Roboguru

Berdasarkan pengamatan Anda terhadap berbagai barang plastik dalam kehidupan sehari-hari, tuliskan sifat dari bahan polimer tersebut!

Pertanyaan

Berdasarkan pengamatan Anda terhadap berbagai barang plastik dalam kehidupan sehari-hari, tuliskan sifat dari bahan polimer tersebut!undefined

Pembahasan Soal:

Plastik merupakan salah satu contoh polimer sintetis. Ada beberapa jenis plastik, seperti plastik polietilena, polipropilena, dan polivinil chlorida (PVC). Plastik polietilena tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak beracun sehingga digunakan untuk pembungkus makanan, kantong plastik, jas hujan, ember, dan lain-lain. Polipropilena lebih kuat dan lebih tahan daripada polietilena, digunakan untuk karung, tali, botol, dan lain-lain. PVC merupakan plastik kedua terbanyak yang diproduksi setelah polietilena yang biasa digunakan untuk membuat pipa, pelapis lantai, selang, dan sebagainyal. Secara umum, bahan polimer plastik bersifat kuat namun ringan, isolator listrik yang baik, harga relatif murah, jika terkena panas akan melunak, dan dapat dibentuk ulang.

Jadi, sifat bahan polimer plastik diantaranya kuat namun ringan, isolator, harga relatif murah, jika terkena panas akan melunak, dan dapat dibentuk ulang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Solichah

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu contoh produk plastik dari olahan zat-zat organik yang bersumber dari gas alam dan minyak bumi melalui reaksi dan proses kimia adalah ....

Pembahasan Soal:

Plastik merupakan polimer terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan kualitas plastik. Polietilena (PE) merupakan plastik yang paling sederhana yang biasanya digunakan untuk pembungkus makanan, kantong plastik, jas hujan, ember, dan lain-lain. Monomernya adalah etena, yang diperoleh dari hasil perengkahan (cracking) minyak atau gas bumi. Plastik lain yang diperoleh dari pengolahan minyak bumi adalah polipropilena (PP) yang monomernya propena. Plastik ini lebih kuat dan lebih tahan dari polietilena biasanya digunakan untuk membuat karung, tali, botol, dan sebagainya. Polivinilklorida (PVC) merupakan plastik kedua terbanyak yang diproduksi setelah polietilena. Monomernya adalah vinil klorida open parentheses C I C H double bond C H subscript 2 close parentheses dan merupakan polimer adisi. PVC digunakan untuk membuat pipa, pelapis lantai, selang, dan sebagainya.

Berdasarkan pilihan jawaban diatas, yang merupakan produk plastik dari olahan zat-zat organik yang bersumber dari gas alam dan minyak bumi melalui reaksi dan proses kimia adalah PVC (polivinil klorida).

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Cermati beberapa pemyataan berikut! Plastik terbentuk dari etena. Plastik terbentuk dari propena. Plastik terbentuk dari isoprena. Plastik dibuat melalui proses hidrolisis. Plastik dibuat melal...

Pembahasan Soal:

Plastik adalah bahan sintetis yang dibuat dari pengolahan produk organik seperti senyawa hidrokarbon, yang berasal dari batubara, gas alam, dan minyak mentah. Fraksi yang digunakan pada industri plastik adalah kelompok hidrokarbon ringan berantai pendek yang disebut Naphtha. Naphta ini digunakan sebagai bahan utama dalam proses pembuatan polimer plastik. Contohnya dari nafta meliputi etilen begin mathsize 14px style open parentheses C subscript 2 H subscript 4 close parentheses end style propilena begin mathsize 14px style open parentheses C subscript 3 H subscript 6 close parentheses end style, dan butena begin mathsize 14px style open parentheses C subscript 4 H subscript 8 close parentheses end style

Pembuatan plastik dilakukan dengan polimerasi. Dengan menggunakan katalis, senyawa hidrokarbon di atas di rangkai menjadi rantai berulang yang disebut polimer. Pembuatan polimer plastik bisa secara kondensasi maupun adisi. Beberapa jenis plastik sebagai berikut.

  1. Polietilena dengan monomer etena.
  2. Polipropilena merupakan polimer adisi dengan monomer propilena (propena).

Dengan demikian, pernyataan yang tidak benar adalah 

  • Plastik terbentuk dari isoprena.
  • Plastik dibuat melalui proses hidrolisis.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.
 

0

Roboguru

Tuliskan cara penanggulangan limbah plastik. Cara apakah yang paling baik?

Pembahasan Soal:

Menggunakana prinsip 3R, yaitu recycle, reuse dan reduce, yaitu:

  1. Recylce yaitu mendaur ulang sampah plastik yang masih dapat digunakan seperti membentuk ulang botol plastik menjadi lemari plastik.
  2. Reuse yaitu menggunakan ulang plastik yang dimiliki, seperti menggunakan ulang kantong plastik belanja.
  3. Reduce yaitu mengurangi penggunaan plastik dengan produk yang lebih mudah terurai atau sama sekali tidak menggunakan plastik untuk hal yang tidak perlu. Reduce lebih baik daripada reuse dan lebih baik daripada recycle, karena konsumsi energi yang dibutuhkan semakin ke kanan semakin kecil.

Jadi, jawaban yang benar cara penanggulangan limbah plastik dengan recycle, reuse dan reduce. 

0

Roboguru

Perhatikan sifat-sifat bahan berikut! Memiliki tekstur yang kuat tetapi sangat ringan. Secara kimiawi lebih stabil sehingga tidak mudah bereaksi dengan udara. Merupakan isolator listrik yang baik...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ketahanan terhadap uluran polimer dibagi 3, yaitu serat, plastik dan elastomer.

Ciri-ciri plastik:

  • Plastik dapat dicetak menjadi bentuk yang diinginkan
  • Tekstur kuat tetapi sangat ringan
  • Secara kimiawi lebih stabil
  • Tidak dapat menghantarkan listrik (isolator)
  • Bersifat plastis (tidak dapat kembali menjadi kondisi awalnya)

Jadi, sifat-sifat tersebut dimiliki oleh bahan jenis plastik. space  

0

Roboguru

Bahan kimia beracun yang dapat terbentuk pada pembakaran limbah plastik adalah ...

Pembahasan Soal:

Bahan kimia beracun yang dapat terbentuk pada pembakaran limbah plastik adalah karbon monoksida. Plastik merupakan polimer hidrokarbon yang apabila mengalami pembakaran tidak sempurna, akan menghasilkan gas karbon monksida. Karbon monoksida merupakan gas yang beracun, karena jika masuk ke dalam tubuh maka akan mengikat hemoglobin dan membentuk karboksihemoglobin yang membuat darah tidak dapat mengangkut oksigen.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved