Roboguru

Protoplasma sebuah sel merupakan suatu koloid yang di dalamnya dapat ditemukan molekul-molekul berukuran ....

Pertanyaan

Protoplasma sebuah sel merupakan suatu koloid yang di dalamnya dapat ditemukan molekul-molekul berukuran .... 

  1. 0,001 - 0,1 rnikron 

  2. 5 - 10 mikron 

  3. kurang dari 10 rnikron 

  4. 0,1 - 10 rnikron 

  5. lebih dari 10 mikron

Pembahasan Soal:

Protoplasma merupakan bagian hidup dari sebuah sel yang dikelilingi oleh membran plasma. Pada eukariota, protoplasma yang mengelilingi inti sel dikenal sebagai sitoplasma dan didalam inti sel sebagai nukleoplasma. Pada prokariota, bahan didalam membran plasma adalah sitoplasma bakteri, tetapi di dalam membran luar dinamakan periplasma. Sebagian besar molekul-molekul dalam protoplasma berukuran antara 0.001 mikron- 0.1 mikron, sehingga protoplasma merupakan sistem koloid. Selain itu, didalam protoplasma terdapat molekul-molekul yang berukuran cukup besar misalnya karbohidrat, protein, lemak dan beberapa senyawa lainnya dan ion- ion yang berukuran kecil.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Andriyani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sitoplasma adalah ….

Pembahasan Soal:

Sitoplasma adalah semua bagian dalam sel kecuali membran plasma dan nukleus. Sitoplasma berupa koloid. Pada sitoplasma terdapat matriks berbahan dasar cair yang disebut dengan sitosol dan berbagai organ kecil yang disebut dengan organel. Sifat-sifat kimia sitoplasma antara lain mengandung senyawa organik berupa karbohidrat, protein, lemak dan asam nukleat. Selain itu sitoplasma juga mengandung senyawa anorganik seperti air, garam-garam mineral, dan gas.

Jadi, sitoplasma adalah semua bagian dalam sel kecuali membran plasma dan nukleus.undefined   

0

Roboguru

Mikrotubul adalah polimer protein tubulin yang membentuk struktur rigid dari organel seperti axonema dan benang spindel. Mikrotubul juga menyediakan jalur untuk pergerakan protein motor dan memberi be...

Pembahasan Soal:

Ketidakstabilan dinamis mikrotubulus mengacu pada koeksistensi perakitan dan pembongkaran di ujung mikrotubulus. Mikrotubulus dapat secara dinamis beralih antara fase tumbuh dan menyusut di wilayah ini. Dimer tubulin dapat mengikat dua molekul GTP, salah satunya dapat dihidrolisis setelah perakitan. Selama polimerisasi, dimer tubulin berada dalam keadaan terikat GTP. GTP yang terikat pada -tubulin stabil dan memainkan fungsi struktural dalam keadaan terikat ini. Namun, GTP yang terikat pada -tubulin dapat dihidrolisis menjadi PDB segera setelah perakitan. Proses tersebut diregulasi oleh protein MAP. Microtubule-associated protein (MAP) merupakan golongan protein yang berperan pada perakitan mikrotubulus.

Dengan demikian, pernyataan di atas SALAH.space 

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh kerja sitoplasma terhadap kerja jaringan!

Pembahasan Soal:

Semua sel yang menyusun suatu jaringan memiliki sitoplasma. Sitoplasma dalam suatu sel berperan dalam memberi bentuk sel, jika tidak ada sel akan kempis dan rata; menjadi tempat mengamankan molekul seluler dan organel sel; melarutkan sisa metabolisme sel dan perantara memindahkan senyawa-senyawa dari luar sel ke dalam sel; dan tempat berlangsungnya reaksi kimia.

Dengan melihat peran sitoplasma yang sangat penting dalam suatu sel saja, tentu jika salah satu kinerja sel terganggu akan mengganggu kinerja jaringan secara keseluruhan. Contohnya terjadi akumulasi lemak berlebihan di sitoplasma maka berpengaruh ke metabolisme jaringan di hepar, bahkan dapat berakibat degenerasi hingga nekrosis. 

0

Roboguru

Perhatikan tabel di bawah ini! Berdasarkan data yang tersedia, tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S)! Atropi otot dapat mejadi akibat tidak langsung dari kelainan pada neurof...

Pembahasan Soal:

Kelainan pada neurofilament secara tidak langsung dapat menyebabkan Charcot–Marie–Tooth disease, type 2B1 yang merupakan penyakit saraf degeneratif yang biasanya muncul pada masa remaja atau awal masa dewasa. Penyakit ini memiliki beberapa gejala seperti Kelemahan otot simetris, pengecilan otot, deformitas kaki, kesulitan berjalan, refleks tendon berkurang. Penyakit ini disebabkan oleh mutasi gen resesif autosomal dan neurofilament ataupun gen-gen terkait lainnya. Sedangkan, Atrofi otot adalah kondisi di mana terjadi penurunan massa otot. Hal ini biasanya akibat dari cedera atau adanya suatu penyakit, sehingga bagian tubuh tertentu tidak digerakkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dengan demikian, pernyataan di atas SALAH.space 

0

Roboguru

Fungsi air dalam protoplasma adalah ....

Pembahasan Soal:

Sel merupakan unit fungsional terkecil makhluk hidup. Secara umum, sel terdiri atas membran sel, dinding sel, nukleus, sitoplasma (sitosol dan organel), dan sitoskeleton. Membran sel terdiri atas struktur luar dan dalam. Struktur luar sel terdiri membran sel dan dinding sel, sedangkan bagian dalamnya terdiri dari protoplasma dimana protoplasma sendiri terdiri dari nukleus, sitoplasma (sitosol dan organel), dan sitoskeleton. Komponen utama penyusun protoplasma adalah air. Air dalam sel memiliki peran sebagai berikut:

  • Pelarut berbagai zat organik dan anorganik, misalnya berbagai jenis ion-ion, glukosa, sukrosa, asam amino, serta berbagai jenis vitamin.
  • Media transpor berbagai zat
  • Media berbagai proses reaksi-reaksi enzimatis yang berlangsung di dalam sel.
  • Mengabsorbsi panas dan mencegah perubahan temperatur yang drastis atau mendadak di dalam sel.
  • Bahan baku untuk reaksi hidrolisis dan sintesis karbohidrat, misal dalam fotosintesis. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved