prasasti Yupa tersebut juga menceritakan silsilah Kerajaan Kutai yang pernah naik tahta menjadi raja, yaitu Kundungga, Aswawarman, dan Mulawarman.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kaum Brahmana memiliki kedudukan yang tinggi di kerajaan Kutai.

0

Roboguru

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari prasasti Yupa, Kerajaan Kutai mencapai puncak keemasannya pada masa pemerintahan .…

Pembahasan Soal:

Puncak kejayaan Kerajaan Kutai terjadi pada masa Raja Mulawarman. Di bawah kekuasaan Mulawarman, Kerajaan Kutai mengalami masa yang gemilang karena raja berhasil menyejahterakan rakyatnya. Dalam catatan prasasti Yupa, Raja Mulawarman mengadakan upacara kurban emas yang sangat banyak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.begin mathsize 14px style space end style 

0

Roboguru

0

Roboguru

Salah satu bentuk pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia tampak pada prasasti, seperti Yupa. Yupa peninggalan Kerajaan Kutai dibuat untuk ...

Pembahasan Soal:

Masa Sejarah di Indonesia ditandai dengan penemuan prasasti, yakni catatan yang ditulis di atas permukaan batu. Prasasti pertama dan tertua yang ditemukan di Indonesia adalah Prasasti Yupa. Prasasti yang berjumlah tujuh ini ditemukan dalam satu lokasi di Muara Kaman, daerah pedalaman Sungai Mahakam di Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur. Prasati Yupa merupakan kesatuan prasasti yang masing-masing dipahatkan pada sebuah tiang batu andesit (monolit) yang disebut Yupa. Adapun penulisan prasasti ini diperkirakan berangka tahun 500 Masehi di Kerajaan Kutai dengan menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta.

Kandungan dalam ketujuh prasasti ini menggambarkan kebaikan, kemurahan dan kedermawanan Raja Mulawarman. Meskipun pada beberapa isi yang lain sempat disinggung silsilah, akan tetapi kandungan yang tersurat di dalamnya menceritakan tentang betapa dermawannya Raja Mulawarman. Lebih lanjut dikatakan, bahwa kebaikan raja misalnya sedekah 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana, pendirian Tugu Yupa sebagai peringatan kebesaran Raja Mulawarman, dan persembahan-persembahan lain berupa air, keju, dan minyak wijen kepada para Brahmana.

Jadi, opsi jawaban paling benar adalah B.

0

Roboguru

Dalam prasasti Yupa disebutkan seorang putra Kerajaan Kutai yang paling termasyur berhasil membawa kemakmuran bagi rakyatnya dan dikenal sebagai wangsarkerta, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Prasasti Yupa adalah sebuah prasasti yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Kutai. Terdapat tujuh buah yupa yang memuat prasasti, namun baru 4 yang berhasil dibaca dan diterjemahkan. Prasasti Yupa menjelaskan beberapa hal, diantanya yakni sebagai berikut.

  1. Maharaja Asmawarman dengan gelar Wangsakerta dan Dewa Ansuman : di dalam Prasasti Yupa menceritakan bahwa Raja Aswawarman merupakan raja yang sangat cakap dan kuat. Raja Aswawarman pada pemerintahannya, melakukan perluasan wilayah Kerajaan Kutai. Hal ini dibuktikan pada masanya, dilakukannya Upacara Asmawedha. Upacara-upara ini juga pernah dilakukan di India pada masa pemerintahan Raja Samudragupta.  Dalam upacara tersebut, dilakukan pelepasan kuda untuk menentukan batas kekuasaan Kerajaan Kutai.
  2. Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman) : raja Mulawarman merupakan anak dari Raja Mulawarman. Raja Mulawarman merupakan raja terbesar dari Kerajaan Kutai. Pada masa pemerintahannya, Raja Mulawarman yang membawa Kerajaan Kutai mencapai masa kejayaannya. Pada masa ini juga, rakyatnya hidup tentram dan sejahtera hingga, hinga Raja Mulawarman mengadakan upacara kurban emas yang sangat melimpah.

Dengan demikian dalam prasasti Yupa disebutkan seorang putra Kerajaan Kutai yang paling termasyur berhasil membawa kemakmuran bagi rakyatnya dan dikenal sebagai wangsarkerta, yaitu Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved