Roboguru

Sebukan 3 organisasi pemuda yang muncul setelah berdirinya Budi Utomo.

Pertanyaan

Sebukan 3 organisasi pemuda yang muncul setelah berdirinya Budi Utomo. space

Pembahasan Soal:

Pada Masa Pergerakan Nasional, yang terjadi pada tahun 1908-1942, adalah babakan dalam sejarah di Indonesia mengenai perjuangan bangsa dalam mengusir penjajah. Adapun karakteristik dari perjuangan di masa ini adalah masifnya penggunaan organisasi sebagai alat perjuangan. 
Organisasi pelopor yang mengawali lahirnya kelak organisasi lainnya adalah Budi Utomo. Budi Utomo adalah pelopor organisasi nasional pada masa kebangkitan nasional. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1928 oleh para mahasiswa STOVIA. Lahirnya Budi Utomo diikuti oleh berbagai organisasi pemuda lain, seperti.

  1. Indische Vereeniging atau Perhimpunan Indonesia (IP) adalah organisasi yang berdiri pada tanggal 25 Oktober 1908 dan dibentuk oleh para pelajar Indonesia yang sedang belajar di Belanda,
  2. Algemene Studieclub, didirikan dengan semangat membangun kesadaran para pemuda terhadap persoalan bangsa dengan asas non-kooperatif (tidak bekerja sama dengan Belanda). Organisasi ini didirikan 11 Juni 1924, di Bandung, dengan para tokoh-tokoh seperti Soekarno dan Anwari.
  3. Tri Koro Dharmo yang berarti tiga tujuan mulia, yakni sakti, budi, dan bakti, adalah organisasi kepemudaan yang didirikan pada tanggal 7 Maret 1915 oleh Satiman Wirjosandjojo. Organisasi ini akan berubah nama menjadi Jong Java pada tahun 1918.

Jadi, tiga organisasi pemuda yang muncul setelah berdirinya Budi Utomo adalah Perhimpunan Indonesia (IP), Algemene Studieclub dan Tri Koro Dharmo (Jong Java). space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada Kongres I di Solo, Trikoro Darmo diubah menjadi ....

Pembahasan Soal:

Tri Koro Dharmo merupakan organisasi himpunan para pemuda pertama di Indonesia yang berdiri pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta. Tri Koro Dharmo yang digagas oleh dr. Satiman Wirjosandjojo, Kadarman, dan Sunardi berisi para pelajar STOVIA. Organisasi ini bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Salah satu faktor berdirinya organisasi ini adalah keberadaan organisasi Budi Utomo yang dianggap konservatif, eksklusif, dan monoton (dalam mengusung perubahan luas bagi masyarakat Hindia-Belanda. Pada kongres pertama di Solo pada tanggal 12 Juni 1918, organisasi ini berubah nama menjadi Jong Java dengan melibatkan pemuda dari suku bangsa Sunda, Madura, dan Bali. Setelah itu, Tri Jong Java bergerak bersama organisasi kepemudaan lainnya seperti Jong Sumateranen Bond, Serikat Celebes, Jong Minahasa, dan lainnya dalam kiprah pergerakan pemuda Indonesia termasuk pelaksanaan kongres pemuda I dan II.

Dengan demikian, Pada Kongres I di Solo, Trikoro Darmo diubah menjadi Jong Java.

0

Roboguru

Dalam kongres pertamanya di Solo pada tanggal 12 Juni 1918, Trikoro Dharmo mengubah namanya menjadi ...

Pembahasan Soal:

Trikoro Dharmo merupakan organisasi pemuda yang didirikan oleh Satiman Wirjosandjojo Kadarman, dan Sunardi di Gedung STOVIA pada tanggal 7 Maret 1915. Tri Koro Dharmo yang diketui oleh R. Satiman Wiryosanjoyo merupakan organisasi pemuda pertama yang anggotanya terdiri atas para siswa sekolah menengah yang berasal dari Jawa dan Madura. Trikoro Dharmo memiliki tiga visi mulia, yaitu sakti yang berarti kekuasaan dan kecerdesan, budi yang berarti bijaksana, dan bakti yang berarti kasih sayang.

Pada 12 Juni 1918, Trikoro Dharmo merubah namanya menjadi Jong Java. atas prakarsa Dr. Satiman Wirjosandjojo yang kemudian menjadi ketuanya, wakil ketua Wongsonegoro, sekretaris Sutomo, anggotanya Muslich, Mosodo dan Abdul Rahman. Maksud dan tujuan perkumpulan Jong Java adalah membangunkan persatuan Jawa-Raya akan dicapai antara lain dengan jalan mengadakan suatu ikatan yang baik diantara murid-murid sekolah menengah bangsa Indonesia. Berusaha menambah anggota-anggota dan menimbulkan rasa cinta akan kebudayaan sendiri.

Dengan demikian, Trikoro Dharmo merubah namanya menjadi Jong Java pada 12 Juni 1918.

0

Roboguru

Jelaskan alasan didirikan Trikoro Dharmo !

Pembahasan Soal:

Trikoro Dharmo adalah organisasi himpunan para pemuda di Jawa pertama. Organisasi ini digagas oleh dr. Satiman Wirjosandjojo, Kadarman, dan Sunardi. Organisasi tersebut awalnya dibentuk sebagai tanggapan terhadap organisasi Budi Utomo yang dianggap konservatif, monoton, dan eksklusif. Kemudian muncul gagasan untuk menyatukan pemuda dari berbagai suku di Jawa. Oleh karena itu Tri Koro Dharmo berubah nama menjadi Jong Java.

Dengan demikian, alasan didirikan Trikoro Dharmo adalah memperjuangkan kemerdekaan melalui organisasi yang dapat menyatukan pemuda di Jawa dengan pola perjuangan yang lebih modern.

0

Roboguru

Perhatikan tujuan berikut !   Menimbulkan pertalian diantara murid-murid bumiputera dengan sekolah-sekolah menengah dan kejuruan Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya Membangkitkan dan memper...

Pembahasan Soal:

Trikoro Dharmo merupakan salah satu organisasi pergerakan nasional. Organisasi tersebut didirikan pada tanggal 7 Maret 1915 oleh Satiman Wirdjosanjojo di Gedung Stovia. Pendirian organisasi pemuda ini disebabkan karakteristik organisasi Budi Utomo yang bersifat elite. Oleh karena itu, didirikan organisasi yang lebih bisa melingkupi semua kalangan. Tujuan dari pendirian organisasi ini antara lain: menimbulkan pertalian diantara murid-murid bumiputera dengan sekolah-sekolah menengah dan kejuruan, menambah pengetahuan umum bagi anggotanya, dan membangkitkan dan mempertajam perasaan untuk segala bahasa dan kebudayaan Hindia.

Dengan demikian, secara garis besar tujuan dari Trokoro Dharmo adalah memajukan pemuda Hindia dengan pengetahuan dan kebudayaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

apa nama organisasi yang pertama di Indonesia yang bersifat kedaerahan?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta berdiri Tri Koro Dharmo, oleh R. Satiman Wiryosanjoyo, Kadarman, dan Sunardi. Tri Koro Dharmo yang diketui oleh R. Satiman Wiryosanjoyo merupakan organisasi pemuda pertama yang anggotanya terdiri atas para siswa sekolah menengah yang berasal dari Jawa dan Madura.

Dengan demikian organisasi pertama di Indonesia yang bersifat kedaerahan adalah Tri Koro Dharmo.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved