Roboguru

Rangkuman Sikap tentara sekutu dan Belanda terhadap kemerdekaan Indonesia

Pertanyaan

Rangkuman Sikap tentara sekutu dan Belanda terhadap kemerdekaan Indonesia

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Belanda tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia, dan berupaya kembali ke Indonesia dengan membonceng kedatangan pasukan Sekutu yang bertujuan melucuti pasukan Jepang dan mengembalikan pasukan Jepang ke negaranya. Belanda lalu mendirikan Netherlands Indies Civil Administration (NICA) atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda untuk membentuk kembali pemerintahan Hindia Belanda dan menjadikan kembali Indonesia sebagai wilayah jajahan Belanda. Belanda juga menguasai kota penting di Indonesia serta membentuk negara federal untuk memecah Indonesia dengan mendirikan negara boneka, seperti Negara Pasundan, Negara Indonesia Timur dan Negara Sumatera Timur. Puncak upaya Belanda ini adalah diluncurkannya dua serangan besar yaitu Agresi Militer I (Operatie Product) dan Agresi Militer II (Operatie Kraai). Sebagai akibat agresi ini, banyak wilayah Indonesia yang dikuasai militer Belanda, termasuk ibu kota Jakarta. Ini membuat Presiden Sukarno harus mengungsi ke Yogyakarta. Belanda baru mau mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949, setelah melalui kesepakatan dari Konferensi Meja Bundar di Den Haag, pada tanggal 3 Agustus - 2 November 1949. Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Belanda tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia, dan berupaya kembali ke Indonesia dengan membonceng kedatangan pasukan Sekutu yang bertujuan melucuti pasukan Jepang dan mengembalikan pasukan Jepang ke negaranya. Belanda lalu mendirikan Netherlands Indies Civil Administration (NICA) atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda untuk membentuk kembali pemerintahan Hindia Belanda dan menjadikan kembali Indonesia sebagai wilayah jajahan Belanda. Belanda juga menguasai kota penting di Indonesia serta membentuk negara federal untuk memecah Indonesia dengan mendirikan negara boneka, seperti Negara Pasundan, Negara Indonesia Timur dan Negara Sumatera Timur. Puncak upaya Belanda ini adalah diluncurkannya dua serangan besar yaitu Agresi Militer I (Operatie Product) dan Agresi Militer II (Operatie Kraai). Sebagai akibat agresi ini, banyak wilayah Indonesia yang dikuasai militer Belanda, termasuk ibu kota Jakarta. Ini membuat Presiden Sukarno harus mengungsi ke Yogyakarta. Belanda baru mau mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949, setelah melalui kesepakatan dari Konferensi Meja Bundar di Den Haag, pada tanggal 3 Agustus - 2 November 1949.  

Dengan demikian, sikap Belanda terhadap kemerdekaan proklamasi Indonesia adalah:

  1. Belanda awalnya tidak mengakui kemerdekaan Indonesia
  2. Belanda berupaya kembali ke Indonesia dengan membonceng Sekutu  
  3. Membentuk NICA untuk menjajah kembali Indonesia
  4. Membentuk negara boneka untuk memecah belah Indonesia  
  5. Melakukan serangan agresi militer untuk menguasai kembali Indonesia

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Siapa pemimpin pihak Sekutu di pertempuran Palembang?

Pembahasan Soal:

Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang merupakan peristiwa perlawanan tentara Indonesia (TRI) terhadap serangan komando Letnan Jenderal Carmichael bersama para tentara Belanda (NICA). yang terjadi selama lima hari berturut-turut sejak tanggal 1 hingga 5 Januari 1947. Upaya Belanda untuk menguasai kembali Indonesia ditempuh dengan tiga cara yaitu aksi militer, melakukan pembentukan negara boneka, dan menjaga agar Indonesia tetap berada di bawah kekuasaan mereka. Palembang merupakan salah satu wilayah strategis Indonesia yang menjadi tujuan Belanda untuk kembali mereka kuasai karena kekayaan alamnya serta potensi Palembang sebagai pusat pemerintahan, kekuatan militer, dan kegiatan politik maupun ekonomi di Sumatra Selatan. Sementara itu bagi rakyat Palembang, pertempuran ini menjadi momentum perjuangan mereka untuk mempertahankan tanahnya agar tindakan penjajahan tidak terulang kembali pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, pemimpin pihak Sekutu di pertempuran Palembang adalah Letnan Jenderal Carmichael.

0

Roboguru

Salah satu bukti Belanda ingin menjajah kembali Indonesia setelah kekalahan Jepang dalam Perang Asia Pasifik adalah Belanda ...

Pembahasan Soal:

Setelah Indonesia merdeka, bangsa ini mendapatkan berbagai tantangan. Salah satunya adalah kehadiran Belanda dalam rangka menjajah Indonesia kembali pasca kekalahan Jepang dalam Perang Asia Pasifik. Untuk itu, Belanda bekerja sama dengan Inggris agar dapat mengirimkan pasukannya ke Indonesia. Pada tanggal 29 September 1945, pasukan Inggris, yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) tiba di Jakarta untuk menjalankan berbagai tugas, seperti:

  1. menerima penyerahan Jepang,
  2. membebaskan para tawanan perang Jepang yang berasal dari Eropa,
  3. melucuti tentara Jepang dan mengumpulkan mereka untuk dipulangkan ke negara asal,
  4. menegakkan serta memelihara kondisi damai untuk setelahnya diberikan kepada pemerintahan sipil.

Namun, masyarakat mulai menaruh curiga ketika AFNEI membawa serta pasukan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang berisi para pegawai berkebangsaan Belanda. Kecurigaan ini semakin diperparah ketika NICA mempersenjatai kembali bekas anggota KNIL (Koninklijk Nederlands Indises Leger) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Hal ini semakin mengundang ketegangan rakyat Indonesia bahwa sejak awal Belanda memang berniat untuk menjajah Indonesia kembali.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Belanda ingin kembali berkuasa atas wilayah Indonesia. Jelaskan alasan Belanda ingin kembali berkuasa!

Pembahasan Soal:

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Belanda berusaha untuk berkuasa kembali di Indonesia. Hal ini dikarenakan sebagai pemenang Perang Dunia II, Sekutu memiliki hak atas kekuasaan pihak yang kalah dalam perang tersebut, salah satunya adalah wilayah Indonesia yang pernah berada pada pendudukan Jepang. Belanda sebagai salah satu anggota dari Blok Sekutu yang memenangkan Perang Dunia II merasa berhak untuk mendapatkan kembali wilayah Indonesia. Belanda juga tidak mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 karena menganggap pada saat itu Indonesia belum merdeka dan masih berada di bawah kekuasaannya. Dalam memuluskan jalannya tersebut, pasukan Inggris yang tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Nederlands East Indies) memboncengi pasukan Belanda, yaitu NICA (Netherlands Indies Civil Administration) dengan dalih menerima penyerahan kekuasaan dari Jepang dan membebaskan para tawanan perang. Namun, dalam perkembangannya, apa yang dilakukan pasukan Sekutu ini menyalahi tugasnya dan Belanda berusaha merebut kembali wilayah Indonesia dengan berbagai operasi militer, seperti Agresi Militer Belanda I dan II.

Jadi, alasan Belanda ingin kembali berkuasa di Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan adalah Belanda merasa berhak untuk mendapatkan kembali wilayah Indonesia setelah berada di bawah pendudukan Jepang. Belanda juga tidak mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 karena menganggap Indonesia masih berada di bawah kekuasaannya. space

0

Roboguru

Berakhirnya Perang Dunia Il ditandai dengan menyerahnya Jepang kepada Sekutu menjadi kunci emas bagi bangsa Indonesia untuk memproklamirkan kemerdekaan. Namun, bangsa Indonesia tidak secara langsung d...

Pembahasan Soal:

Setelah mengalami berbagai kekalahan berturut-turut dalam Perang Dunia II dan ditambah dengan dibom atomnya Hiroshima serta Nagasaki, akhirnya Jepang mengumumkan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 di kapal USS Missouri. Berita kekalahan Jepang ini segera dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun, setelah Indonesia merdeka, bangsa ini mendapatkan tantangan dari luar, yaitu datangnya kembali pihak Belanda melalui NICA (Nederlands Indies Civil Administration) dengan memboncengi AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Kedatangan pasukan Belanda ini bertujuan untuk menegakkan kembali penjajahan di Indonesia. Hal ini membuat Indonesia harus bersikeras untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan cara berjuang, baik melalui militer maupun diplomasi.

Jadi, bangsa Indonesia tidak secara langsung dapat menikmati hasil perjuangan dan kemerdekaannya karena Belanda berusaha untuk menegakkan kembali penjajahan di Indonesia lewat NICA. space

0

Roboguru

Jelaskan mengenai kedatangan Sekutu di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Setelah maslah dengan tentara Jepang sudah berhasil diatasi, bangsa Indonesia kemudian berhadapan dengan pasukan Sekutu dari Komando Asia Tengara atau South East Asia Command (SEAC) yang di bawah pimpinan Laksamana Lord Louis Mountbatten. Perwira pasukan Sekutu yang pertama kali datang ke Indonesia adalah Mayor Greenhalgh, dia melakuan terjun payung di lapangan udara Kemayoran pada tanggal 14 September 1945. Tugas Greenhalgh yaitu mempersiapkan pembentukan markas besar pasukan Sekutur di Jakarta.
Kedatangan Greenhalgh kemudian disusul dengan berlabuhnya kapal penjelajah Cumberland di Tanjung Priok pada tanggal 29 September 1945. Kapal itu membawa Panglima Skadron pemimpin Kapal Penjelajah V Inggris, yaitu seorang Laksamana Muda yang bernama W.R. Patterson. PasukanSekutu yang bertugas di Indonesia ini diberi nama Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) di bawah pimpinan Letnan Jenderal Sir Philip Christison.
Pada awalnya kedatangan pasukan Sekutu tersebut disambut baik oleh pihak Indonesia.Tetapi setelah pihak Indonesia mengeetahui maksud dari pasukan Sekutu (Inggris) datang dengan membawa orang-orang Belanda yang tergabung dalam Netherlands Indies Civil Administration (NICA), maka sikap bangsa Indonesia mulai berubah, yaitu memusuhi. Situasi keamanan kemudian menjadi tidak terkendali lagi.
Orang-orang NICA dan KNIL di Jakarta, Surabaya, dan Bandung mulai memancing kerusuhan dengan cara melakukan provokasi. Di kota-kota yang didatangi pasukan Sekutu sering terjadi insiden. Tentu saja kedatangan NICA di Indonesia tidak bisa diterima karena Indonesia sudah merdeka. Kedatangan NICA adalah sebuah ancaman bagi kemerdekaan Indonesia.
Oleh karena itu, timbul pertentangan antara pasukan Sekutu dan Belanda dengan rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih. Perjuangan rakyat Indonesia itu dilakukan baik dengan perjuangan bersenjata maupun perjuangan diplomasi.

Dengan demikian, kedatangan Sekutu di Indonesia berawal dari penyerahan tanpa syarat Jepang pada Sekutu. Jepang harus menyerahkan kekuasaanya pada Sekutu. Akhirnya pada 14 September 1945, Sekutu di bawah Mayor Greenhalgh mempersiapkan markas sekutu di Kemayoran. Disusul pada 29 September 1945 di bawah Letnan Jenderal Sir Philip Christison dengan nama pasukan AFNEI yang di boncengi NICA. Kehadiran Sekutu yang semula di terima perlahan mendapat kecaman dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Suarabaya, dan Bandung. Berbagai perjuangan baik bersenjata maupun diplomasipun dilakukan untuk mempertahankan kedaulatan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved