Roboguru

Program perbaikan ekonomi nasional yang direncanakan oleh masa kabinet Natsir disebut dengan program ...

Pertanyaan

Program perbaikan ekonomi nasional yang direncanakan oleh masa kabinet Natsir disebut dengan program ...undefined 

Pembahasan Soal:

Sebagai “negara baru”, Indonesia masih harus banyak belajar dalam berbagai hal agar negaranya semakin kuat. Salah satunya adalah dalam bidang ekonomi. Di masa demokrasi liberal, sering terjadi perubahan kabinet yang ternyata berdampak pada kehidupan ekonomi Indonesia saat itu. Sistem ekonomi gerakan benteng bertujuan untuk mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi struktur ekonomi nasional. Program ini dicetuskan oleh Dr. Sumitro Djojohadikusumo, seorang ahli ekonomi Indonesia, yang dituangkan dalam program kerja Kabinet Natsir. Pada dasarnya sistem ekonomi ini bertujuan untuk melindungi para pengusaha dalam negeri dengan cara memberikan bantuan berupa kredit dan bimbingan konkret. Sekitar 700 pengusaha dalam negeri telah mendapat bantuan kredit dari pemerintah. Namun, program ini tidak berjalan dengan baik karena kebiasaan konsumtif yang dimiliki oleh pengusaha dalam negeri. 

Dengan demikian banyak yang menggunakan dana kredit tersebut untuk memenuhi kepentingan pribadinya.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Maryam

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kabinet Natsir berlangsung pada...

Pembahasan Soal:

Kabiet Natsir dilantik pada tanggal 6 September 1950 dengan Mohammad Natsir dari Partai Masyumi sebagai perdana menteri. Kabinet Natsir merupakan koalisi yang dipimpin oleh partai Masyumi bersama dengan PNI. Kabinet ini memiliki struktur yang terdiri dari tokoh – tokoh terkenal duduk di dalamnya, seperti Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Mr.Asaat, Ir.Djuanda, dan Prof Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo.Program pokok dari Kabinet Natsir adalah:

  1. Menggiatkan usaha keamanan dan ketentraman.
  2. Mencapai konsolidasi dan menyempurnakan susunan pemerintahan.
  3. Menyempurnakan organisasi Angkatan Perang.
  4. Mengembangkan dan memperkuat ekonomi rakyat.
  5. Memperjuangkan penyelesaian masalah Irian Barat.

Dalam menjalankan fungsi dan tugasnya, kabinet Natsir mendapatkan tugas utama yaitu proses integrasi Irian Barat. Akan tetapi, Kabinet Natsir kemudian mendapatkan kendala yaitu pada masa kabinet ini terjadi banyak pemberontakan seperti: Gerakan DI/TII, Gerakan Andi Azis, Gerakan APRA, Gerakan Republik Maluku Selatan (RMS). Masalah Irian Barat inilah yang kemudian menjadi pemicu yang menjatuhkan menjatuhkan Kabinet Natsir. Karena gagal dalam perundingan penyelesaian masalah Irian Barat pada tanggal 4 Desember 1950, parlemen kemudian melancarkan mosi tidak percaya. Tekanan datang terutama dari tokoh Hadikusumo, Partai PNI. Kepercayaan parlemen semakin berkurang dengan diketahuinya penyelewengan dana paket ekonomi Sumitro Plan dan banyaknya pemberontakan yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia. PNI mengusulkan pencabutan PP nomor 39 /1950 tentang DPRS dan DPRDS pimpinan Natsir dan diterima oleh parlemen. Resmi tanggal 21 Maret 1951, Natsir mengembalikan mandat pemerintahan yang dipimpinnya kepada Presiden Sukarno. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.
 

0

Roboguru

Kabinet Natsir dibentuk pada tanggal ....

Pembahasan Soal:

Pada masa Demokrasi Liberal, sistem pemerintahan Indonesia menggunakan sistem parlementer yang ditandai dengan banyaknya pembentukan dan pergantian kabinet. Kabinet Natsir merupakan kabinet pertama yang dibentuk pada tanggal 6 September 1950 dan berakhir pada tanggal 21 Maret 1951.

Dengan demikian, Kabinet Natsir dibentuk pada tanggal 6 September 1950.

0

Roboguru

Perdana mentri Indonesia yang pertama pada masa Demokrasi liberal ....

Pembahasan Soal:

Demokrasi liberal merupakan salah satu sistem pemerintahan yang pernah berlaku di indonesia. Sistem tersebut diterapkan dari tahun 1950 hingga dikeluarkannya dekrit presiden tahun 1959. Pada masa tersebut terjadi pergantian kabinet hingga tujuh kali, yakni Natsir, Sukirman, Wilopo, Ali Sastroammidjojo I, Burhanuddin Harahap, Ali Sastroamidjojo II, dan Djuanda. Pada saat itu perdana menteri bertugas sebagai kepala pemerintahan sedangkan presiden sebagai kepela negara.

Dengan demikian, perdana menteri pertama masa Demokrasi Liberal adalah M. Natsir.

Jadi, jawaban yang tepata dalah pilihan C.

0

Roboguru

Berikut ini partai yang mendukung jalannya Kabinet Natsir adalah ...

Pembahasan Soal:

Kabinet Natsir terbentuk pada tanggal 6 September 1950. Kabinet Natsir didukung oleh Masyumi dan tidak melibatkan PNI didalamnya. Hal tersebut mengakibatkan PNI, PKI, dan Murba menjadi partai oposisi. Kabinet Natsir tidak berlangsung lama karena mendapat mosi tidak percaya dari PNI. Mosi tersebut dilatarbelakangi oleh tuntutan pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 1950 tentang pemilihan perwakilan daerah. Akhirnya pada 21 Maret 1951, Natsir menyerahkan mandatnya kepada Soekarno.

Dengan demikian partai pendukung kabinet Natsir adalah Masyumi.

0

Roboguru

Indonesia secara resmi masuk menjadi anggota PBB pada masa Kabinet ….

Pembahasan Soal:

Indonesia diterima menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1950. Peristiwa ini terjadi pada masa Kabinet Natsir, yang berlangsung pada 6 September 1950 sampai 21 Maret 1951. Pada masa kabinet ini juga untuk pertama kalinya dilangsungkan perundingan menyelesaikan Irian Barat pada tanggal 4 Desember 1950. Penyebab jatuhnya Kabinet Natsir karena mosi Hadikusumo yang menolak adanya PP No. 39 tahun 1950 tentang pemilihan anggota perwakilan daerah, karena hal ini dianggap tidak demokratis. Akhirnya Natsir mengembalikan mandatnya pada presiden Soekarno pada 20 Maret 1951.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved