Roboguru

Rangkuman teks laporan hasil observasi di atas adalah ....

Pertanyaan

Rangkuman teks laporan hasil observasi di atas adalah ....  

  1. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah salah satunya adalah Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan menjadi habitat berbagai jenis ikan.  

  2. Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut salah satunya adalah Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan menjadi habitat berbagai jenis ikan.  

  3. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah salah satunya adalah Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan menjadi habitat berbagai jenis ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa.  

  4. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah salah satunya adalah Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken.  

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang disusun berdasarkan hasil pengamatan suatu objek, peristiwa, dan sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rangkuman adalah ringkasan; ikhtisar (dari uraian) dan sebagainya.

Langkah-langkah membuat rangkuman sebagai berikut.

  1. Membaca bacaan secara saksama
  2. Menentukan ide pokok setiap paragraf
  3. Menyusun ide pokok yang telah ditentukan
  4. Menyunting rangkuman

Untuk dapat menyusun rangkuman tersebut, kita harus membaca teks dan menentukan unsur utama setiap kalimat pada teks.

  • Kalimat  pertama: Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut
  • Kalimat kedua: Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah.
  • Kalimat ketiga: Salah satu contoh biota laut adalah terumbu karang.
  • Kalimat keempat: Banyak jenis terumbu karang di Taman Nasional Bunaken.
  • Kalimat kelima: Terumbu karang hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari.
  • Kalimat keenam: Taman Laut Bunaken dihuni beragam jenis ikan.

Susunan kalimat tersebut, kita rangkai dan akan membentuk rangkuman sebagai berikut.
“Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah salah satunya adalah Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan menjadi habitat berbagai jenis ikan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ringkasan yang tepat sesuai teks  tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Ringkasan adalah presentasi dari kejadian atau peristiwa yang panjang disajikan secara singkat, padat dan jelas. Ringkasan teks yang terdiri dari dua paragraf tersebut, harus mencakup ide pokok dari masing-masing paragraf.

Ringkasan yang tepat adalah "Semua orang bisa menjadi reporter di era digitalisasi ini walaupun tidak berprofesi sebagai wartawan dan berbagai informasi dapat diwartakan terutama hal-hal positif yang unik, khas, dan menarik". Kalimat tersebut tepat karena terdapat ide pokok paragraf satu dan dua.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Buatlah rangkuman berdasarkan isi teks laporan hasil observasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Rangkuman adalah ringkasan dari poin-poin penting dalam teks. Adapun berikut langkah-langkah merangkum teks laporan hasil observasi:

  • Mendaftar kata-kata kunci pada teks.
  • Menemukan kalimat utama dan ide pokok setiap paragraf.
  • Menentukan gagasan pokok setiap paragraf.
  • Menyusun ringkasan dengan informasi-informasi penting yang didapatkan dengan bahasa sendiri.

Gagasan pokok paragraf pertama adalah berjalan kaki sebagai olahraga, gagasan pokok paragraf pertama adalah orang yang tidak suka berjalan kaki, dan gagasan pokok paragraf ketiga adalah manfaat berjalan kaki.

Dengan demikian, rangkuman berdasarkan isi teks laporan hasil observasi tersebut adalah sebagai berikut:

Jalan kaki adalah olahraga yang murah dan ringan karena tidak membutuhkan biaya dan dapat dilakukan dengan santai. Berjalan kaki selama tiga puluh menit secara teratur adalah rutinitas yang baik untuk kesehatan tubuh. Orang yang tidak suka berjalan kaki biasanya adalah para pekerja kantoran yang memiliki sedikit aktivitas, sehingga gaya hidup mereka kurang aktif. Orang dengan gaya hidup seperti ini berisiko menderita berbagai macam penyakit, seperti obesitas, diabetes, maupun penyakit jantung. Dengan berjalan kaki, risiko terkena penyakit-penyakit tersebut dapat dikurangi.space 

0

Roboguru

Apa kesimpulan teks laporan hasil observasi "lndahnya Teratai" tersebut?

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang disusun berdasarkan hasil pengamatan suatu objek, peristiwa, dan sebagainya.

Untuk membedakannya dengan teks lain, teks laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Disusun berdasarkan hasil penelitian
  • Disusun berdasarkan fakta
  • Bersifat objektif
  • Membahas sesuatu secara detail
  • Disusun secara lengkap

Kesimpulan yang dapat diambil dari teks laporan hasil observasi berjudul Ïndahnya Teratai"adalah bahwa teratai merupakan tanaman air populer yang memiliki banyak manfaat, jjenis-jenis, dan ciri-ciri yang unik.
Berikut beberapa bukti berdasarkan paragraf di atas, terkait kesimpulan tersebut:

  • Manfaat teratai:
    Bunga teratai memiliki banyak manfaat. Teratai dapat menjaga ekosistem air. Tumbuhan kelompok teratai dapat tumbuh beberapa sentimeter di bawah permukaan air. Bentuk daunnya yang Iebar membantu menaungi air sehingga mengurangi pertumbuhan alga. Banyak ikan suka bersembunyi di bawah daun-daun teratai. Selain itu, keindahan bunga teratai menjadi hiasan yang menyejukkan pandangan karena kolam yang indah dan asri. Dengan demikian, banyak keuntungan yang diperoleh dengan memanfaatkan teratai sebagai elemen dekoratif. Tentu saja elemen dekoratif ini digunakan untuk keperluan desain eksterior.
  • Jenis-jenis teratai:
    Ada banyak jenis atau ragam teratai. Teratai Gladstone memiliki bunga berwarna putih dan beraroma harum. Daunnya hijau dengan tulang daun berwarna merah. Bentuk tanaman ini menyebar sekitar 1,2 m-2,4 m. Bunga teratai Charlene Strawn berwarna kuning dengan mahkota berbentuk bintang. Baunya sangat harum dan mudah dikembangbiakkan. Bunganya mekar di akhir pagi dan muncul di pertengahan petang. Teratai Fabiola memiliki bunga berwarna merah muda, beraroma sedikit harum, dan mudah berbunga di awal musim. Daunnya berukuran lebih kecil dibandingkan jenis teratai lain. Bunga ini cocok untuk menghiasi kolam kecil karena ukuran kelopaknya yang seragam dan tampak sederhana. Teratai James Brydon memiliki bunga berwarna merah mawar. Daunnya berwarna hijau tua hingga keunguan. Teratai Comanchen memiliki bunga berwarna kuning salem dan lama-kelamaan menjadi oranye. Daun mudanya berwarna keunguan dan setelah tua menjadi hijau.
  • Ciri-ciri teratai:
    Teratai berbeda dengan lotus meskipun keduanya merupakan tanaman air. Teratai memiliki daun berbentuk bulat atau oval yang memiliki potongan segaris jari-jari daun, sedangkan daun lotus berbentuk bulat penuh. Daun teratai juga tidak seperti memiliki lapisan lilin layaknya lotus. Di samping itu, kelopak bunga teratai tidak lebih Iebar dari mahkota bunganya. Hal ini merupakan kebalikan dari lotus. Kita sebaiknya mengetahui terlebih dahulu perbedaan teratai dan lotus tersebut sebeum menjadikannya elemen dekoratif.
  • Kepopuleran teratai:
    Teratai yang memiliki nama ilmiah Nymphaea merupakan jenis tanaman air yang sangat populer dan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Tanaman ini diminati karena keindahannya, baik dari bentuk maupun warnanya. Bahkan, beberapa jenis teratai juga memiliki aroma yang menyenangkan. Bunga teratai biasanya mekar untuk beberapa hari saja. Namun, ada pula jenis teratai yang bunganya mekar sepanjang hari dan menguncup pada malam hari. 

0

Roboguru

Ringkasan yang tepat untuk bacaan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ringkasan adalah sebuah penyajian peristiwa atau kejadian yang panjang di sajikan secara singkat. atau juga, cara yang baik untuk memotong atau memangkas sajian sebuah hasil karangan yang panjang dan di sajikan dalam bentuk sajian yang singkat. 

Cara membuat ringkasan yang baik dan benar adalah :

  1. Membaca Naskah Asli. 
  2. Mencatat Gagasan Utama
  3. Mengadakan Reproduksi

Sesuai dengan ketentuan membuat ringkasa tersebut, maka ringkasan yang tepat untuk teks di atas adalah Komedo adalah bintik-bintik yang muncul pada kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Komedo dapat dicegah dengan rajin melakukan kegiatan mencuci muka dan  membersihkan wajah setelah makan makanan berminyak.

Dengan demikian, ringkasan yang tepat untuk teks di atas adalah Komedo adalah bintik-bintik yang muncul pada kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Komedo dapat dicegah dengan rajin melakukan kegiatan mencuci muka dan membersihkan wajah setelah makan makanan berminyak.space 

0

Roboguru

Simpulan dari paragraf atas adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi menjelaskan suatu objek atau fenomena yang didasari oleh hasil pengamatan.

Salah satu struktur teks laporan hasil observasi adalah simpulan. Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat simpulan paragraf:

  1. Membaca seluruh paragaf dengan saksama.
  2. Menentukan kalimat utama.
  3. Membuat simpulan.

Simpulan paragraf tersebut adalah “Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus corona. “ kata gejala-gejala tersebut merujuk pada “Gejala awal inveksi virus corona atau COVID-19 menyerupai gejala flu.”


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved