RoboguruRoboguru
SD

Saat terjadi angin puting beliung, Anda berada di luar ruangan dan jauh dari tempat perlindungan. Apa yang harus Anda lakukan?

Pertanyaan

Saat terjadi angin puting beliung, Anda berada di luar ruangan dan jauh dari tempat perlindungan. Apa yang harus Anda lakukan?

R. Dewi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Angin Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung dengan sebutan angin Leysus, dan di daerah Sumatra disebut Angin Bahorok. Pada umumnya angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari saat musim pancaroba. Ada beberapa cara sederhana untuk menghadapi angin puting beliung ketika jauh dari tempat perlindungan. Diantaranya cari tempat yang aman, ada baiknya tiarap di tempat yang rendah seperti, dekat saluran air dan sejenisnya. Tetap lindungi kepala dengan lengan. Usahakan jangan berlindung di bawah jembatan atau jalan layang. Hindari mengendarai kendaraan saat akan menghindar dari angin puting beliung. Ada baiknya turun dari kendaraan dan menyelamatkan diri. Waspadai terhadap benda benda yang diterbangkan angin puting beliung. Hal ini dapat menyebabkan kematian dan cedera serius.

64

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Fenomena angin puting beliung tidak terjadi secara tiba-tiba. Terdapat tanda-tanda jika akan terjadi angin puting beliung. Salah satu tandanya adalah ....

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia