Iklan

Iklan

Pertanyaan

Prinsip elektrokimia dipakai pada proses pemurnian tembaga. Pada proses ini logam tembaga murni dipakai sebagai katode dan tembaga yang akan dimurnikan dipakai sebagai anode, keduanya berada dalam larutan tembaga(II) sulfat, hal ini dapat dilakukan : Sebab Perbedaan potensial dapat diatur sehingga hanya cukup bagi anode untuk melepaskan ion tembaga ke dalam larutan, kemudian ion tereduksi menjadi logam yang menempel pada katode sedangkan logam-logam perak dan emas tidak teroksidasi dan mengendap.

Prinsip elektrokimia dipakai pada proses pemurnian tembaga. Pada proses ini logam tembaga murni dipakai sebagai katode dan tembaga yang akan dimurnikan dipakai sebagai anode, keduanya berada dalam larutan tembaga(II) sulfat, hal ini dapat dilakukan :

Sebab

Perbedaan potensial dapat diatur sehingga hanya cukup bagi anode untuk melepaskan ion tembaga ke dalam larutan, kemudian ion tereduksi menjadi logam yang menempel pada katode sedangkan logam-logam perak dan emas tidak teroksidasi dan mengendap.space 

  1. Jika kedua pernyatan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. space 

  2. Jika kedua pernyataan benar tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.space 

  3. Jika pernyataan pertama benar sedangkan pernyataan kedua salah.space 

  4. Jika pernyataan pertama salah sedangkan pernyatan kedua benar.space 

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Pada proses pemurnian logam, logam yang akan dimurnikan digunakan sebagai anode, sedangkan logam murni digunakan sebagai katode. Selanjutnya, kedua elektrode tersebut dimasukkan ke dalam larutan elektrolit. Pada proses pemurnian tembaga, logam tembaga murni dipakai sebagai katode dan tembaga yang akan dimurnikan dipakai sebagai anode, keduanya berada dalam larutan tembaga(II) sulfat. ( pernyataan 1 benar ). Perak dan emasbiasanya merupakan pengotor pada tembaga. Perak dan emas mempunyai potensial lebih positif daripada tembaga. Dengan mengatur tegangan selama elektrolisis, kedualogam tersebut tidak ikut Iarut. Kedua logam tersebut akan terdapat pada lumpur anode / mengendap sedangkan ion tembaga tereduksi menjadi logam yang menempel pada katode. (pernyataan 2 benar ). Dengan demikian,kedua pernyatan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pada proses pemurnian logam, logam yang akan dimurnikan digunakan sebagai anode, sedangkan logam murni digunakan sebagai katode. Selanjutnya, kedua elektrode tersebut dimasukkan ke dalam larutan elektrolit.

Pada proses pemurnian tembaga, logam tembaga murni dipakai sebagai katode dan tembaga yang akan dimurnikan dipakai sebagai anode, keduanya berada dalam larutan tembaga(II) sulfat. (pernyataan 1 benar).

Perak dan emas biasanya merupakan pengotor pada tembaga. Perak dan emas mempunyai potensial lebih positif daripada tembaga. Dengan mengatur tegangan selama elektrolisis, kedua logam tersebut tidak ikut Iarut. Kedua logam tersebut akan terdapat pada lumpur anode / mengendap sedangkan ion tembaga tereduksi menjadi logam yang menempel pada katode. (pernyataan 2 benar).

Dengan demikian, kedua pernyatan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan proses penyepuhan logam seng oleh emas, tulis reaksi redoks yang terjadi!

14

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia