Roboguru

Please write down your opinion about "The Effect o...

Please write down your opinion about "The Effect of Bullying on Physical and Mental Health". Write it in the piece of paper then you have to upload it to Google Classroom, don't forget to mention your fullname.

Jawaban:

Soal ini meminta kamu untuk menuliskan opini kamu tentang Efek dari Perundungan untuk Kesehatan Fisik dan Mental (the Effect of Bullying on Physical and Mental Health). Untuk menyampaikan opini, kita dapat menyampaikannya dengan membuat sebuah teks Hortatory Exposition. Adapun struktur umum teks tersebut, yaitu:

  1. Thesis adalah pengenalan topik utama tentang suatu peristiwa atau isu yang dibahas dalam teks tersebut. Thesis bisa kita temukan di paragraf pertama teks. Contoh kalimat:
    Bullying is a serious issue which many kids should not have experienced. It affects the children both physically and mentally. (Penindasan/perundungan adalah masalah serius yang seharusnya tidak dialami oleh banyak anak. Hal itu mempengaruhi anak-anak baik secara fisik maupun mental.)
     
  2. Argument adalah bagian di mana penulis menyampaikan beberapa argumentasi atau pendapat untuk mendukung topik utama guna meyakinkan pembaca agar setuju dengan sudut pandang penulis. Contoh kalimat:
    Firstly, children who are bullied more likely experience negative physical issues such as changes in sleep and eating patterns. Besides, they can lose an interest in activities they used to enjoy. Secondly, bullying really affects the children’s mental health. They likely have depression and anxiety. They also experience increased feelings of sadness and loneliness. (Pertama, anak-anak yang ditindas/dirundung kemungkinan besar memengaruhi kesehatan fisik mereka karena perubahan pola tidur dan makan. Selain itu, mereka bisa kehilangan minat pada aktivitas yang biasa mereka nikmati. Kedua, perundungan sangat mempengaruhi kesehatan mental anak. Mereka sangat bisa menjadi depresi dan cemas berlebihan. Mereka juga akan merasa sedih dan kesepian.)
     
  3. Recommendation adalah bagian di mana penulis menyimpulkan serta merekomendasi atau menyampaikan saran mengenai apa yang seharusnya terjadi atau dilakukan. Bagian ini dapat kita temukan pada paragraf akhir suatu teks. Contoh kalimat:
    Children should not be afraid and should not be living in constant fear. Therefore, we need to stand up for children or people who are bullied. They who experience bullying also need to talk to the parents or the teachers. Let us stop the chain of bullying behaviors. (Anak-anak tidak seharusnya takut dan tidak seharusnya terus menerus hidup dalam ketakutan. Oleh karena itu, kita perlu membela anak-anak atau orang yang mengalami perundungan. Mereka yang mengalaminya juga perlu berbicara dengan orang tua atau guru mereka. Mari kita hentikan rantai perundungan ini.)

Jadi, jawaban unutk soal ini seperti yang telah dijelaskan. Kamu dapat mengembangkan contoh teks yang telah dijelaskan atau membuat sesuai dengan opinimu sendiri.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved