Iklan

Iklan

Pertanyaan

Prihatin kita setiap kali mendengar berita tentang tabung gas yang digunakan warga masyarakat meledak. Insiden demi insiden terus terjadi. Akankah rentetan kejadian tersebut kita terima sebagai berita rutin biasa, tanpa kita bisa melakukan sesuatu untuk mencegahnya? Tabung gas yang sering meledak umumnya dari tipe 3 kg dan berwama hijau muda sehingga melahirkan sebuah tabung melon. Sebagian dari kita bergumam, siapa ini yang mesti bertanggung jawab? Tentu dalam setiap musibah harus ada yang bertanggung jawab. Ini soal urgen karena sekarang ini kita tidak tahu berapa banyak tabung gas yang sebenarnya tidak layak dipakai dan setiap saat bisa meledak ketika digunakan. Urusan keselamatan penggunaan tabung gas ini mengandung urgensi dalam penanganannya. Sebelum korban semakin banyak, perlu ada tindakan yang tegas terhadap siapa pun yang bersalah dalam pembuatan tabung yang tidak memenuhi syarat dan terhadap yang mengoplos pengisian tabung. Selain itu, sosialisasi penggunaan tabung gas secara aman perludiperluas. Inspeksi, pencegahan, dan penindakan itulah kuncinya. Opini penulis tajuk rencana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ...

Prihatin kita setiap kali mendengar berita tentang tabung gas yang digunakan warga masyarakat meledak. Insiden demi insiden terus terjadi.

Akankah rentetan kejadian tersebut kita terima sebagai berita rutin biasa, tanpa kita bisa melakukan sesuatu untuk mencegahnya? Tabung gas yang sering meledak umumnya dari tipe 3 kg dan berwama hijau muda sehingga melahirkan sebuah tabung melon. Sebagian dari kita bergumam, siapa ini yang mesti bertanggung jawab?

Tentu dalam setiap musibah harus ada yang bertanggung jawab. Ini soal urgen karena sekarang ini kita tidak tahu berapa banyak tabung gas yang sebenarnya tidak layak dipakai dan setiap saat bisa meledak ketika digunakan.

Urusan keselamatan penggunaan tabung gas ini mengandung urgensi dalam penanganannya. Sebelum korban semakin banyak, perlu ada tindakan yang tegas terhadap siapa pun yang bersalah dalam pembuatan tabung yang tidak memenuhi syarat dan terhadap yang mengoplos pengisian tabung. Selain itu, sosialisasi penggunaan tabung gas secara aman perlu diperluas. Inspeksi, pencegahan, dan penindakan itulah kuncinya.


Opini penulis tajuk rencana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ...

  1. Adakan tindakan tegas terhadap petugas yang melakukan pengoplosan tabung gas.

  2. Cari tahu siapa saja yang harus bertanggung jawab atas musibah meledaknya tabung gas tipe 3 kg.

  3. Adakan inspeksi, pencegahan, dan penindakan atas mereka yang bersalah dalam masalah tabung gas.

  4. Selidiki berapa banyak tabung gas yang tidak layak pakai dan mudah meledak.

  5. Lakukan sosialisasi penggunaan tabung gas secara aman di perkampungan dan pedesaan.

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Opini adalahpendapat yang merupakan pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau permasalahan tertentu. Setiap opini penulis dapat dilihat melalui solusi yang dia tawarkan. Solusi yang sesuai dengan isi tajuk rencana di atas terdapat dalam jawaban D. Di dalam tajuk rencana tersebut, jawaban D terdapat pada paragraf tiga, kalimat terakhir.

Opini adalah pendapat yang merupakan pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau permasalahan tertentu. Setiap opini penulis dapat dilihat melalui solusi yang dia tawarkan. Solusi yang sesuai dengan isi tajuk rencana di atas terdapat dalam jawaban D. Di dalam tajuk rencana tersebut, jawaban D terdapat pada paragraf tiga, kalimat terakhir.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Opini redaksi yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

151

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia