Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perumusan teks proklamasi dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 1945 malam hari di rumah ...

Perumusan teks proklamasi dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 1945 malam hari di rumah ...

  1. Ir. Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta

  2. Ir. Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 65 Jakarta

  3. Laksamana Maeda, Jalan Imam Bonjol No. 10 Jakarta

  4. Laksamana Maeda, Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta

  5. Nishimura, Jalan Pegangsaan Timur No. 10 Jakarta

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pernyataan di atas adalah D. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut. Pada tanggal 16 Agustus 1945, satu hari sebelum menjelang di proklamasikannya kemerdekaan Indonesia, romobongan Sukarno, M.Hatta, dll menuju ke Jakarta. Pada mulanya menuju Hotel Des Indes Jakarta, tetapi pegawai hotel menolak rombongan mengadakan rapat di hotel tersebut. Akhirnya rombongan Sukarno menuju ke rumah Laksamana Maeda tepatnya di Jalan Imam Bonjol No. 1 dengan didampingi para pemimpin pemuda dan para pemimpin pergerakan. Alasan dipilihnya kediaman Laksamana Maeda sebagai tempat perumusan proklamasi karena tempat tersebut aman dari gangguan tentara Jepang yang pada waktu itu berstatus quo di Indonesia, terlebih lagi Laksamana Maeda juga bersimpati kepada para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, terbukti bahwa Maeda memiliki kedekatan dengan Ahmad Subarjo. Pada akhirnya teks proklamasi dapat disusun dengan lancar di kediaman Laksamana Maeda.

Jawaban yang tepat dari pernyataan di atas adalah D.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada tanggal 16 Agustus 1945, satu hari sebelum menjelang di proklamasikannya kemerdekaan Indonesia, romobongan Sukarno, M.Hatta, dll menuju ke Jakarta. Pada mulanya menuju Hotel Des Indes Jakarta, tetapi pegawai hotel menolak rombongan mengadakan rapat di hotel tersebut. Akhirnya rombongan Sukarno menuju ke rumah Laksamana Maeda tepatnya di Jalan Imam Bonjol No. 1 dengan didampingi para pemimpin pemuda dan para pemimpin pergerakan. Alasan dipilihnya kediaman Laksamana Maeda sebagai tempat perumusan proklamasi karena tempat tersebut aman dari gangguan tentara Jepang yang pada waktu itu berstatus quo di Indonesia, terlebih lagi Laksamana Maeda juga bersimpati kepada para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, terbukti bahwa Maeda memiliki kedekatan dengan Ahmad Subarjo. Pada akhirnya teks proklamasi dapat disusun dengan lancar di kediaman Laksamana Maeda.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

111

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan, Ahmad Subarjo memberikan sumbangan pemikirannya pada kalimat yang berbunyi : "Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia" SEBA...

5

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia