Roboguru

Ramalkan senyawa yang terbentuk pada reaksi berikut.

Pertanyaan

Ramalkan senyawa yang terbentuk pada reaksi berikut.

 space 

Pembahasan Soal:

Reaksi asilasi adalah reaksi substitusi atom H oleh gugus asil (-CO-R). Reaksi asilasi biasanya menggunakan halida asam seperti asetil klorida (CH3COCl) dan propanoil klorida (CH3CH2COCl) sebagai pereaksi dengan bantuan katalis aluminium klorida (AlCl3) mengasilkan senyawa aril keton.


 
 

Jadi, produk dari reaksi tersebut adalah etil fenil keton.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tentukan nama senyawa yang memiliki rumus molekul C6H5COOH. Apa kegunaan senyawa tersebut?

Pembahasan Soal:

    Nama senyawa yang memiliki rumus molekul C6H5COOH adalah asam benzoat. Azam benzoat disebut juga asam benzena karboksilat atau karboksibenzena.

    Asam benzoat merupakan senyawa turunan benzena yang berupa padatan kristal tidak berwarna dan mudah larut dalam air panas tetapi tidak larut dalam air dingin. Asam benzoat merupakan asam lemah.

    Kegunaan asam atau garam benzoat dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

  1. Pengawet makanan karena dapat menghambat pertumbuhan biang makanan cepat basi yaitu jamur, ragi, dan beberapa bakteri. Asam atau garam ini dipilih karena tidak memengaruhi cita rasa makanan yang diawetkan.
  2. Dalam bidang kesehatan digunakan sebagai pembasmi kuman.
  3. Digunakan dalam pasta gigi dan parfum.

    Asam benzoat aman digunakan sebagai pengawet makanan dan minuman dengan kadar yang ditetapkan yaitu 5 mg per kg berat badan per hari.

Jadi, nama senyawa yang memiliki rumus molekul C6H5COOH adalah asam benzoat serta manfaatnya sesuai dengan penjelasan di atas.space 

Roboguru

Margarin atau mentega mudah dioksidasi oleh bakteri atau oksigen di udara. Oksidasi ini menyebabkan margarin atau mentega menjadi tengik. Untuk memperlambat proses oksidasi tersebut, ke dalam margarin...

Pembahasan Soal:

a. BHT (butil hidroksi tulena) dan BHA (butil hidroksi anisol) digunakan sebagai zat antioksidan untuk mencegah bau tengik pada minyak goreng dan mentega. Penggunaan BHT dan BHA yang berlebihan pada makanan dapat menimbulkan reaksi alergi, terutama pada anak-anak.

b. Antioksidan adalah sifat dari berbagai senyawa yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat terbentuk di dalam maupun di luar tubuh. Contohnya adalah vitamin C dan vitamin E.

Jadi, zat antioksidan pada minyak goreng dan mentega adalah BHT dan BHA, sedangkan contoh lain dari zat antioksidan adalah vitamin C dan E.space 

Roboguru

Senyawa turunan benzena yang berwujud kristal putih dan mudah larut dalam alkohol serta digunakan sebagai antijamur pada bedak dan salep kulit adalah ....

Pembahasan Soal:

Metil salisilat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol dan digunakan untuk mengobati rasa nyeri otot dan nyeri sendi.

Asam salisilat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol namun sukar larut dalam air. Asam salisilat ini digunakan untuk campuran pada bedak dan salep sebagai zat antijamur serta sebagai obat berbagai penyakit kulit seperti kutu air dan panu.

Asam benzoat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol dan umumnya digunakan sebagai pengawet makanan dan minuman.

Asam Terftalat merupakan senyawa turunan benzena yang tidak larut dalam alkohol dan digunakan untuk zat campuran pembuatan serat dan botol plastik.

Asam asetil salisilat atau biasanya disebut aspirin merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol. Aspirin ini biasa digunakan untuk pereda nyeri (analgesik) dan anti inflamasi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Senyawa yang umum digunakan sebagai pengawet dalam makanan kemasan adalah ...

Pembahasan Soal:

Asam benzoat dalam bentuk garamnya, nipagin, dan nipasol digunakan sebagai zat pengawet makanan (saos, kecap, dan sirup) dan minuman. Asam benzoat tidak boleh digunakan secara berlebihan. Penggunaan asam benzoat dalam jumlah besar dapat menyebabkan hiperaktif pada anak dan pada beberapa orang dapat menimbulkan alergi. Adapun nipagin dan nipasol juga dapat menyebabkan alergi pada kulit dan mulut.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space 

Roboguru

Fenol dalam karbol atau lisol berfungsi untuk ...

Pembahasan Soal:

Dalam kehidupan sehari-hari, fenol digunakan untuk membuat karbol, suatu desinfektan untuk kamar mandi dan lantai. Desinfektan adalah sejenis zat kimia yang menghancurkan atau mengurangi pertumbuhan mikroorganisme patogen/parasit pada permukaan benda mati. Disinfektan tidak selalu bisa membunuh semua organisme, karena ada jenis mikroorganisme yang resistan.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved