Prihatin kita setiap kali mendengar berita tentang tabung gas yang digunakan warga masyarakat meledak. Insiden demi insiden terus terjadi. Akankah rentetan kejadian tersebut kita terima sebagai berita rutin biasa, tanpa kita bisa melakukan sesuatu untuk mencegahnya? Tabung gas yang sering meledak umumnya dari tipe 3 kg dan berwarna hijau muda sehingga melahirkan sebutan tabung melon. Sebagian dari kita bergumam, siapa ini yang mesti bertanggung jawab? Tentu dalam setiap musibah harus ada yang bertanggung jawab. Ini soal urgen karena sekarang ini kita tidak tahu berapa banyak tabung gas yang sebenarnya tidak layak dipakai dan setiap saat bisa meledak ketika digunakan. Urusan keselamatan penggunaan tabung gas ini mengandung urgensi dalam penanganannya. Sebelum korban semakin banyak, perlu ada tidakan memenuhi syarat dan terhadap yang mengoplos pengisian tabung. Selain itu, sosialisasi penggunaan tabung gas secara aman perlu diperluas. Inspeksi, pencegahan, dan penindakan itulah kuncinya. Keberpihakan penulis tajuk pada kutipan tersebut adalah kepada ...

Pertanyaan

Prihatin kita setiap kali mendengar berita tentang tabung gas yang digunakan warga masyarakat meledak. Insiden demi insiden terus terjadi.

Akankah rentetan kejadian tersebut kita terima sebagai berita rutin biasa, tanpa kita bisa melakukan sesuatu untuk mencegahnya? Tabung gas yang sering meledak umumnya dari tipe 3 kg dan berwarna hijau muda sehingga melahirkan sebutan tabung melon. Sebagian dari kita bergumam, siapa ini yang mesti bertanggung jawab?

Tentu dalam setiap musibah harus ada yang bertanggung jawab. Ini soal urgen karena sekarang ini kita tidak tahu berapa banyak tabung gas yang sebenarnya tidak layak dipakai dan setiap saat bisa meledak ketika digunakan.

Urusan keselamatan penggunaan tabung gas ini mengandung urgensi dalam penanganannya. Sebelum korban semakin banyak, perlu ada tidakan memenuhi syarat dan terhadap yang mengoplos pengisian tabung. Selain itu, sosialisasi penggunaan tabung gas secara aman perlu diperluas. Inspeksi, pencegahan, dan penindakan itulah kuncinya.

Keberpihakan penulis tajuk pada kutipan tersebut adalah kepada ...

 

  1. pembuat tabung gas.

  2. pengisi tabung gas

  3. korban ledakan tabung gas

  4. masyarakat pengguna tabung gas

  5. pemerintah pusat dan daerah

H. Utami

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat.

Pembahasan

Penulis sudah pasti berpihak kepada korban ledakan tabung gas. Hal ini dapat dilihat melalui paragraf satu. Paragraf satu membahas keprihatinan penulis terhadap korban ledakan tabung gas. Akan tetapi, penuls juga berpihak kepada masyarakat pengguna tabung gas yang belum pernah mengalami ledakan tabung gas. Penulis memaparkan solusi dan tindakan preventif supaya ledakan tabung gas dapat dihindari. Lebih lanjut, korban ledakan tabung gas dapat digolongkan sebagai masyarakat pengguna tabung gas. Oleh karena itu, jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat.

27

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Penjelasan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ….

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia