Iklan

Iklan

Pertanyaan

Politik ini dipelopori oleh Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer. Politik ini membuka mata pemerintah kolonial Belanda untuk lebih memperhatikan nasib rakyat pribumi. Dampak positif politik ini adalah lahirnya golongan terpelajar yang turut berperan dalam pembentukan organisasi-organisasi pergerakan nasional di Indonesia. Politik ini merupakan dampak kritikan terhadap kebijakan ...

Politik ini dipelopori oleh Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer. Politik ini membuka mata pemerintah kolonial Belanda untuk lebih memperhatikan nasib rakyat pribumi. Dampak positif politik ini adalah lahirnya golongan terpelajar yang turut berperan dalam pembentukan organisasi-organisasi pergerakan nasional di Indonesia. Politik ini merupakan dampak kritikan terhadap kebijakan ...undefined

  1. (...)

  2. (...)

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

munculnya politik etis karena kebijakan tanam paksa Belanda yang sangatmengeksploitasi wilayah jajahannya.

munculnya politik etis karena kebijakan tanam paksa Belanda yang sangat mengeksploitasi wilayah jajahannya.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Politik ini dipelopori oleh Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer. Politik ini membuka mata pemerintah kolonial Belanda untuk lebih memperhatikan nasib rakyat pribumi. Kritik ini muncul karenapemerintah Belanda telah mengeksploitasi wilayah jajahannya melalui kebijakan tanam paksa untuk membangun negeri mereka dan memperoleh keuntungan besar. Oleh karena itu, van Deventer menilai sudah sewajarnya Belanda membayar utang budi itu dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat di negerijajahan. Dengan demikian munculnya politik etis karena kebijakan tanam paksa Belanda yang sangatmengeksploitasi wilayah jajahannya.

Politik ini dipelopori oleh Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer. Politik ini membuka mata pemerintah kolonial Belanda untuk lebih memperhatikan nasib rakyat pribumi. Kritik ini muncul karena pemerintah Belanda telah mengeksploitasi wilayah jajahannya melalui kebijakan tanam paksa untuk membangun negeri mereka dan memperoleh keuntungan besar. Oleh karena itu, van Deventer menilai sudah sewajarnya Belanda membayar utang budi itu dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat di negeri jajahan.

Dengan demikian munculnya politik etis karena kebijakan tanam paksa Belanda yang sangat mengeksploitasi wilayah jajahannya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Siapa sajakah yang berhak mendapatkan akses pendidikan ketika Politik Etisberlangsung?

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia