Roboguru

Pertanyaan

Presiden Suharto mengundurkan diri dari jabatannya pada 21 Mei 1998. Bagaimana kondisi politik dan pemerintahan setelah Presiden Suharto mengundurkan diri?

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 kondisi politik dan pemerintahan setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri adalah terjadinya masa transisi dibawah kepemimpinan Presiden B.J. Habibie yang sekaligus memulai era reformasi.

Pembahasan

Orde Baru merupakan istilah untuk memisahkan antara kekuasaan masa Soekarno (Orde Lama) dan masa Soeharto. Latar belakang Orde Baru yaitu kekacauan politik dan keamanan negara, kondisi perekonomian yang memburuk, tuntutan Tritura dari Front Pancasila, kegagalan reshuffle Kabinet Dwikora, dan keluarnya Supersemar. Penyebab berakhirnya Orde Baru adalah karena adanya krisis politik, ekonomi, sosial, dan hukum. Sesuai pasal 8 UUD 1945, Wakil Presiden B.J. Habibie akan melanjutkan sisa masa jabatan presiden. Wakil Presiden B.J. Habibie pun segera dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada tanggal 21 Mei 1998.

Dengan demikian kondisi politik dan pemerintahan setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri adalah terjadinya masa transisi dibawah kepemimpinan Presiden B.J. Habibie yang sekaligus memulai era reformasi.

76

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tulis waktu kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan beberapa kebijakan beliau!

19

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia