Roboguru

Reaksi berikut dapat berlangsung, kecuali reaksi antara....

Pertanyaan

Reaksi berikut dapat berlangsung, kecuali reaksi antara....

  1. larutan KI dengan gas Br2

  2. larutan KI dengan gas Cl2

  3. larutan KCI dengan gas Br2

  4. larutan KBr dengan gas Cl2

  5. lautan KCl dengan gas F2

Pembahasan Soal:

Daya oksidasi adalah daya untuk mengoksidasi unsur lain dan unsur yang mengoksidasi zat lain tersebut dinamakan oksidator. Pada golongan halogen daya oksidasi secara berurutan dari yang terbesar adalah F>Cl>Br>I.

Oleh karena itu, reaksi yang tidak dapat berlangsung adalah larutan KCI dengan gas Brkarena Br tidak bisa memiliki kekuatan oksidasi yang lebih besar dari Cl.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di bawah ini yang merupakan reaksi yang berlangsung spontan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada suatu halogen berlaku karakteristik berikut.

  1. daya pengoksidasi halogen semakin ke bawah semakin kecil
  2. daya pereduksi halida semakin ke bawah semakin besar.

Dari dua sifat itu artinya unsur di atasnya dapat mendesak unsur di bawahnya atau urutan pendesakannya adalah F>Cl>Br>I. Sehingga yang reaksinya berlangsung spontan adalah 2KCI+F2Cl2+2KF yakni F mendesak Cl dari KCl, karena F berada di atas Cl maka reaksi tersebut spontan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Tentukan reaksi yang dapat berlangsung di antara reaksi berikut.

Pembahasan Soal:

Unsur halogen adalah merupakan oksidator kuat, artinya unsur golongan halogen memiliki daya oksidasi yang kuat untuk mengoksidasi unsur lain. Daya oksidasi unsur halogen akan semakin bertambah dalam satu golongan dari bawah ke atas. Sehingga, unsur halogen yang paling besar daya oksidasinya adalah F. Berikut urutan daya oksidasi unsur halogen:

F subscript 2 greater than Cl subscript 2 greater than Br subscript 2 greater than I subscript 2

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Br subscript 2 tidak dapat mengoksidasi KCl karena unsur Cl memiliki daya oksidasi yang lebih besar dari Br, dan Cl subscript 2 dapat mengoksidasi KI karena daya oksidasi Cl lebih besar dari I.

Maka, reaksi yang dapat berlangsung adalah:space


2 K I left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus Cl subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields 2 K Cl left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus I subscript 2 left parenthesis italic a italic q right parenthesis

0

Roboguru

Reaksi yang tidak mungkin terjadi adalah

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur halogen merupakan oksidator kuat. Dari atas ke bawah (F, Cl, Br, I), sifat daya pengoksidasi halogen semakin berkurang. Hal ini disebabkan afinitas elektronnya semakin berkurang sebagaimana meningkatnya jari-jari atom dan menurunnya muatan inti efektif. Oleh karena itu, apabila unsur halogen yang berada diatas, misalnya F2 direaksikan dengan ion halida yang berada dibawahnya, misalnya ion Cl-, maka halogen tersebut dapat mendesak ion halida dari senyawanya. 

F subscript 2 open parentheses g close parentheses and H Cl open parentheses aq close parentheses yields 2 H F open parentheses aq close parentheses and Cl subscript 2 open parentheses g close parentheses

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Tuliskan persamaan reaksi yang terjadi jika gas klorin dialirkan ke dalam larutan kalium iodida.

Pembahasan Soal:

Persamaan reaksi kimia adalah pernyataan yang ditulis dengan rumus kimia yang memberikan informasi identitas dan kuantitas zat-zat yang terlibat dalam suatu perubahan kimia ataupun fisika. Semua zat yang terlibat dalam reaksi yang jumlahnya berkurang setelah reaksi, disebut pereaksi (reaktan), ditempatkan di sebelah kiri tanda panah yang mengarah ke kanan. Pada sebelah kanan tanda panah terdapat hasil reaksi (produk), yakni semua zat yang dihasilkan dari reaksi.

Reaksi yang terjadi jika gas klorin dialirkan ke dalam larutan kalium iodida adalah sebagai berikut.

Cl subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and 2 K I left parenthesis italic a italic q right parenthesis yields 2 K Cl left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus I subscript 2 open parentheses italic g close parentheses 

Reaksi yang terjadi adalah reaksi redoks dimana klorin mengalami reduksi dan kalium iodida mengalami oksidasi. Gas klorin dapat mengoksidasi ion iodida karena gas klorin memiliki daya oksidasi yang lebih besar.

Jadi, reaksi yang terjadi jika gas klorin dialirkan ke dalam larutan kalium iodida sesuai penjelasan di atas.

0

Roboguru

Halogen yang memiliki sifat reduktor terkuat adalah .…

Pembahasan Soal:

Unsur logam alkali mudah mengalami oksidasi, maka memiliki sifat sebagai reduktor. Sedangkan unsur halogen mudah mengalami reduksi, maka memiliki sifat sebagai oksidator. Jika dilihat pada sifat-sifat halogen yang berperan sebagai oksidator kuat dalam suatu reaksi redoks, yang berarti dalam suatu reaksi redoks terdapat sifat sifat halogen yang sebagai oksidator (kenaikan /penambahan biloks) seperti F subscript 2 greater than space Cl subscript 2 greater than space Br subscript 2 space greater than space I subscript 2 dan sebagai reduktor (penurunan/pengurangan bilok )seperti F to the power of minus sign less than space Cl to the power of minus sign less than space Br to the power of minus sign less than space I to the power of minus sign, jika yang ditanya adalah reduktor yang terkuat adalah I to the power of minus sign.

Jadi jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved