Roboguru

Roeslan Abdul Gani adalah seorang ahli yang mendefinisikan sejarah sebagai sebuah ilmu yang meneliti tentang manusia dan masyarakat untuk menilainya secara kritis sehingga mempunyai manfaat yang dirasa besar dari sejarah, yang bertujuan untuk....

Pertanyaan

Roeslan Abdul Gani adalah seorang ahli yang mendefinisikan sejarah sebagai sebuah ilmu yang meneliti tentang manusia dan masyarakat untuk menilainya secara kritis sehingga mempunyai manfaat yang dirasa besar dari sejarah, yang bertujuan untuk....

  1. Mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia

  2. Sebagai pedoman untuk masa sekarang dan masa yang akan datang

  3. Kenyataan bahwa kehidupan manusia bergerak tidak pasti sebagai akibat keadaan manusia

  4. Manusia memiliki catatan-catatan penting sebagai sebuah cerita yang berarti

  5.  

    Mengetahui perubahan-perubahan tentang watak masyarakat

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah salah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta segala kejadian-kejadiannya. Dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan atau pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan. Ilmu sejarah ibarat penglihatan tiga dimensi yaitu penglihatan ke masa silam, ke masa sekarang dan masa yang akan datang. Dalam penyelidikan masa silam tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan-kenyataan masa sekarang yang sedang dihadapi dan sedikit banyak tidak dapat melepaskan diri dari perspektif masa depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengertian Sejarah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/18/210000769/pengertian-sejarah?page=all.
Penulis : Arum Sutrisni Putri
Editor : Arum Sutrisni Putri

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Sejarah menurut Roeslan Abdul Gani adalah salah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta segala kejadian-kejadiannya. Dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan atau pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan. Ilmu sejarah ibarat penglihatan tiga dimensi yaitu penglihatan ke masa silam, ke masa sekarang dan masa yang akan datang. Dalam penyelidikan masa silam tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan-kenyataan masa sekarang yang sedang dihadapi dan sedikit banyak tidak dapat melepaskan diri dari perspektif masa depan.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah B

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved