RoboguruRoboguru
SD

Polimer polietena dibagi menjadi dua jenis yaitu LDPE dan HDPE. Jelaskan perbedaan struktur kedua jenis polimer tersebut!

Pertanyaan

Polimer polietena dibagi menjadi dua jenis yaitu LDPE dan HDPE. Jelaskan perbedaan struktur kedua jenis polimer tersebut!undefined 

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan LDPE dan HDPE terdapat pada bentuk strukturnya yaitu sedikit percabangannya sehingga HDPE lebih kuat namun kaku karena sedikit cabang sedangkan LDPE lebih lemah dan elastis karena banyak percabangan.

Pembahasan

Low Density Polyethylene (LDPE) dan  High Density Polyethylene (HDPE) merupakan jenis plastik terpopuler di dunia industri. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, salah satunya perbedaan struktur. Struktur molekul HDPE memiliki sedikit percabangan sehingga reaksi antar molekulnya relatif kuat. Hal ini membuat HDPE cenderung keras dan agak kaku, sehingga mampu bereaksi pada temperatur yang tinggi. Sebaliknya, LDPE memiliki lebih banyak percabangan molekul yang membuatnya cenderung lebih lentur dan tidak mampu bereaksi pada temperatur yang tinggi.

Oleh karena itu, perbedaan LDPE dan HDPE terdapat pada bentuk strukturnya yaitu sedikit percabangannya sehingga HDPE lebih kuat namun kaku karena sedikit cabang sedangkan LDPE lebih lemah dan elastis karena banyak percabangan.

87

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Polimer berikut yang tidak bisa digunakan sebagai bahan plastik adalah .....

849

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia