Roboguru

lntan sering digunakan untuk mata bor sumur minyak, karena....

Pertanyaan

lntan sering digunakan untuk mata bor sumur minyak, karena....

  1. ketajaman tinggi

  2. kekuatan besar

  3. bentuknya pipih runcing

  4. kekerasan tinggispace

  5. kristal sangat kokoh

Pembahasan Soal:

Skala Mohs adalah skala kekerasan mineral yang mengklasifikasikan resistensi goresan terhadap berbagai mineral melalui kemampuan suatu bahan keras menggores bahan yang lebih lunak. Intan memiliki skala Mohs 10 (kekerasan yang sangat tinggi) sehingga sangat baik digunakan untuk pengeboran. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

lntan banyak digunakan sebagai mata bor sumur minyak karena ....

Pembahasan Soal:

Intan merupakan salah satu mineral yang biasa digunakan sebagai mata bpr pada industri pertambangan baik tambang minyak maupun tambang mineral. Berdasarkan skala Mohs, intan memiliki kekerasan mencapai nilai 10. Skala Mohs merupakan skala kekerasan mineral berdasarkan resistensi goresan terhadap berbagai mineral lain. Skala Mohs digunakan untuk mengukur tingkat kekerasan suatu mineral dengan nilai 1 sampai dengan 10. Pada skala Mohs, intan merupakan mineral dengan tingkat kekerasan paling tinggi dibanding dengan mineral lain. Oleh karena itu, intan dimanfaatkan sebagai mata bor karena dapat menembus batuan padat dan lapisan batu di dalam pengeboran minyak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Rusaknya terumbu karang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan kelestarian berbagai biota di Ia...

Pembahasan Soal:

Terumbu karang merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang ada di laut.  Ekosistem terumbu karang habitatnya berada di dalam dasar perairan dengan bentuk batuan kapur  dengan tekstur kasar dan kuat menahan gaya dari gelombang laut. Terumbu karang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan kelestarian berbagai biota di Iaut.  Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, persediaan makanan, dan tempat berkembang biak bagi berbagai biota laut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan terumbu karang dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan kelestarian berbagai biota di Iaut merupakan pernyataan yang benar. Pernyataan alasan terumbu karang menyediakan tempat tinggal, persediaan makanan, dan tempat berkembang biak bagi berbagai biota laut juga merupakan pernyataan yang benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Barang tambang bukan mineral adalah batu bara dan minyak bumi. SEBAB Barang tambang jenis ini dimanfaatk...

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai macam sumber daya alam berbagai jenis barang tambang yang terbagi ke beberapa jenis misal sumber daya alam barang tambang bukan mineral. Sumber daya bukan mineral yaitu bahan tambang yang berasal dari makhluk hidup contohnya batu bara dan minyak bumi. Semua barang tambang memiliki kelebihan dan kegunaannya masing-masing. Contohnya barang tambang jenis ini dimanfaatkan sebagai sumber energi. Hasil pertambangan batu bara dan minyak bumi dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar antara lain bensin, solar, minyak tanah, gas elpiji, dan avtur.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan barang tambang bukan mineral adalah batu bara dan minyak bumi merupakan pernyataan yang benar. Pernyataan alasan barang tambang jenis ini dimanfaatkan sebagai sumber energi juga merupakan pernyataan yang benar.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Proses penambangan batubara di Indonesia menghadapi kendala kerusakan lingkungan yang berupa...

Pembahasan Soal:

Batubara adalah bahan bakar hydro-karbon padat yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan dalam lingkungan bebas oksigen dan terkena pengaruh temperatur serta tekanan yang berlangsung sangat lama. Karakteristik mendasar industri pertambangan batubara adalah membuka lahan dan mengubah bentang alam sehingga mempunyai potensi  menimbulkan dampak terhadap lingkungan. Secara lingkungan pada prosesnya keberadaan pertambangan batubara menimbulkan dampak terhadap perubahan bentang alam dan penurunan kesuburan tanah selanjutnya terjadinya ancaman terhadap keanekaragaman hayati, penurunan kualitas air, penurunan kualitas udara  serta pencemaran lingkungan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Mengapa taman laut terumbu karang umumnya terdapat di laut dangkal ?

Pembahasan Soal:

Terumbu karang merupakan ekosistem penting di daerah pesisir perairan tropis. Ekosistem terumbu karang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan laut seperti tingkat kejernihan air, arus, salinitas dan suhu. Tingkat kejernihan air dipengaruhi oleh partikel tersuspensi antara lain akibat dari pelumpuran dan ini akan berpengaruh terhadap jumlah cahaya yang masuk ke dalam laut, sementara cahaya sangat diperlukan oleh zooxanthella untuk fotosintetis dan hidup di dalam jaringan tubuh binatang pembentuk terumbu karang. Suhu laut optimum bagi kehidupan terumbu karang adalah antara 26 ⁰-28 ⁰C, kenaikan atau penurunan suhu dalam waktu yang relatif lama dapat mengakibatkan kematian hewan karang.  Oleh karena itu, ekosistem terumbu karang umumnya terdapat di laut dangkal karena sinar matahari masih menembus sampai dasar laut. 

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang paling tepat adalah E. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved