Roboguru

Petunjuk Buatlah rangkuman mengenai bagaimana perkembangan beberapa organisasi etnis kedaerahan dan keagaamaan pada masa pergerakan nasional!

Pertanyaan

Petunjuk

Buatlah rangkuman mengenai bagaimana perkembangan beberapa organisasi etnis kedaerahan dan keagaamaan pada masa pergerakan nasional!

Pembahasan Soal:

  1. Trikoro Dharmo merupakan organisasi pemuda yang didirikan oleh Satiman Wirjosandjojo di Gedung STOVIA pada 7 Maret 1915 yang memiliki arti “Tiga Tujuan Mulia”. Arti tersebut bermakna tiga tujuan utama yakni: sakti, budi dan bakti. Ia mendirikan asosiasi pemuda ini karena banyak orang muda berpikir bahwa Boedi Oetomo dianggap sebagai organisasi elit. Selanjutnya gerakan pemuda tumbuh dan berkembang secara mandiri di berbagai daerah di Indonesia.  Pada tahun 1918, nama Trikoro Dharmo diubah menjadi Jong Java. Kegiatannya berkisar pada bidang sosial, budaya, pemberantasan buta huruf, kepanduan, seni, dan lainnya
  2. Terdapat tiga tujuan tri koro dharmo, antara lain sebagai berikut: Menjalin persahabatan di antara “murid” bumi putera pada sekolah menengah dan kursus perguruan, menambah pengetahuan umum bagi anggotanya, serta membangkitkan dan mempertajam perasaan untuk segala bahasa dan kebudayaan “Hindia”.Tujuan tersebut sebenarnya baru merupakan tujuan perantara. Adapun tujuan yang sebenarnya ialah, 1). Menciptakan hubungan antara siswa pria di bumi di sekolah dan kursus kejuruan, 2).Tambahkan pengetahuan umum ke setiap anggota, dan 3). Membangkitkan dan mempertajam bahasa dan budaya Indonesia.
  3. Untuk mencapai tujuan, usaha-usaha yang dilakukan Trikoro Dharmo adalah menambah pengetahuan umum bagi anggotanya; memupuk tali persaudaraan antarmurid bumiputra sekolah menengah, sekolah guru, dan sekolah kejuruan; membangkitkan dan mempertajam perasaan untuk segala bahasa budaya Indonesia, khususnya Jawa.

Dengan demikian, Trikoro Dharmo merupakan organisasi pemuda pertama di Indonesia yang memiliki tujuan untuk mencapai Jawa raya dengan jalan memperkokoh rasa persatuan antara pemuda-pemuda Jawa, Madura, Sunda, Lombok dan Bali. Tujuan tersebut dicapai dengan menambah pengetahuan, memupuk tali persaudaranan dan mempertajam perasaan untuk segala bahasa budaya Indonesia khususnya Jawa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Organisasi pemuda yang didirikan oleh R.Satiman Wiryosenjoyo dkk pada tahun 1915 dan  menjadi cikal bakal bagi Jong Java serta memiliki tiga visi mulia yaitu sakti, budi, dan bhakti namun masih bersif...

Pembahasan Soal:

Jong Java adalah suatu organisasi kepemudaan yang secara resmii dikenal sejak tanggal 12 Juni 1918. Bertujuan untuk membangun jiwa nasionalisme di kalangan pemuda Jawa, Madura, Bali (Jawa Raya). Sebelum dikenal sebagai Jog Java, organisasi ini bernama Tri Koro Darmo yang didirikan oleh Satiman Wirjosandjojo di Gedung STOVIA pada tahun 1915. Tri  Koro Darmo berati tiga tujuan mulia yakni sakti yaitu kecerdasan, budi yang berarti kebijaksaan, dan bakti yang merujuk kepada kasih sayang. Tri Koroo Darmo diikuti keanggotannya oleh para pemuda yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada kongres pertamanya di Solo pada 12 Juni 1918 Tri Koro Darmo diubah namanya dengan Jog Java/ Pemuda Jawa seiring dengan tujuan organisasi untuk menghimpun para pemuda di Jawa, Madura dan Bali (Jawa Raya). 

Dengan demikian organisasi pemuda yang menjadi cikal bakal bagi Jong Java adalah Tri Koro Dharmo (Tiga Tujuan Mulia).undefined

Roboguru

apa nama organisasi yang pertama di Indonesia yang bersifat kedaerahan?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta berdiri Tri Koro Dharmo, oleh R. Satiman Wiryosanjoyo, Kadarman, dan Sunardi. Tri Koro Dharmo yang diketui oleh R. Satiman Wiryosanjoyo merupakan organisasi pemuda pertama yang anggotanya terdiri atas para siswa sekolah menengah yang berasal dari Jawa dan Madura.

Dengan demikian organisasi pertama di Indonesia yang bersifat kedaerahan adalah Tri Koro Dharmo.

Roboguru

Pada Kongres I di Solo, Trikoro Darmo diubah menjadi ....

Pembahasan Soal:

Tri Koro Dharmo merupakan organisasi himpunan para pemuda pertama di Indonesia yang berdiri pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta. Tri Koro Dharmo yang digagas oleh dr. Satiman Wirjosandjojo, Kadarman, dan Sunardi berisi para pelajar STOVIA. Organisasi ini bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Salah satu faktor berdirinya organisasi ini adalah keberadaan organisasi Budi Utomo yang dianggap konservatif, eksklusif, dan monoton (dalam mengusung perubahan luas bagi masyarakat Hindia-Belanda. Pada kongres pertama di Solo pada tanggal 12 Juni 1918, organisasi ini berubah nama menjadi Jong Java dengan melibatkan pemuda dari suku bangsa Sunda, Madura, dan Bali. Setelah itu, Tri Jong Java bergerak bersama organisasi kepemudaan lainnya seperti Jong Sumateranen Bond, Serikat Celebes, Jong Minahasa, dan lainnya dalam kiprah pergerakan pemuda Indonesia termasuk pelaksanaan kongres pemuda I dan II.

Dengan demikian, Pada Kongres I di Solo, Trikoro Darmo diubah menjadi Jong Java.

Roboguru

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Trikoro Dharmo merupakan organisasi pemuda yang didirikan pada tahun 1915 dengan tujuan melakukan pembinaan pada generasi muda dan menggunakan strategi kooperatif. 

Roboguru

Tiga visi mulia Trikoro Dharmo di antaranya adalah....

Pembahasan Soal:

Gerakan pemuda yang pertama kali muncul adalah Trikoro Dharmo yang didirikan oleh R. Satiman Wiryosanjoyo dan kawan-kawan di gedung STOVIA tahun 1915. Trikoro Dharmo memiliki tiga visi mulia yaitu:

  1. Sakti, yang berarti kekuasaan dan kecerdasan
  2. Budi, yang berarti bijaksana
  3. Bhakti, yang berarti kasih sayang

Visi tersebut kemudian dikembangkan dalam tiga tujuan, yaitu:

  1. Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi bumiputra pada sekolah menengah dan perguruan kejuruan
  2. Menambah pengetahuan umum bagi para anggotanya
  3. Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya

Meskipun Trikoro Dharmo sudah memiliki tujuan yang jelas dan sudah tercantum, tujuan yang sesungguhnya dari organisasi ini adalah mencapai Jawa Raya dengan jalan memperkokoh persatuan antara pemuda-pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali dan Lombok.

 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah D

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved