Roboguru

Pimpinan rakyat Aceh dan Ternate yang melakukan perlawanan...

Pertanyaan

Pimpinan rakyat Aceh dan Ternate yang melakukan perlawanan...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perkembangan Aceh yang begitu pesat ini dipandang oleh Portugis sebagai ancaman. Oleh karena itu, Portugis berupaya untuk menghancurkan Aceh. Sebaliknya Aceh pun demikian, Aceh segera melancarkan serangan terhadap Portugis di Malaka. Portugis harus bertahan mati-matian di Benteng Formosa. Proses panjang perlawanan Aceh ini dipimpin oleh Sultan Alauddin. Sementara itu pada tahun 1565 muncul perlawanan rakyat Ternate di bawah pimpinan Sultan Khaerun/Hairun. Sultan Khaerun menyerukan seluruh rakyat dari Irian/Papua sampai Jawa untuk angkat senjata melawan kezaliman kolonial Portugis.

Dengan demikian, pimpinan rakyat Aceh dan Ternate yang melakukan perlawanan adalah Sultan Alaudddin dan Sultan Khairun.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis berdampak terhadap perekonomian Kesultanan Aceh, di antaranya ....

Pembahasan Soal:

Kejatuhan Malaka pada tahun 1511 di bawah kekuasaan Portugis berdampak pada dilarangnya pedagang Islam untuk berdagang di Malaka oleh Portugis. Namun pelarangan ini ternyata berimbas positif bagi Kesultanan Aceh. Yaitu dengan semakin banyaknya pedagang Islam yang berlabuh di Aceh sehingga memperkuat posisi Aceh sebagai bandar perdagangan pengganti Malaka.

1

Roboguru

Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511 berdampak terhadap perekonomian Kesultanan Aceh, di antaranya ....

Pembahasan Soal:

Setelah Malaka berhasil dikuasai oleh Portugis pada 1511, Portugis melakukan monopoli dan blokade perdagangan, dengan melarang pedagang muslim memasuki Malaka. Tindakan ini dipengaruhi oleh semangat reconquesta yang dibawa Portugis, yaitu sebuah semangat kebangkitan masyarakat Kristen untuk membalas dominasi dan penguasaan masyarakat Islam di dunia.

Blokade yang dilakuan Portugis di Malaka, membuat para pedagang muslim harus mencari tempat alternatif baru untuk dijadikan tempat persinggahan atau perdagangan di Nusantara. Maka, dipilihlah  Aceh, Samudra Pasai dan pelabuhan-pelabuhan di Sumatera Barat, menjadi alternatif bagi pedagang muslim untuk dijadikan tempat persinggahan atau perdagangan.

Kondisi tersebut, berdampak pada ramainya perdangan di Aceh dan pelabuhan-pelabuhan alternatif lainya, dari pedagang-pedagang muslim yang tidak dapat masuk ke Malaka. Sehingga hal ini, tentu dapat meningkatkan perekonomian Aceh dan pelabuhan-pelabuhan alternatifnya, dari aktivitas perdagangan muslim tersebut.

Jadi, jatuhnya Malaka ke tangan Portugis pada tahun 1511, berdampak terhadap perekonomian Kesultanan Aceh, di antaranya mempengaruhi ramainya perdagangan di Kesultanan Aceh.

1

Roboguru

Perhatikan kutipan berikut!     Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan yang menjadi latar belakang Portugis melakukan serangan ke Kesultanan Aceh adalah ….

Pembahasan Soal:

Menyikapi semakin ramai bandar perdagangan Aceh maka Portugis merasa bahwa Aceh telah berubah menjadi pesaing utama perdagangan di wilayah perairan Malaka. Karena itulah, Portugis kemudian melakukan serangkaian upaya untuk melemahkan kedudukan Aceh sebagai bandar perdagangan. Diantaranya adalah dengan menyerang wilayah kekuasaan Kesultanan Aceh, mengganggu pelayaran kapal dagang Aceh di perairan Malaka, dan berusaha melakukan kristenisasi di Aceh.  undefined 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B undefined 

0

Roboguru

Perlawanan masyarakat Maluku terhadap Portugis muncul disebabkan karena ….

Pembahasan Soal:

Portugis menjadi serakah dan bertindak sewenang-wenang. Portugis melakukan monopoli perdangan rempah-rempah di Maluku dan ikut campur dalam urusan pemerintahan Kesultanan Ternate. Selain itu, Portugis juga berusaha menyebarkan agama Katholik di Maluku. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Tujuan dari pembangunan Benteng Sao Paulo adalah….

Pembahasan Soal:

Setelah Portugis memperoleh izin untuk memperluas perdagangan rempah-rempah di Maluku, mereka dengan segera melakukan monopoli perdagangan rempah-rempah. Melalui basis pertahanan dari Benteng Sao Paulo, Portugis juga berusaha untuk memperkuat kekuasaannya di Maluku.Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved