Roboguru

Raja Mulawarman memberikan.. . ekor sapi kepada ...

Pertanyaan

Raja Mulawarman memberikan.. . ekor sapi kepada ...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Isi Prasasti Kutai IV :

srimato nrpamukhyasya

rajnah sri-mulawarmmanah

danam punyatame ksetre

yad dattam vaprakesvare

dvijatibhyo' gnikalpebhyah.

vinsatir ggosahasrikam

tansya punyasya yupo 'yam

krto viprair ihagataih.

Artı Prasasti Kutai IV :

Sang Mulawarman, raja yang mulia dan terkemuka, telah memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para brahmana yang seperti api, (bertempat) di dalam tanah yang suci (bernama) Waprakeswara. Buat (peringatan) akan kebaikan budi sang raja itu, tugu ini telah dibuat oleh para Brahmana yang datang ke tempat ini.

Dengan demikian, Raja Mulawarman memberikan 20.000 ekor sapi kepada para brahmana.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana sistem pemerintahan Kerajaan Kutai?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-4 M. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan prasasti Yupa yang ditulis menggunakan huruf pallawa dan berbahasa sanskerta. Prasasti Yupa juga menjelaskan sistem pemerintahan Kerajaan Kutai secara singkat. Kerajaan Kutai pertama kali dipimpin oleh Kudungga yang selanjutnya digantikan oleh puteranya yang bernama Aswawarma dan selanjutnya digantikan oleh Mulawarman. Prasasti Yupa juga mencatat kurban 20.000 sapi yang dilakukan oleh raja Mulawarman untuk para brahmana. 

Dengan demikian, sistem pemerintahan Kerajaan Kutai bersifat kerajaan yang dipimpin oleh Kudungga, Aswawarman, dan Mulawarman secara berurutan.

0

Roboguru

Kegiatan ekonomi kerajaan Kutai meliputi peternakan, pertanian, dan ...

Pembahasan Soal:

Perekonomian kerajaan Kutai sangat bergantung dengan keberadaan Sungai Mahakam. Berdasarkan bukti yang ditemukan dapat diketahui bahwa perekonomian Kerajaan Kutai terletak di sektor perdagangan, pertanian, dan peternakan. Kerjaan Kutai sangat terkenal dengan hasil hutannya seperti getah kayu meranti, dammar, gaharu, rotan, batu permata, dan bulu-bulu burung yang indah. Komoditas tersebut diperdagangkan keluar melalui pelayaran di sepanjang Sungai Mahakam. Keberadaan 20.000 lembu yang digunakan oleh Raja Mulawarman untuk para brahmana yang tercantum dalam prasasti Yupa menunjukkan tentang adanya usaha peternakan yang dilakukan oleh masyarakat Kutai.

Dengan demikian, kegiatan ekonomi kerajaan Kutai meliputi peternakan, pertanian, dan perdagangan.

0

Roboguru

Apakah nama kerajaan pertama di Indonesia,ada dimana,dan apa nama prasastinya?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai didirikan oleh Maharaja Kudungga sekitar tahun 400 Masehi. Berdasarkan bukti atau prasasti sejarah yang ditemukan, Kerajaan bercorak Hindu ini adalah kerajaan tertua di Nusantara atau Indonesia. Puncak kejayaan Kerajaan Kutai Martapura terjadi pada masa pemerintahan Maharaja Mulawarman pada abad ke-4. Mulawarman adalah raja ke-3 Kutai Martapura, putra Aswawarman sekaligus cucu Kudungga. Kejayaan kerajaan yang terletak di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, pada era kepemimpinan Maharaja Mulawarman diceritakan dalam prasasti Yupa.

Dengan demikian, kerajaan pertama di Indonesia adalah kerajaan Kutai yang terletak di  tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur dengan bukti sejarahnya yaitu ditemukan prasasti Yupa.
 

0

Roboguru

Jelaskan kondisi sosial-budaya Kerajaan Kutai

Pembahasan Soal:

Dalam Prasasti Yupa tertulis bahwa masyarakat sudah banyak yang menganut agama Hindu, sehingga pola pengaturan kerajaan kepada masyarakat sangat teratur seperti pemerintahan Kerajaan India. Masyarakat di Kerajaan Kutai dapat menerima unsur budaya luar (India), namun tetap memelihara dan melestarikan budayanya sendiri.

  • Contohnya prasasti berbentuk Yupa yang menggunakan huruf Pallawa menunjukkan adanya pengaruh dari India Selatan.
  • Sedangkan Yupa sendiri merupakan bentuk perkembangan dari menhir, kebudayaan asli nenek moyang bangsa Indonesia zaman Megalitikum
  • Rakyatnya juga sudah melakukan upacara perhinduan salah satunya upacara Vratyastoma

 

Dengan demikian kehidupan sosial dan budaya Kerajaan Kutai sudah dipengaruhi kebudayaan Hindu seperti menganut agama Hindu, melakukan kegiatan perhinduan, dan melestarikan budaya Hindu.

0

Roboguru

Meskipun Kudungga menjadi raja pertama Kerajaan Kutai, tokoh yang dianggap sebagai pendiri wangsakerta adalah Raja....

Pembahasan Soal:

Ketika Asmawarman naik tahta, beliau dinobatkan sebagai raja dengan budaya Hindu. Penobatan raja diperkirakan dengan cara vratyastoma, yaitu pengangkatan seorang menjadi kasta yang tinggi (bangsawan). Raja Aswawarman disebut sebagai wangsakarta, yang bermakna pendiri kerajaan, Maksudnya, yaitu Aswawarman adalah raja yang pertama kalinya membentuk keluarga yang sudah berbudaya India. Sejak Aswawarman berkuasa di Kutai, budaya Hindu mulai memasuki kalangan keluarga kerajaan dan mempengaruhi corak kebudayaan dan kehidupan masyarakatnya. Aswawarman mempunyai tiga orang putra, namun putra yang paling terkenal dan terkemuka ialah Mulawarman. Pada sebuah Yupa diterangkan bahwa Raja Mulawarman adalah raja yang mulia dan terkemuka, yang telah memberi sedekah berupa 20.000 ekor sapi kepada para brahmana di tanah suci waprakeswara (tanah suci yang ditinggalkan untuk menyembah Dewa Syiwa). Tugu ini dibuat para brahmana untuk menghormati kebaikan Raja Mulawarman. Berdasarkan keterangan ini, diduga Kerajaan Kutai merupakan sebuah kerajaan yang cukup kaya dan makmur.undefined

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved