Iklan

Iklan

Pertanyaan

Reaksi redoks berikut berlangsung spontan. 2 Al ( s ) + 6 H + ( a q ) → 2 Al 3 + ( a q ) + 3 H 2 ​ ( a q ) Gambarkan rangkaian sel Volta yang berdasarkan reaksi tersebut. Tuliskan juga diagram (notasi) sel Volta tersebut.

Reaksi redoks berikut berlangsung spontan.
 

  
 

Gambarkan rangkaian sel Volta yang berdasarkan reaksi tersebut. Tuliskan juga diagram (notasi) sel Volta tersebut.

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sel volta (sel galvani) adalah sel elektrokimia di mana energi kimia dari reaksi redoks spontan diubah menjadi energi listrik. Prinsip kerja sel volta dalam menghasilkan arus listrik adalah aliran transfer elektron dari reaksi oksidasi di anode ke reaksi reduksi di katode melalui rangkaian luar. Secara umum sel volta terdiri dari: Anoda:elektrodatempat terjadinya reaksi oksidasi. Katoda: elektrodatempat terjadinya reaksi reduksi. Elektrolit : zat yang dapat menghantarkan listrik. Rangkaian luar: kawat konduktor yang menghubungkan anode dengan katode. Jembatan garam: rangkaian dalam yang terdiri dari larutan garam. Jembatan garam memungkinkan adanya aliran ion-ion dari setengah sel anodake setengah sel katoda, dan sebaliknya sehingga terbentuk rangkaian listrik tertutup. Larutan garam tersebut berfungsi dalam menetralkan muatan listrik kedua larutan Berikut merupakan cara untuk menentukkan elektroda yang berperan sebagai anoda dan katoda berdasarkan reaksi redoks. Menggunakan aturan bilangan oksidasi berikut dapat ditentukkan zat yang mengalami reaksi oksidasi dan reduksi. Bilangan oksidasi unsur bebas = 0 Bilangan oksidasi seluruh atom-atom dalam suatu ion sama dengan muatan ion tersebut logam sebagai katoda(mengalami reaksi reduksi) logam sebagai Anoda (mengalami reaksi oksidasi) Berikut adalah gambar rangkaian alat pada sel volta dan : Selanjutnya, penulisan notasi sel volta diawali dari anoda yang ditulis di sebelah kiri yang dipisahkan oleh satu garis sejajar (I) sebagai batas fasa, kemudian terdapat dua garis sejajar (II) yang memisahkan anoda dan katoda serta diakhiri dengan katoda di sebelah kanan yang dibatasi pulasatu garis sejajar (I) sebagai batas fasa. Berikut merupakan notasi sel volta dari dan : Jadi, notasi sel volta sebagai berikut dengan rangkaian sel volta dapat dilihat di bawah ini.

Sel volta (sel galvani) adalah sel elektrokimia di mana energi kimia dari reaksi redoks spontan diubah menjadi energi listrik. Prinsip kerja sel volta dalam menghasilkan arus listrik adalah aliran transfer elektron dari reaksi oksidasi di anode ke reaksi reduksi di katode melalui rangkaian luar.

Secara umum sel volta terdiri dari:

  • Anoda:elektroda tempat terjadinya reaksi oksidasi.
  • Katoda: elektroda tempat terjadinya reaksi reduksi.
  • Elektrolit : zat yang dapat menghantarkan listrik.
  • Rangkaian luar: kawat konduktor yang menghubungkan anode dengan katode.
  • Jembatan garam: rangkaian dalam yang terdiri dari larutan garam. Jembatan garam memungkinkan adanya aliran ion-ion dari setengah sel anoda ke setengah sel katoda, dan sebaliknya sehingga terbentuk rangkaian listrik tertutup. Larutan garam tersebut berfungsi dalam menetralkan muatan listrik kedua larutan

Berikut merupakan cara untuk menentukkan elektroda yang berperan sebagai anoda dan katoda berdasarkan reaksi redoks. Menggunakan aturan bilangan oksidasi berikut dapat ditentukkan zat yang mengalami reaksi oksidasi dan reduksi.

  • Bilangan oksidasi unsur bebas = 0
  • Bilangan oksidasi seluruh atom-atom dalam suatu ion sama dengan muatan ion tersebut

  • logam H subscript 2 sebagai katoda (mengalami reaksi reduksi)
  • logam Al sebagai Anoda (mengalami reaksi oksidasi)

Berikut adalah gambar rangkaian alat pada sel volta H subscript 2 dan Al:

 

Selanjutnya, penulisan notasi sel volta diawali dari anoda yang ditulis di sebelah kiri yang dipisahkan oleh satu garis sejajar (I) sebagai batas fasa, kemudian terdapat dua garis sejajar (II) yang memisahkan anoda dan katoda serta diakhiri dengan katoda di sebelah kanan yang dibatasi pula satu garis sejajar (I) sebagai batas fasa. Berikut merupakan notasi sel volta dari  H subscript 2 dan Al

2 Al space I space 2 Al to the power of 3 plus sign space parallel to 3 H subscript 2 space I space 6 H to the power of plus sign

Jadi, notasi sel volta sebagai berikut 2 Al space I space 2 Al to the power of 3 plus sign space parallel to 3 H subscript 2 space I space 6 H to the power of plus sign dengan rangkaian sel volta dapat dilihat di bawah ini.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

celine rawles

Pembahasan lengkap banget

Satriyo wibisono

Mudah dimengerti Makasih ❤️

MAHARANi

Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Alya Widya Ananta

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

[XTKRO]MEZI RAMADHONA

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️ Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan rangkaian sel Volta berikut! A. Tentukan elektroda yang bertindak sebagai katoda dan anoda! B. Tentukan reaksi redoks dalam selnya! C. Tuliskan notasi selnya!

50

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia