Iklan

Iklan

Pertanyaan

Piagam Jakarta dibentuk oleh panitia sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 dengan maksuduntuk merumuskan dasar negara Indonesia. Dalam Piagam Jakarta tersebut terdapat 5 dasar negara yang nantinya menjadi cikal bakal Pancasila, sebutkan!

Piagam Jakarta dibentuk oleh panitia sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 dengan maksud untuk merumuskan dasar negara Indonesia. Dalam Piagam Jakarta tersebut terdapat 5 dasar negara yang nantinya menjadi cikal bakal Pancasila, sebutkan!

Iklan

F. Freelancer4

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

BPUPKI mengadakan sidang yang pertama yang terlaksana pada 29 Mei - 1 Junii 1945 dan tidak mendapat kesepakatan mengenai rumusan dasar negara. Kemudian dibentuklah Panitia Sembilan. Pembentukan panitia sembilan bertujuan untuk merumuskan dasar negara serta tujuan dan asas yangdigunakan olehnegara Indonesia. Panitia kecil itu terdiri atas, Ir. Sukarno, Muh. Yamin, Mr. Ahmad Subardjo, Mr. A.A Maramis, Abdul Kahar Muzakkar, Wahid Hasyim, H. Agus Salim, dan Abikusno Cokrosuyoso. Kemudian disusunlah rumusan dasar negara yang kita kenal dengan Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945. Adapun isi dari Piagam Jakarta tersebut adalah: Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya. Kemanusian yang adil dan beradab. Persatuan Indonesia. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah dalam permusyawaratan/ perwakilan. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan demikian isi Piagam Jakarta 22 Juni 1945 adalahKetuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya.(menurut) dasar kemanusian yang adil dan beradab. Persatuan Indonesia. (dan) kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah dalam permusyawaratan/ perwakilan. (serta dengan mewujudkan suatu ) keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

BPUPKI mengadakan sidang yang pertama yang terlaksana pada 29 Mei - 1 Junii 1945 dan tidak mendapat kesepakatan mengenai rumusan dasar negara. Kemudian dibentuklah Panitia Sembilan. Pembentukan panitia sembilan bertujuan untuk merumuskan dasar negara serta tujuan dan asas yangdigunakan oleh negara Indonesia. Panitia kecil itu terdiri atas, Ir. Sukarno, Muh. Yamin, Mr. Ahmad Subardjo, Mr. A.A Maramis, Abdul Kahar Muzakkar, Wahid Hasyim, H. Agus Salim, dan Abikusno Cokrosuyoso. Kemudian disusunlah rumusan dasar negara yang kita kenal dengan Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945. Adapun isi dari Piagam Jakarta tersebut adalah:

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
  2. Kemanusian yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah dalam permusyawaratan/ perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan demikian isi Piagam Jakarta 22 Juni 1945 adalah Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya. (menurut) dasar kemanusian yang adil dan beradab. Persatuan Indonesia. (dan) kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah dalam permusyawaratan/ perwakilan. (serta dengan mewujudkan suatu ) keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11

Myiesha Naviza Matulatuwa

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Materi apakah yg dibahas dalam sidang BPUPKI pertama dan kedua ?

30

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia