Roboguru

Produk antibiotik penisilin oleh kapang Penicillium notatum dalam skala besar pada tahun 1940 menggunakan teknik . . .

Pertanyaan

Produk antibiotik penisilin oleh kapang Penicillium notatum dalam skala besar pada tahun 1940 menggunakan teknik . . .  

  1. Rekayasa genetika  

  2. Teknologi plasma  

  3. Teknologi hibrida  

  4. Fermentasi  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Produk antibiotik penisilin oleh kapang Penicillium notatum dalam skala besar pada tahun 1940 menggunakan teknik fermentasi.  

Penisilin sebagai obat antibiotik ditemukan oleh Alexander Fleming, seorang Profesor Bakteriologi di Rumah Sakit St. Mary di London. Pada awal September 1928, Fleming sedang memilah-milah cawan petri yang mengandung koloni bakteri Staphylococcus yang merupakan bakteri penyebab bisul, sakit tenggorokan dan abses. Pada salah satu cawan, Flaming memperhatikan sesuatu yang tidak biasa, karena ada satu bagian di cawan tersebut ditumbuhi koloni jamur. Area tersebut kemudian diidentifikasi sebagai strain langka Penicillium notatum, di mana seolah-olah jamur itu mengeluarkan sesuatu yang menghambat pertumbuhan bakteri. Selanjutnya, Fleming menemukan bahwa produk yang dihasilkan dari  Penicillium notatum tersebut mampu membunuh berbagai bakteri berbahaya, seperti Staphylococcus, Streptococcus, Meningococcus dan Basil difteri. Produk tersebut merupakan penisilin. 

Teknik fermentasi merupakan aplikasi dari metabolisme sel-sel mikroorganisme untuk mengubah bahan mentah menjadi berbagai macam produk yang bermanfaat. Sistem fermentasi penisilin menggunakan fed-batch, yaitu glukosa tidak langsung ditambahkan dalam jumlah banyak pada awal proses, dikarenakan berlebihnya glukosa pada awal proses akan menghambat kinerja kapang Penicillium notatum. Penggunaan metode fed-batch juga dikarenakan penisilin yang dihasilkan dari kapang merupakan metabolit sekunder, sehingga penggunaan metode ini akan memperpanjang fase stasioner dari kapang dan akan meningkatkan produksi penisilin. Reaktor dikondisikan suhu begin mathsize 12px style 20 minus 24 to the power of straight o straight C end style dengan pH 6-6,5.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

J. Susanto

Terakhir diupdate 09 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan data spesies barikut! Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Beberapa mikroorganisme dapat menjadi sumber bahan pangan yang potensial bagi ternak dan manusia, di antaranya sebagai protein sel tunggal (PST). Mikroorganisme dipilih sebagai sumber bahan pangan protein karena mikroorganisme tumbuh sangat cepat, siklus hidupnya pendek, tidak membutuhkan lahan yang luas, mempunyai kadar protein tinggi (40-80 % dari massa sel), menghasilkan protein bermutu tinggi, dan dapat tumbuh di berbagai media.

Kelompok mikroorganisme yang banyak digunakan sebagai protein sel tunggal adalah Saccharomyces cerevisiae, Candida utilis, Chlorella, dan Arthrospira (Spirulina).

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan data spesies berikut! K) Chlorella sp. L.) Candida utilia M). Spirulina sp. N). Sargassum sp. O). Rhizobium sp. Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein ...

Pembahasan Soal:

Protein sel tunggal (PST) merupakan bahan makanan berkadar protein tinggi yang berasal dari mikroorganisme, seperti ganggang (alga) bersel satu, jamur, dan bakteri. Contoh mikroorganisme yang sering dimanfaatkan sebagai PST adalah Candida utilis, Chlorella, Spirulina maxima, Saccharomyces cerevisiae.space 

0

Roboguru

Pernyataan berikut ini yang benar mengenai antibiotik adalah ….

Pembahasan Soal:

Antibiotik adalah senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme lain seperti bakteri. Antibiotik pertama kali ditemukan pada tahun 1928 oleh seorang ilmuwan asal Skotlandia yaitu Alexander. Adapun jenis-jenis antibiotik diantaranya:

  • Neomycin yang dihasilkan oleh Streptomyces fradiae
  • Tetrasiklin yang dihasilkan oleh Streptomyces aureofaciens dan masih banyak lagi
  • Penisilin yang dihasilkan oleh Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum
  • Basitrasin yang dihasilkan oleh Bacillus licheniformis
  • Streptomisin yang dihasilkan oleh Streptomyces griseus

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

 

0

Roboguru

Mikroorganisme yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan berkadar protein tinggi adalah....

Pembahasan Soal:

Spirulina sp berfungsi sebagai bahan makanan berkadar protein tinggi.undefined  

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Perhatikan uraian di bawah ini! Candida utilis Chorella sp. Spirulina maxima Bacillus thuringiensis Methanobacterium sp. Jenis mikroorganisme yang dapat dimanfaatkan sebagai PST (Protein Sel ...

Pembahasan Soal:

Protein sel tunggal (PST) adalah mikroorganisme, baik alga bersel satu, jamur, atau bakteri, yang memiliki kandungan protein yang tinggi pada selnya. Mikroorganisme ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan tambahan atau suplemen, bagi individu yang dietnya tidak mengandung protein yang cukup, atau individu dalam masa pertumbuhan. Contoh PST adalah Candida utilis, Chorella sp., dan Spirulina maxima.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved