Roboguru

Pertanyaan

Protein sangat diperlukan oleh tubuh karena memiliki peranan sangat penting, salah satunya untuk mengganti sel-sel yang rusak. Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi cukup protein. Bagaimana jika tubuh kita kelebihan protein? Apakan protein dapat disimpan di dalam tubuh?

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kedua zat tersebut dapat dioksidasi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

Pembahasan

Kelebihan protein tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Apabila di dalam tubuh terjadi kelebihan protein, protein tersebut akan dirombak di hati menjadi senyawa yang mengandung unsur N dan senyawa yang tidak mengandung unsur N. Senyawa yang mengandung unsur N, misal NH3 (amonia) dan NH4OH (amonium hidroksida). Senyawa yang mengandung unsur N akan disintesis menjadi urea. Pembentukan urea berlangsung di dalam hati karena sel-selnya.memproduksi enzim arginase. Urea yang dihasilkan tidak diperlukan oleh tubuh dan akan dikeluarkan bersama urine. Sementara itu, senyawa yang tidak mengandung unsur N akan mengalami sintesis ulang menjadi bahan baku karbohidrat dan lemak. Dengan demikian, kedua zat tersebut dapat dioksidasi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

194

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Suatu bahan makanan diuji dengan larutan Biuret dan menghasilkan warna ungu. Berdasarkail hasil ujinya, fungsi bahan makanan tersebut bagi tubuh adalah . . . .

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia