Pertanyaan

Pusat keseimbangan dan koordinasi gerakan pada tubuh manusia adalah . . .

Pusat keseimbangan dan koordinasi gerakan pada tubuh manusia adalah  . . . 

  1. serebrumundefined 

  2. serebelumundefined 

  3. medula oblongataundefined 

  4. pons Varolundefined 

  5. medula spinalisundefined 

A. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Pusat keseimbangan dan koordinasi gerakan pada tubuh manusia adalah otak kecil (serebelum). Serebelum berkembang dari bagian dorsal metensefalon menjadi pusat keseimbangan dan koordinasi motor/gerakan. Serebelum menerima informasi dari otot dan telinga, memantau orientasi tubuh dalam ruang dan derajat kontraksi otot rangka atau memantau kedudukan posisi tubuh. Sementara itu: Serebrum (otak besar) berfungsi mengontrol perilaku yang telah dipelajari, pusat kesadaran, kecerdasan, ingatan, keinsafan, dan interpretasi kesan. Medula oblongata berfungsi mengatur denyut jantung, tekanan darah, gerakan pernapasan, sekresi ludah, menelan, gerak peristaltik, batuk, dan bersin. Pons Varol (jembatan varol) berfungsi membawa impuls dari hemisfer yang satu ke hemisfer yang lain, sehingga mengoordinasi gerakan otot pada kedua sisi tubuh. Medula spinalis (sumsum tulang belakang) berfungsi menghubungkan impuls dari dan ke otak, serta memberi alternatif jalan terpendek pada gerak refleks. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pusat keseimbangan dan koordinasi gerakan pada tubuh manusia adalah otak kecil (serebelum). Serebelum berkembang dari bagian dorsal metensefalon menjadi pusat keseimbangan dan koordinasi motor/gerakan. Serebelum menerima informasi dari otot dan telinga, memantau orientasi tubuh dalam ruang dan derajat kontraksi otot rangka atau memantau kedudukan posisi tubuh. Sementara itu:

  • Serebrum (otak besar) berfungsi mengontrol perilaku yang telah dipelajari, pusat kesadaran, kecerdasan, ingatan, keinsafan, dan interpretasi kesan.
  • Medula oblongata berfungsi mengatur denyut jantung, tekanan darah, gerakan pernapasan, sekresi ludah, menelan, gerak peristaltik, batuk, dan bersin.
  • Pons Varol (jembatan varol) berfungsi membawa impuls dari hemisfer yang satu ke hemisfer yang lain, sehingga mengoordinasi gerakan otot pada kedua sisi tubuh.
  • Medula spinalis (sumsum tulang belakang) berfungsi menghubungkan impuls dari dan ke otak, serta memberi alternatif jalan terpendek pada gerak refleks.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

914

Iklan

Pertanyaan serupa

Saat terjadi kecelakaan, kepala korban terbentur aspal. Dia ditolong pengguna jalan lainnya. Namun, saat berdiri dia berjalan sempoyongan dan akhirnya terjatuh. Kemungkinan besarbagian otak yang menga...

901

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia