Roboguru

Proses penambangan batubara di Indonesia menghadapi kendala kerusakan lingkungan yang berupa...

Pertanyaan

Proses penambangan batubara di Indonesia menghadapi kendala kerusakan lingkungan yang berupa...

  1. Kehancuran habitat

  2. Pencemaran udara

  3. Kerusakan air tanah

  4. Penurunan kualitas tanah

  5. Hilangnya penutup lahan

Pembahasan Soal:

Batubara adalah bahan bakar hydro-karbon padat yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan dalam lingkungan bebas oksigen dan terkena pengaruh temperatur serta tekanan yang berlangsung sangat lama. Karakteristik mendasar industri pertambangan batubara adalah membuka lahan dan mengubah bentang alam sehingga mempunyai potensi  menimbulkan dampak terhadap lingkungan. Secara lingkungan pada prosesnya keberadaan pertambangan batubara menimbulkan dampak terhadap perubahan bentang alam dan penurunan kesuburan tanah selanjutnya terjadinya ancaman terhadap keanekaragaman hayati, penurunan kualitas air, penurunan kualitas udara  serta pencemaran lingkungan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 27 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Aktivitas pertambangan batu bara di daerah Muara Enim, Sumatra Selatan dapat mendongkrak perekonomian karena ....

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan sumber daya alam berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah, contohnya di wilayah Muara Enim, Sumatra Selatan. Pertambangan batu bara di wilayah ini mempunyai kualitas yang cukup bagus dengan harga bersaing. Dengan modal inilah terdapat beberapa perusahaan tambang batu bara di Muara Enim, sehingga membuka lapangan pekerjaan baru bagi penduduk sekitar dan meningkatkan pendapatan asli daerah yang menjadikan sebagian besarnya berasal dari sektor ini.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Jika kondisi lingkungan baik dan beragam, kebutuhan makhluk hidup termasuk manusia semakin terpenuhi karena ....  habitat setiap komunitas semakin seimbang  ada alternatif untuk memenuhi kebutuhan...

Pembahasan Soal:

Setiap lokasi atau tempat di muka bumi ini mempunyai kualitas lingkungan yang berbeda-beda. Untuk dapat mengidentifikasi kualitas lingkungan hidup pada suatu wilayah maka kualitas lingkungan tersebut dapat ditelaah dengan kriteria biofisik, sosial, ekonomi, dan budaya.

  • Kualitas lingkungan hidup berdasarkan keadaan biofisik dapat diketahui dengan menganalisis keadaan lingkungan fisik di alam sekitar. Kondisi lingkungan yang baik adalah ketika pemanfaatan lingkungan dilakukan dengan maksimal dan habitat setiap komunitas semakin seimbang.
  • Kualitas lingkungan hidup dapat terwujud dengan baik apabila peran serta manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup juga berjalan dengan baik. Kondisi lingkungan yang baik juga ditunjukkan dengan tersedianya alternatif untuk memenuhi kebutuhan manusia karena beragam pilihan yang tersedia di alam. 
  • Pencemaran lingkungan dapat diatasi apabila manusia dapat menjaga kualitas lingkungan dengan baik. Menjaga kebersihan, ketertiban, keteraturan, dan keseimbangan lingkungan hidup berarti menjaga kualitas lingkungan secara ekonomi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan sumber daya alam yang semakin bervariasi akibat dari keseimbangan lingkungan. 
  • Kemajuan teknologi sangat membantu manusia untuk menunjang pemenuhan kebutuhan hidup seperti mengolah sumber daya alam. Kualitas lingkungan yang berbudaya merupakan kerja sama yang harmonis, antara manusia, teknologi , dan lingkungan hidup.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E karena semua jawaban benar. 

0

Roboguru

Perubahan lahan hutan menjadi lahan pertanian di daerah pegunungan dapat menyebabkan mata air kering pada musim kemarau karena.... evapotranspirasi lahan hutan lebih rendah. infiltrasi air hujan m...

Pembahasan Soal:

Hutan adalah tumbuhan yang tumbuh di atas tanah yang luas (biasanya di wilayah pegunungan). Perubahan penggunaan lahan adalah bertambahnya suatu penggunaan lahan dari suatu penggunaan ke penggunaan yang lainnya. Perubahan lahan hutan menjadi lahan pertanian di daerah pegunungan dapat menyebabkan mata air kering pada musim kemarau karena infiltrasi air hujan mengalami penurunan (hutan memiliki fungsi hidrologis) dan aliran permukaan semakin meningkat karena infiltrasi berkurang. Maka, nomor 2 dan 4 memiliki pernyataan benar. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Implementasi pembangunan berkelanjutan telah menjadi agenda internasional, yaitu setiap negara mempunyai t...

Pembahasan Soal:

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana, efisiensi. dan memperhatikan pemanfaatan, baik untuk generasi masa kini maupun generasi yang akan datang. Implementasi pembangunan berkelanjutan telah menjadi agenda internasional, yaitu setiap negara mempunyai tanggungjawab untuk menyukseskan pembangunan berkelanjutan secara global. Negara berkembang yang berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan salah satunya adalah Indonesia. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawabannya adalah B. 

0

Roboguru

Cara eksploitasi seperti apakah penambangan pasir dan batu di gunung yang sering menyebabkan keruntuhan dan menelan korban jiwa?

Pembahasan Soal:

Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah. Kejadian longsor disebabkan oleh ketidakstabilan lahan yang umumnya diakibatkan oleh ulah manusia. Salah satunya dengan eksploitasi lahan miring yang tidak tepat, misalnya pengambilan pasir dengan memotong tebing.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved