RoboguruRoboguru
SD

Simpulan isi tajuk tersebut adalah ...

Pertanyaan

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama!
 

    Satu lagi budaya Indonesia yang diklaim Malaysia yaitu tari Pendet. Tari Pendet yang sangat dicintai masyarakat Bali telah digunakan negeri jiran itu untuk promosi pariwisatanya. Manuver ini menambah panjang daftar pencaplokan budaya Indonesia. Sebelumnya, negeri serumpun itu mengakui lagu "Rasa Sayange", batik, musik angklung, dan reog Ponorogo sebagai budayanya. Kita marah dan menuntut Malaysia menyampaikan permohonan maaf serta menarik kembali iklan itu.
    Ketika kasus tari Pendet ramai dipersoalkan Indonesia, seorang produser iklan pariwisata Malaysia dengan enteng menjawab, "Tidak ada salahnya kami mempromosikan tarian Indonesia karena tema yang kami angkat adalah The Truly Asia." Akan tetapi, si produser itu lupa bahwa triknya terlalu mudah dibaca. Penjelasan tentang tari Pendet berasal dari Indonesia tidak ada di bawah iklan.
    Kita sebagai bangsa besar dengan kekayaan budaya tiada tara boleh saja kesal dan marah, tetapi itu semua tidak menyelesaikan masalah. Besok atau lusa, hanya soal waktu, Malaysia akan mengklaim lagi budaya Indonesia sebagai budayanya. Jika Indonesia ribut, mereka tinggal melayangkan permohonan maaf. Yang penting, citra sebagai The Truly Asia sudah terbentuk.
    Indonesia harus menyikapi pengakuan tari Pendet oleh Malaysia dengan serius, sistematis, dan komprehensif. Pariwisata harus dikelola dengan lebih gencar, memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki, terutama kekayaan budaya. Tiada guna kita berang terhadap ulah mereka tanpa langkah nyata untuk membangun martabat bangsa.

Sumber: https://www.liputan6.comspace

Simpulan isi tajuk tersebut adalah ...space

  1. Malaysia telah membuat marah rakyat Indonesia karena telah beberapa kali mencuri budaya Indonesia.space

  2. Indonesia hanya bisa ribut ketika Malaysia dengan enteng meminta maaf melalui surat kepada Indonesia.space

  3. Sebagai bangsa yang besar dengan kekayaan yang tiada tara, Indonesia tidak boleh kesal dan marah terhadap bangsa Malaysia.space

  4. Pengakuan Malaysia terhadap tari Pendet perlu disikapi Indonesia secara serius, sistematis, dan komprehensif.space

  5. Malaysia mengklaim tari Pendet merupakan budaya asli Malaysia.space

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan

Teks editorial, disebut juga tajuk rencana adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran yang merupakan pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) aktual (sedang menjadi sorotan), fenomenal, dan kontroversial (menimbulkan perbedaan pendapat). Setelah membaca teks editorial, kita dapat menentukan simpulan sesuai teks dengan tepat. Simpulan adalah pendapat atau gagasan akhir dari suatu teks. Simpulan dalam teks editorial dibuat dari ide pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas dengan menggunakan kalimat sendiri.

Kutipan teks tersebut berisi tentang budaya Indonesia yang diklaim Malaysia yaitu tari Pendet. Tari Pendet merupakan tarian milik masyarakat Bali yang sangat dicintai. Malaysia menggunakan tari Pendet sebagai media promosi pariwisata Malaysia. Pengeklaiman tersebut harus disikapi dengan serius, sistematis, dan komprehensif oleh pemerintah Indonesia.
Dengan demikian, simpulan isi tajuk tersebut adalah Malaysia mengklaim tari Pendet merupakan budaya asli Malaysia.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Harga Kebutuhan Pokok Per Kilogram Beberapa kota di Indonesia. Tahun 2011 Bahan Pokok Medan Jakarta Semarang Surabaya Bali ...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia