Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pilihlah jawaban: A. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar. B. Jika jawaban (1) dan (3) yang benar. C. Jika jawaban (2) dan (4) yang benar. D. Jika hanya jawaban (4) yang benar. E. Jika semua jawaban (1), (2), (3), dan (4) benar. Reaksi kesetimbangan berikut: 2 NaHCO 3 ​ ( s ) ⇌ Na 2 CO 3 ​ ( s ) + H 2 ​ O ( l ) + CO 2 ​ ( g ) △ H > 0 kJ akan bergeser ke kanan jika ... . (1) sistem dipanaskan (2) CO 2 ​ dikeluarkan dari sistem (3) volume sistem diperbesar (4) tekanan sistem diperbesar

Pilihlah jawaban:
A. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar.
B. Jika jawaban (1) dan (3) yang benar.
C. Jika jawaban (2) dan (4) yang benar.
D. Jika hanya jawaban (4) yang benar.
E. Jika semua jawaban (1), (2), (3), dan (4) benar.

Reaksi kesetimbangan berikut:

akan bergeser ke kanan jika ... .
(1) sistem dipanaskan
(2)  dikeluarkan dari sistem
(3) volume sistem diperbesar
(4) tekanan sistem diperbesar

  1. A. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar.

  2. B. Jika jawaban (1) dan (3) yang benar.

  3. C. Jika jawaban (2) dan (4) yang benar.

  4. D. Jika hanya jawaban (4) yang benar.

  5. E. Jika semua jawaban (1), (2), (3), dan (4) benar.

Iklan

R. RGFREELANCETIGASATU

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Persamaan reaksi: Ingat yang diperhitungkan dalam mencari Kc adalah zat dalam wujud gas dan larutan, sedangkan Kp hanya zat yang berwujud gas. Koefisien kiri =0, koefisien kanan = 1, agar kesetimbangan bergeser ke kanan, maka: Volume diperbesar /tekanan diperkecil (volume berbanding terbalik dengan tekanan), karena jika volume diperbesar, kesetimbangan bergeser kea rah koefisien yang lebih besar. Reaksi ke arah kanan merupakan reaksi endoterm ( > 0) sehingga agar kesetimbangan bergeser ke arah endoterm, maka suhu harus dinaikkan. Konsentrasi harus dikurangi (dikeluarkan dari sistem),agar kesetimbangan bergeser ke kanan, karena kesetimbangan akan bergeser ke arah yang kekurangan konsentrasi zat. Pernyataan 1,2, dan 3 benar. Pernyataan 4 salah.

Persamaan reaksi: 2 Na H C O subscript 3 open parentheses s close parentheses space rightwards harpoon over leftwards harpoon space Na 2 C O subscript 3 open parentheses s close parentheses space plus space H subscript 2 O open parentheses l close parentheses space plus space C O subscript 2 open parentheses g close parentheses space increment H space greater than space 0 space kJ

Ingat yang diperhitungkan dalam mencari Kc adalah zat dalam wujud gas dan larutan, sedangkan Kp hanya zat yang berwujud gas.

Koefisien kiri  =0, koefisien kanan = 1, agar kesetimbangan bergeser ke kanan, maka:

Volume diperbesar /tekanan diperkecil (volume berbanding terbalik dengan tekanan), karena jika volume diperbesar, kesetimbangan bergeser kea rah koefisien yang lebih besar.

Reaksi ke arah kanan merupakan reaksi endoterm (increment H > 0) sehingga agar kesetimbangan bergeser ke arah endoterm, maka suhu harus dinaikkan.

Konsentrasi C O subscript 2 harus dikurangi (dikeluarkan dari sistem),agar kesetimbangan bergeser ke kanan, karena kesetimbangan akan bergeser ke arah yang kekurangan konsentrasi zat.

Pernyataan 1,2, dan 3 benar. Pernyataan 4 salah.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor yang tidak mempengaruhi sistem kesetimbangan pada reaksi: H 2 ​ ( g ) + Br 2 ​ ( g ) ⇌ 2 HBr ( g ) △ H = 26 kkal adalah...

20

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia