Iklan

Iklan

Pertanyaan

Potensial ionisasi pertama dari Mg dan K adalah masing-masing 744 kJ/mol dan 425 kJ/mol. Manakah yang paling mungkin memberikan potensal ionisasi pertama dari Ca? (Nomor atom Mg = 12; K = 19; Ca = 20)

Potensial ionisasi pertama dari Mg dan K adalah masing-masing 744 kJ/mol dan 425 kJ/mol. Manakah yang paling mungkin memberikan potensal ionisasi pertama dari Ca? (Nomor atom Mg = 12; K = 19; Ca = 20)space

  1. 864 kJ/mol

  2. 780 kJ/mol

  3. 596 kJ/mol

  4. 382 kJ/mol

  5. 320 kJ/mol

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah opsi C. Energi ionisasi atau potensial ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron pada kulit terluar suatu atom dalam keadaan gas. Energi ionisasi untuk melepaskan satuelektron pada kulit terluar disebut energi atau potensial ionisasi pertama. Untuk pelepasan elektron pada tingkat berikutnya disebut energi atau potensial ionisasi kedua. Besarnya energi ionisasi dinyatakan dalam satuan kilojoule/mol atau kJ mol − 1 . Dalam tabel periodik unsur, besarnya energi ionisasi adalah: Dalam satu golongan dari atas ke bawah energi ionisasi semakin kecil. Dalam satu periode dari kiri ke kanan energi ionisasi semakin besar. Untuk menyelesaikan soal di atas, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: Konfigurasi Mg . K , Ca 12 ​ Mg : 10 ​ [ Ne ] 3 s 2 19 ​ K : 18 ​ [ Ar ] 4 s 1 20 ​ Ca : 18 ​ [ Ar ] 4 s 2 Letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektronnya Jika digambarkan letaknya dalam tabel periodik,maka: Berdasarkan tabel diatas dan sifat energi ionisasi dalam tabel periodik,maka potensial ionisasi pertama Ca > K , Mg > Ca Sehingga, Urutan energi atau potensial ionisaninya adalah K < Ca < Mg . Potensial ioninasi Ca berada diantara K dan Mg , K ( 425 kJ mol − 1 ) < Ca < Mg ( 744 kJ mol − 1 ) Potensial ionisasi pertama Ca lebih besar dari 425, tetapi lebih kecil dari 744. Jadi, berdasarkan pilihan jawaban, yang berada dalam rentang tersebut adalah angka 596. Jadi, potensial ionisasi pertama Ca adalah 596 kJ mol − 1 .

Jawaban yang tepat adalah opsi C.

Energi ionisasi atau potensial ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron pada kulit terluar suatu atom dalam keadaan gas. Energi ionisasi untuk melepaskan satu elektron pada kulit terluar disebut energi atau potensial ionisasi pertama. Untuk pelepasan elektron pada tingkat berikutnya disebut energi atau potensial ionisasi kedua. Besarnya energi ionisasi dinyatakan dalam satuan kilojoule/mol atau . Dalam tabel periodik unsur, besarnya energi ionisasi adalah:

  1. Dalam satu golongan dari atas ke bawah energi ionisasi semakin kecil.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan energi ionisasi semakin besar.

Untuk menyelesaikan soal di atas, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Konfigurasi 

  • Letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektronnya

Mg presubscript 12 presuperscript blank space space colon space scriptbase open square brackets Ne close square brackets end scriptbase presubscript 10 presuperscript blank space 3 s squared comma space space space space space periode space 3 space golongan space IIA K presubscript 19 presuperscript blank space space space space space colon space scriptbase open square brackets Ar close square brackets end scriptbase presubscript 18 presuperscript blank space 4 s to the power of 1 comma space space space space space space periode space 4 space golongan space IA Ca presubscript 20 presuperscript blank space space space colon space scriptbase open square brackets Ar close square brackets end scriptbase presubscript 18 presuperscript blank space 4 s squared comma space space space space space space periode space 4 space golongan space IIA

  • Jika digambarkan letaknya dalam tabel periodik,maka:

  • Berdasarkan tabel di atas dan sifat energi ionisasi dalam tabel periodik, maka potensial ionisasi pertama 
  • Sehingga, Urutan energi atau potensial ionisaninya adalah .
  • Potensial ioninasi  berada diantara  dan ,

  • Potensial ionisasi pertama  lebih besar dari 425, tetapi lebih kecil dari 744. Jadi, berdasarkan pilihan jawaban, yang berada dalam rentang tersebut adalah angka 596. Jadi, potensial ionisasi pertama  adalah .

Konsep Kilat

Sifat Keperiodikan Unsur

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dari atom-atom berikut, atom yang memiliki energi pengionan pertama yang terendah adalah ....

1rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia