Populasi tupai antelope di Grand Canyon memiliki karakteristik yang berbeda karena dipisahkan oleh jurang. Tupai di sisi utara ukurannya lebih kecil dibandingkan tupai di selatan dan pada bagian ekornya terdapat warna putih. Spesiasi ini terjadi karena mekanisme ...

Pertanyaan

Populasi tupai antelope di Grand Canyon memiliki karakteristik yang berbeda karena dipisahkan oleh jurang. Tupai di sisi utara ukurannya lebih kecil dibandingkan tupai di selatan dan pada bagian ekornya terdapat warna putih. Spesiasi ini terjadi karena mekanisme ...

  1. isolasi geografi

  2. radiasi adaptif

  3. spesiasi simpatri

  4. spesiasi paratri

  5. spesiasi alopatri

R. Dwi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Spesiasi merupakan proses pembentukan spesies baru dan berbeda dari spesies sebelumnya melalui proses perkembangbiakan secara natural dalam kerangka evolusi. Spesiasi lebih ditekankan pada perubahan yang terjadi pada populasi jenis tertentu. Spesiasi terjadi disebabkan oleh adanya isolasi geografi, reproduksi, dan lain-lain. Terdapat empat mekanisme spesiasi :

  1. Spesiasi peripatrik terjadi ketika sebagian kecil populasi organisme menjadi terisolasi dalam sebuah lingkungan yang baru. 
  2. Spesiasi parapatrik terjadi mirip dengan spesiasi peripatrik dalam hal ukuran populasi kecil yang masuk ke habitat yang baru, namun berbeda dalam hal tidak adanya pemisahan secara fisik antara dua populasi.
  3. Spesiasi simpatrik adalah spesies yang berbeda menghuni tempat yang sama berdivergen tanpa adanya isolasi geografis atau perubahan pada habitat.
  4. Spesiasi alopatrik terjadi pada populasi yang awalnya terisolasi secara geografis, misalnya melalui fragmentasi habitat atau migrasi. Spesiasi alopatrik terjadi karena adanya penghalang fisik seperti sungai, gunung, letak geografis, dan sebagainya. Penghalang ini memisahkan sebuah populasi dari populasi induknya, yang berarti memotong aliran gen antar kedua populasi tersebut. Setelah terisolasi mereka membentuk sejumlah perbedaan genetik, termasuk penghalang reproduksi yang membedakannya dari populasi induknya. Spesiasi ini dialami tupai antelope di Grand Canyon. Di mana pada tebing selatan hidup tupai antelope. Beberapa mil dari daerah itu pada sisi tebing utara hidup tupai antelope berekor putih yang berukuran sedikit lebih kecil dan memiliki ekor berwarna pendek dengan warna putih di bawah ekornya. Ternyata di sana semua burung-burung dan organisme lain dapat dengan mudah menyebar melewati jurang ini, tetapi tidak dapat dilewati oleh kedua jenis tupai ini.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah E.

1rb+

4.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Jika ada isolasi dari populasi yang lain, ini berarti ....

216

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia